News
Loading...

MAHASISWA PAPUA ADALAH MOTOR PENGGERAK KEMERDEKAAN BANGSA DAN NEGARA

Oleh: *Frans Pigai(**
Foto Frans Pigai (FB)**
Mahasiswa menjadi sub bagian dari solusi permasalahan jika terjadi masalah di negara ini. Karena Mahasiswa diartikan sebagai Maha adalah kebesaran, siswa adalah orang yang menuntut ilmu dalam sebuah pendidikan. Maka Mahasiswa merupakan orang yang benar-benar menuntut ilmu dan tekun dalam proses pembelajarannya, karena dianggap sebagai diri pribadi seseorang adalah Mahasiswa.
Dunia pendidikan juga merupakan dunia pertarungan dalam kemampuan, di bidang-bidang dalam berbagai ilmu yang di pelajari oleh Mahasiswa.
 
Dunia membutuhkan orang-orang yang bisa menyelesaikan persoalan dan bisa mengatur keseimbngan persoalannya, karena bukan dilihat dari gelarnya. Tetapi, orang-orang yang bertanggungjawab dan mengorbankan tenaga untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada dan terjadi dalam suatu proses perjuangan, berupa karya, tugas dan persoalan atau masalah terutama masalah yang terjadi antara masyarakat dengan pemerintahan, namun dengan cara untuk menyelesaikan mahasiswa sebagai pertanggung jawaban dalam persoalan tersebut, bertujuan untuk meraih keberhasilan dengan cara menyelesaikan permasalah yang terjadi di kalangan masyarakat dengan pemerintahan, bahkan dalam karya dan tugasnya. 

Memetahkan persoalan menjadi kewajiban hidup bagi mahasiswa karena mahasiwalah yang mempunyai kewajiban untuk meluruskan jalur permasalahan yang terjadi dalah kehgidupan masyarakat dan pemerintahan.
Sebagai mestinya juga mahasiswa adalah salah satu bagian dari komponen-komponen masyarakat, untuk menjalankan kewajiban sebagai mahasiswa yang benar-benar bertanggungjawab dalam kariernya. 

Persoalan akan muncul jika manusia tidak menciptakan suasana yang aman. Maka untuk menciptakan kenyamanan manusia perlu sadari apa yang dilakukan itu benar atau baik karena kadang manusia selalu memunculkan persoalan-persoalan yang tidak diinginkan oleh orang lain, maka kita sebagai manusia yang berpendidikan, bagaimana cara untuk memetahkan ataupun menyelesaikan, bahkan mempelajari nilai kebaikan dan keburukan yang terjadi dalam kehidupan manusia.

Kita sebagai Mahasiswa, kita harus memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, karena waktu tidak akan kembali kedua kalinya, artinya bahwa waktu sangat berharga bagi kita sebagai manusia. Kadangkala manusia selalu menyia-nyiakan waktu dengan sebaik-baiknya, baik dalam karya dan tugasnya, bahkan dalam persoalannya, karena manusia tidak menggunakan waktu dengan sebaik mungkin bahjkan di sia-siakan waktu dalam karya dan tugasnya. 

Maka, kita sebagai mahasiswa terpelajar marilah kita mempergunakan bahkan meluangkan waktu dalam karya dan tugas kewajiban hidup mahasiswa. Waktu juga menentukan dalam tindakan yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk mencari nafkah atau kebutuhan hidup manusia. Waktu juga menetukan dalam proses perjuangan kemerdekaan bagi bangsa dan Negara. 

Tingkat kapasitas dalam berkarya dan dalam tugasnya menentukan sebagai mahasiswa yang berguna bagi bangsa dan Negara ini. Kapasitas hidup bagi kehidupan mahasiswa papua menunjukkan bahwa mahasiswa mempunyai nilai pertanggung jawaban dalam persoalan yang terjadi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Aktifis atau cara merebut peluang menunjukkan bahwa seseorang yang aktifis bisa menyelesaikan masalah yang akan terjadi di kalangan masyarakat maupun di kalangan pemerintahan. Setiap permasalahan Mahasiswa menjadi pokok bagian untuk merebut dalam artinya untuk menyelesaikan persoalan atau permasalahan yang terjadi di kalangan masyarakat dan pemerintahan. Entah itu, salah satunya permasalahan mengenai kemajuan bangsa dan Negara ini. 

Pesoalan mengenai kemerdekaan, Mahasiswa menjadi penggerak dan solusi permasalahan utama dalam memperebutkan hak untuk menentukan keberhasilan dalam suatu persoalan, terutama dalam permasalahan kemerdekaan bangsa dan Negara. 

Maka, kita sebagai mahasiswa papua marilah kita akan mempertahankan nilai-nilai kemajuan bagi bangsa dan Negara. Namun, dengan mewujudkan impiannya, kita sebagai manusia terpelajar mari kita memaknai arti penting proses perjuangan bagi diri pribadi seseorang dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa dan Negara. 
Penulis adalah Frans Pigai Mahasiswa Surabaya

Sumber : http://suarakritingfree.blogspot.com/2014/10/mahasiswa-papua-adalah-motor-penggerak.html
Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment