News
Loading...

Aktivis Pesimistis Jokowi Bisa Tuntaskan Persoalan Papua

Pulau Papua (Ist)
Pulau Papua (Ist)

Abepura, Jubi – Aktivis Hak Asasi Manusia Papua mengaku  pesimistis, jika  presiden Joko Widodo mampu menyelesaikan konflik politik, ekonomi, budaya dan sejumlah masalah kesehatan dan pendidikan yang ada di Papua. Jokowi malah diyakini tidak beda dengan presiden sebelumnya dalam menangani masalah Papua, terutama menangani kasus pelanggaran HAM.

“Jokowi dianggap merakyat, namun saya tidak mengharapkan sesuatu karena dia tetap akan diatur oleh sistem Indonesia,”ungkap Peneas Lokbere, koordinator Bersatu Untuk Kebenaran (BUK) kepada Jubi di Abepura, Kota Jayapura, Papua, Rabu (29/10).

Lokbere mencontohkan penanganan penyelesaian kasus HAM tidak akan berubah karena Jokowi mengangkat Jenderal Ryamizard Ryacudu sebagai menteri Pertahanan. Ryacudu pernah mengatakan prajurit kopasus yang menculik Theys Eluay sebagai pahlawan bangsa.

Karena itu, Lokbere meyakini  Ryacudu akan menjalankan kewenangannya dalam menjaga keutuhan wilayah Indonesia. Ruang gerak orang Papua pasti dibungkam. Eskalasi pelanggaran HAM pun tidak akan pernah berubah. “Pelaku-pelaku pelangaran HAM ini akan terus melakukan pembungkaman ruang demokrasi”.

Pernyataan  yang sama datang dari aktivis kelompok garis keras, Komite Nasional Papua Barat. Ones Suhuniap, Sekretaris Umum KNPB mengatakan mengharapkan Jokowi menyelesaikan masalah Papua sesuai harapan orang Papua adalah mimpi.

“Orang mengharapkan Jokowi sesuatu yang tidak mungkin dan mustahil,”ungkapnya kepada Jubi di Waena, Kota Jayapura, Rabu (29/10). Ia mencontohkan persoalan yang ada di di Pulau Jawa. Orang banyak mencari pekerjaan dan tidur di bawah kolong jembatan.

Katanya, masalah yang ada di bawah kaki saja belum selesai, lalu mau menyelesaikan masalah yang jauh itu tidak mungkin.

Alasan lain, Jokowi akan bertindak sesuai dengan ideologi pendiri Republik Indonesia. Konsep apapun yang Jokowi gunakan tidak akan jauh dari konsep pembangunan Soekarno. Ones memprediksi ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Megawati Soekarno Putri akan terus membisik Jokowi untuk masalah Papua.

“Orang Papua harus tahu Jokowi diusulkan oleh PDI. P. Karena itu, Jokowi akan jalakan visi dan misi parati ini,”ujarnya serius. (Mawel Benny)

Sumber :  www.tabloidjubi.com
Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment