News
Loading...

Desak Bebaskan Jurnalis Perancis, Mahasiswa Papua Akan Gelar Aksi Damai di Bandung

Foto Bersam AMP Komite Kota Bandung (foto, AMP Bandung)
Bandung, MAJALAH SELANGKAH --  Mahasiswa Papua yang kuliah di Jawa akan menggelar aksi demonstrasi damai,  Senin, (13/10/14) di Depan Gedung Sate Bandung Jawa Barat untuk menuntut  pemerintah membebaskan dua jurnalis asal Perancis, Valentine Bourrat (29) dan Thomas Dandois (40) yang ditahan di Papua sejak 65 hari lalu di Wamena, Kabupaten Jayawijaya Papua.

Mereka (Valentine Bourrat dan Thomas Dandois) ditangkap  karena dinilai melakukan peliputan illegal dan diduga melakukan komunikasi dengan Tentara Pembebasan Nasional/Organisasi Papua Merdeka (TPN/OPM) di wilayah itu, Puron Wenda dan Enden Wanimbo.

Wenas K dalam keterangannya tertulisnya kepada majalahselangkah.com, Jumat (10/10/14) mengatakan, pada aksi damai itu, mahasiswa juga akan menuntut kepada pemerintah untuk membuka akses bagi jurnalis internasional untuk meliput Papua seperti daerah lainnya di Indonesia.

Mahasiswa akan mempertanyakan, mengapa wartawan asing bias ke Aceh, Maluku, Makassar, dan daerah lainnya di Indonesia tetapi tidak untuk Papua? Ada apa di Papua?

Mahasiswa menilai, Indonesia adalah negara demokrasi tetapi mengisolasi Papua dari pemberitaan media internasional dan melarang lembaga-lembaga internasional masuk ke Papua. Kondisi ini telah berlangsung 50 tahun lebih.

Wenas K mengatakan, dalam kondisi terisolasi itu  perintah Indonesia, melalui aparat negara TNI-POLRI melarang adanya kebebasan bereskpresi bagi rakyat Papua di muka umum, serta terjadi penangkapan disertai penganiayaan terhadap aktivis-aktivis pro kemerdekaan Papua Barat.

"Teror, intimidasi, penahanan, penembakan bahkan pembunuhan terhadap rakyat Papua terus terjadi hingga dewasa ini di era reformasinya Indonesia. Hak Asasi Rakyat Papua tidak ada nilainya bagi Indonesia," tulisnya.

Kata Wenas, penengkapan terhadap Thomas Dandois dan Valentine Bourrant ini membenarkan bahwa kehadiran Indonesia di Papua Barat bertujuan untuk menguasai dan menjajah, tidak untuk membangun Rakyat Papua.

Maka, pihaknya   mengajak mahasiswa Papua untuk datang pada aksi damai yang akan digelar pada Senin, (13/10/14) di Depan Gedung Sate Bandung Jawa Barat tersebut. Aksi akan dimulai pada Pukul 09.00 selesai WIB dengan titik kumpul Jalan Karapitan Depan Kampus UNLA dan Asrama Papua Cilaki. (GE/003/MS)

Sumber :  www.majalahselangkah.com
Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment