News
Loading...

WASPADA CARA KLASIK KERJA POLISI INDONESIA UNTUK MENANGKAP ACTIVIS PAPUA MERDEKA

Ilustrasi Pengkapan Aktifis PApua (SCK0
WASPADA CARA KLASIK KERJA POLISI INDONESIA UNTUK MENANGKAP ACTIVIS PAPUA MERDEKA

Cara Klasik yang dipakai oleh Intelejen Polisi Indonesia untuk menangkap Activis Papua Merdeka dapat dibuktikan dari data sample, yang diperoleh activis Papua merdeka 2012. Untuk membuktikannya, semua Activis Papua merdeka boleh mepelajari data Kepolisian dari Polres Jayawijaya, yang mana telah melakukan infiltrasi terhadap semua pejuang Papua Merdeka pada bulan November dan Desember 2012.

Aparat Keamanan Pemerintah Colonial Republik Indonesia tidak memiliki kemampuan yang baik, untuk melakukan spionase guna menangkap dan mmembunuh Activis Papua Merdeka, maka mereka menggunakan cara-cara klasik yang merupakan tidak professional. Artinya, mereka tidak mampu menangkap Activis Papua Merdeka sehingga dengan bantuan orang asli Papua, yang merupakan kaki tangan mereka lalu dapat melakukan penangkapan terhadap Activis Papua merdeka dari semua unsur.

Untuk membuktikannya silakan mempelajari data Intelejen Polisi Indonesia di Wamena Papua, yang mana telah Polisi lakukan di Wamena pada Bulan Desember 2012. Data ini merupakan sample yang harus dan dapat diperhatikan oleh semua orang asli Papua, dan kemudian waspada atas tindakan-tindakan keji Aparat Keamanan Indonesia terhadap Orang Asli Papua ini.

Tentara Ppembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB)- Organisasi Papua Merdeka (OPM) mengutuk Tindakan kepolisian yang tidak profesional ini, dan meminta agara Aparat Keamanan Indonesia segera berhenti dengan cara kuno ini.
Data asli Intejen Polisi Indonesia:  
KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA
COPY KE   :
DARI           :       COPIES
DAERAH PAPUA
RESOR JAYAWIJAYA
Jalan Safri Darwin No. 01 Wamena
 Nomor : R /Anev- 09 / XII / 2012/ Sat  IK
LAPORAN ANALISA DAN EVALUASI
MINGGU KE VIII (DELAPAN )
Tgl.  24  Desember  2012 s/d tgl. 30  Desember 2012
Tentang
KEGIATAN  PENGGALANGAN DALAM RANGKA OPS AMAN MATOA II 2012
WILKUM POLRES JAYAWIJAYA
 I.          DASAR  :
              Sprinlak Ops  Aman Matoa II 2012 Polres Jayawijaya Nomor : R / Sprinlakops / 06 / X / 2012 / Res – Jawi  tgl. 27 Oktober 2012.
 II.         PENDAHULUAN
Operasi Kepolisian kewilayahan di Polda Papua dengan sandi “Ops Aman Matoa II 2012” yaitu mengedepankan Fungsi Intelijen melalui Teknik Penggalangan Intelijen dengan sasaran kelompok / individu yang berseberangan paham dengan NKRI maupun yang melakukan tindakan – tindakan ekstrim di masyarakat.
 II.         MAKSUD DAN TUJUAN
            Pembuatan Anev  Mingguan  ( MINGGU KE  VIII BULAN DESEMBER  ) ini dibuat untuk memberikan gambaran kepada pimpinan sehubungan dengan kegiatan penggalangan yang dilakukan oleh  Unit Intelkam   dalam rangka   cipta sikon yang aman  dan kondusif jelang tanggal 1 dan 14 Desember 2012    di wilkum Polres Jayawijaya sehingga pimpinan dapat mengambil langkah  kebijakan lebih lanjut.
III. PELAKSANAAN..
 -2-
III         PELAKSANAAN
            1. Pembagian tugas
                 Kegiatan penggalangan  dalam rangka Operasi Aman Matoa III 2012  dilaksanakan  mulai dari tanggal 01 Nopember 2012 s/d tanggal 31 Desember 2012 dengan sasaran   18 orang simpatisan / pok militan KNPB dan DAP dengan melibatkan 2  (dua ) unit  satuan tugas   terdiri dari :
             a. Unit 1
                1). Kompol WAHID FABANYO (Ka tim / Polda)
                2). Bripka YOHAN WENDA        (anggota)
                3). Bripka RE. HUBEY                 (anggota)
                4). Bripka DAVID .I.OKOKA       (anggota)
                5). Brigpol FITRA .R.WIJAYA    (anggota)
                6). Briptu LESMANI                       (anggota / Polda)
            b. Unit 2
1).  AIPTU BAKAR JALAL               (Ka tim)
2).  BRIPKA SUNARDI                   (anggota)
3).  BRIGPOL LUSMAN LUHA         ( anggota)
4).  BRIPTU  DAVID MANALU        ( anggota/Polda)
5).  BRIPTU JOHANIS HALITOPO    (anggota / Polda)
6).  BRIPDA ASA MABEL                (anggota
 IV.       HASIL YANG DICAPAI
            A. Hasil  penggalangan  Tim 1 (satu) terhadap sasaran  sebagai berikut :
1. Pada hari Senin tanggal 24 Desember 2012 pukul 11.15 Wit Bertempat di Ruang Jenguk Tahanan Polres Jayawijaya telah dilakukan penggalangan/pertemuan terhadap sasaran Dani Tani Tabuni (Kepala Penerangan Tentara Revolusi Papua Barat dengan tujuan menindaklanjuti kegiatan penggalangan yang dilakukan oleh Tim II Polres Jayawijaya. Adapun hasil penggalangan :
a. Tim terlebih dahulu mengucapkan terimakasih terhadap sasaran karena sudah berkenan bertemu dengan Tim, dan mengajak sasaran untuk bergabung kembali kedalam NKRI serta dapat bersama – sama menjaga Sitkamtibmas di Wilkum Polres Jayawijaya agar tetap aman dan damai pada saat Natal dan Tahun Baru 2013.
b. sasaran..
-3-
b. Sasaran mengucapkan terima kasih karena Tim sudah berkenan menjenguk Ybs. dan menyambut baik maksud dan tujuan dari Tim.
c. Sasaran menjelaskan kalau dirinya ingin kembali bergabung kembali dengan NKRI karena dirinya juga bergabung ke dalam kelompok KNPB karena paksaaan dan ancaman dari Pok KNPB dan Ybs. Juga akan mengajak simpatisan KNPB yang saat ini berada satu penjara untuk ikut bergabung kedalam NKRI.
d. Sasaran juga menambahkan kalo ada beberapa rekannya yang selama ini berada di hutan sudah merasa bosan dan ingin  bergabung kembali ke NKRI dan sasaran ingin menjadi fasilitator untuk menemui rekan reakannya tersebut.
e. Sasaran juga siap membantu Tim untuk bersama – sama menjaga Sitkamtibmas di Kab. Jayawijaya pada saat Natal dan Tahun Baru 2013 agar tetap aman dan damai.
f. Tim mengucapka terimakasih karena sasaran sudah mau bergabung kembali kedalam NKRI dan siap membantu Tim dalam menjaga Sitkamtimas.
g. Dari hasil penggalangan/pertemuan diperoleh biodata sasaran :
1. Biodata sasaran Dani Tani Tabuni
  • Nama : Dani Tani Tabuni alias Pes Tabuni alias Pendius Tabuni
  • TTL : Pyramid, 07 Juli 1940
  • Pekerjaan : Petani
  • Agama : Kristen (Revival)
  • Alamat : Muaragame distrik wamena kota
  • Jabatan di TPN/OPM         :kepala penerangan tentara revolusi PB.
2. Biodata keluarga
  • Istri : Ori Wenda, umur 25 tahun, pek : tani, alamt muaragame
3. Memiliki 3 orang anak :
  • Priskilia Tabuni, perempuan, umur 13 tahun, pek : pelajar kelas 2 di SMP II Pyramid.
  • Nia Tabuni, perempuan, umur 10 tahun, pek : pelajar kelas 5 di SD YPPGI.
  •  Yosua Tabuni, lakis, umur 8 tahun.
 . Pada…
-4-
2. Pada Rabu  tanggal 26 Desember 2012 Pukul 10.15 Wit.bertempat di rutan Polres Jayawijaya bertempat di Ruang Jenguk Tahanan Polres Jayawijaya talah dilakukan penggalangan terhadap sasaran dan penyerahan bahan kontak berupa bingkisan untuk menindaklanjuti pertemuan – pertemuan sebelumnya.
Adapun hasil penggalangan sebagai berikut :
Tim terlebih dahulu menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan Tim yaitu untuk silahturahmi dan memberikan bahan kontak kepada sasaran.
Sasaran sangat berterima kasih kepada Tim karena sudah mau mengunjungi Ybs. dan atas bahan kontak yang diberikan.
sasaran menambahkan akan berusaha semaksimal mungkin akan mengajak rekan – rekannya yang masih ada di hutan untuk bergabung kemabali ke NKRI karena tindakan yang selama ini kita lakukan merupakan tindakan yang melanggar hukum dan melawan kebijakan pemerintahan RI serta tidak mungkin ada negara diatas negara.
Tim mengucapkan terimakasih karena sasaran sudah mau berusaha mengajak rekan – rekannya yang masih ada di hutan untuk bergabung kembali ke NKRI.
3. Pada hari Kamis tanggal 27 Desember 2012 Pukul 12.00 Wit, Tim I melaksanakan kegiatan Penggalangan terhadap sasaran Thom Itlay dengan hasil :
 Bertempat di Pasar Baru Jibama Wamena telah dilakukan penggalangan / pertemuan dengan sasaran.
 Tim menyampaikan terima kasih karena sasaran masih mau menerima tim untuk dilakukan silahturahmi untuk menjalin komunikasi yang lebih erat lagi guna bersama-sama menciptakan situasi Kamtibmas di wilayah Wamena agar aman dan damai jelang penyambutan Tahun Baru 2013.
-5-
  1. Sasaran menyampaikan bahwa menyambut baik kunjungan tim dan bersedia membantu tim bersama-sama masyarakat di daerah Pasar Baru Jibama dan aparat keamanan lainnya dalam menjaga situasi Kamtibmas di wilayah Wamena jelang penyambutan Tahun Baru 2013 agar lebih aman dan damai.
 4.    Pada hari Jumat tanggal 28 Desember 2012 Pukul 12.00 Wit, Tim I melaksanakan kegiatan Penggalangan terhadap sasaran Deky Itlay dengan hasil :
  1. Bertempat di Jalan Ahmad Yani Wamena (kediaman sasaran) telah dilakukan penggalangan / pertemuan dengan sasaran.
  2. Tim menyampaikan terima kasih karena sasaran masih mau menerima tim untuk dilakukan silahturahmi untuk menjalin komunikasi yang lebih erat lagi guna bersama-sama menciptakan situasi Kamtibmas di wilayah Wamena agar aman dan damai jelang penyambutan Tahun Baru 2013.
  3. Sasaran menyampaikan bahwa menyambut baik kunjungan tim dan bersedia membantu tim bersama-sama masyarakat di daerah Jalan Ahmad Yani dan sekitar daerah kota serta aparat keamanan lainnya dalam menjaga situasi Kamtibmas di wilayah Wamena jelang penyambutan Tahun Baru 2013 agar lebih aman dan damai.
 5.   Pada hari Sabtu tanggal 29 Desember 2012 Pukul 12.00 Wit, Tim I dan II melaksanakan kegiatan Penggalangan terhadap sasaran Sudirman Pagawak.dengan sasaran :
 Bertempat di Pasar Sinakma Wamena telah dilakukan penggalangan / pertemuan dengan sasaran.
  1. Tim menyampaikan terima kasih karena sasaran masih mau menerima tim untuk dilakukan silahturahmi untuk menjalin komunikasi yang lebih erat lagi guna bersama-sama menciptakan situasi Kamtibmas di wilayah Wamena agar aman dan damai jelang penyambutan Tahun Baru 2013.
  2. Sasaran menyampaikan bahwa menyambut baik kunjungan tim dan bersedia membantu tim bersama-sama masyarakat di daerah Pasar Sinakma dan aparat keamanan lainnya dalam menjaga situasi Kamtibmas di wilayah Wamena jelang penyambutan Tahun Baru 2013 agar lebih aman dan damai.
6.   Pada hari Minggu tanggal 30 Desember 2012 Pukul 12.00 Wit, Tim I dan II melaksanakan kegiatan Penggalangan terhadap sasaran Agus Kogoya dengan hasil .:
  1. Bertempat di Pasar Woma Wamena telah dilakukan penggalangan / pertemuan dengan sasaran.
  2. Tim menyampaikan terima kasih karena sasaran masih mau menerima tim untuk dilakukan silahturahmi untuk menjalin komunikasi yang lebih erat lagi guna bersama-sama menciptakan situasi Kamtibmas di wilayah Wamena agar aman dan damai jelang penyambutan Tahun Baru 2013.
  3. Sasaran menyampaikan bahwa menyambut baik kunjungan tim dan bersedia membantu tim bersama-sama masyarakat di daerah Pasar Woma dan aparat keamanan lainnya dalam menjaga situasi Kamtibmas di wilayah Wamena jelang penyambutan Tahun Baru 2013 agar lebih aman dan damai.
B. Hasil..
-6-
B.Hasil penggalangan Tim 2 terhadap sasaran sebagi berikut :
1.. Pada hari Senin tanggal 24 Desember 2012 pukul 11.15 Wit, Bertempat di ruang tahanan KP3 Udara Polres Wamena telah dilakukan penggalanagan/pertemuan tahap 2 (dua) terhadap sasaran  antara An. Edo Goba Koordinator keamanan KNPB Wilayah Kab. Jayawijaya (terkait penggalangan terhadap sasaran utama An. Rahel Togodly/Bendahara KNPB Pusat). Adapun hasil penggalangan :
a. Tim mengajak sasaran untuk bergabung kembali ke NKRI dan tidak lagi melakukan kegiatan – kegiatan yang melanggar kebijakan pemerintah RI dan untuk disampaikan kepada Rahel Togodly/Bendahara KNPB Pusat (sasaran utama) .
 b. Sasaran menangpai bahwa Ybs. Sanggup dan siap kembali ke NKRI dan tidak akan lagi melakukan kegiatan – kegiatan/aksi – aksi yang menentang kebijakan NKRI dan juga akan menyampaikan kepada Rahel Togodly/Bendahara KNPB Pusat untuk ikut kembali ke NKRI.
c. Tim menyampaikan ucapan terima kasih karena Ybs. Sudah mau kembali NKRI dan tidak akan melakukan kegiatan – kegiatan/aksi – aksi yang menentang kebijakan NKRI
2. Pada hari Rabu, tanggal 26 Desember 2012 Pukul 15.15 Wit. Bertempat di Kampung Pisugi Kab. Jayawijaya telah dilakukan penggalangan/pertemuan terhadap sasaran.


Adapun hasil penggalangan sebagai berikut :

Tim terlebih dahulu mengucapkan terimakasih terhadap sasaran karena sudah mau bertemu dengan Tim, selanjutnya menyampaikan maksud dan tujuan tim yaitu untuk menjalin hubungan komunikasi dengan sasaran dalam rangka menciptakan situasi Kamtimas di Kab. Jayawijaya agar tetap aman dan damai.




sasaran…
-7-
Sasaran menjelaskan sangat menyambut baik atas kunjungan Tim dan kami siap membantu Tim semaksimal mungkin dalam nenjaga Situasi Kamtimas di Wilayah Kab. Jayawijaya agar tetap aman dan damai karena itu juga merupakan tugas dan tanggungjawab kami sebagai masyarakat Wamena.
3    Pada hari kamis tanggal 27  Desember 2012 Pukul 11.00 Wit, Tim II penggalangan / pertemuan dengan sasaran Dani Tani Tabuni.
 Bertempat di Ruang Jenguk Tahanan Polres Jayawijaya talah dilakukan penggalangan terhadap sasaran dan penyerahan bahan kontak berupa bingkisan Natal dan bahan keperluan sasaran didalam tahanan.
  1. Tim terlebih dahulu menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan Tim yaitu untuk silahturahmi dan memberikan bahan kontak kepada sasaran dkk di dalam tahanan.
  2. Sasaran sangat berterima kasih kepada Tim karena sudah mau mengunjungi Ybs. dan atas bahan kontak yang diberikan serta akan berbagi kepada tahanan lainya.
  3. Tim menjelaskan pertemuan ini tidak putus sampai hari ini Tim berharap hubungan komunikasi ini agar terus berlanjut dan sasaran mau memberikan setiap informasi yang berkembang di Kab. Jayawijaya terutama pergerakan/aksi – aksi yang dilakukan oleh kelompok TPN/OPM.
  4. Sasaran menjelaskan akan siap menjalin hubungan komunikasi sampai kapanpun dengan Tim dan akan menyampaikan kepada Tim setiap ada perkembangan informasi terutama pergerakan/aksi – aksi yang dilakuakn oleh kelompok TPN/OPM yang mana kelompok dimana Ybs. pernah bergabung sebelum di tahan.
 4. Pada hari Jumat tanggal 28 Desember 2012 Pukul 11.00 Wit, Tim II melaksanakan kegiatan Penggalangan terhadap sasaran Dani Tani Tabuni. dengan hasil :
 Bertempat di Ruang Jenguk Tahanan Polres Jayawijaya telah dilakukan penggalangan / peretemuan Ka. Tim II terhadap sasaran.
  1. Ka Tim II menjelaskan kepada sasaran bahwa keiniginan dari sasaran untuk menjadi fasilitator rencana kegiatan pertemuan antara pihak keamanan dalam hal ini Polres Jayawijaya dengan mayarakat yang ada di Pyramid untuk bersama – sama menjaga keamanan di wilkum Polres Jayawijaya tetap kondusif.
  2. Sasaran menyampaiakan terimakasih kepada Tim  dan berharap agar Kapolres dapat merealisasikan keinginan dari sasaran tersebut guna terciptanya situasi Kamtibmas di Wilkum Polres Jayawijaya tetap aman dan kondusif serta sasaran juga meminta pihak kepolisian agar memperhatikan kesehatan Ybs.
  3. Ka Tim menjelaskan untuk kesehatan sasaran itu sudah menjadi tanggungjawab kami (Polres Jayawijaya).
e. sasaran…
-8-
  1. Sasaran menambahkan agar rekan – rekannya yang bergabung dalam kelompok Separatis seperti Goliat Tabu, Natalis Wenda, Titus Murib, baenabas Telenggen agar di amankan juga selanjutnya di beri arahan   untuk    tidak     melakukan   kegiatan yang melanggar hukum dan meminta  bergabung  kedalam NKRI setalah bergabung agar diperhatikan dengan cara memberikan lapang pekerjaan.
  2. Untuk penyerangan Polsek Pirime itu dilakukan oleh kelompok Rambo Tabuni dan kelompok tersebut sudah sering melakukan kekacauan yang meresahkan masyarakat setempat.
  3. Tim mengucapkan terimakasih kepada sasaran karena sudah mau berpartisipasi membantu pihak Polri dalam memberikan setiap perkembangan informasi di wilkum Polres Jayawijaya.
 5..        Pada hari Sabtu tanggal 29 Desember 2012 Pukul 11.00 Wit, Tim II melaksanakan kegiatan Penggalangan terhadap sasaran Arson Yikwa dgn hasil :
  1. Bertempat di lokasi III Wamena, Tim melakukan pertemuan / penggalanagan dengan sasaran.
  2. Tim melakukan kunjungan dalam rangka silahtuhrahmi sekaligus meminta kepada sasaran untuk terus dapat membantu Tim dan aparat keamanan dalam menjaga keamanan  menjelang pergantian tahun.
  3. Sasaran menyampaikan bahwa menyambut baik kunjungan tim dan bersedia membantu tim bersama-sama para simpatisannya di daerah Wamena dan aparat keamanan lainnya dalam menjaga situasi Kamtibmas di wilayah Wamena jelang penyambutan Tahun Baru 2013 agar lebih aman dan damai.
 6..        Pada hari Minggu tanggal 30 Desember 2012 Pukul 11..00 Wit, Tim II melaksanakan kegiatan Penggalangan terhadap sasaran dengan Chris Siep dengan hasil :
 Bertempat di Pasir putih Aikama telah di lakukan penggalangan /  pertemuan dengan sasaran.
  1. Tim menyampaikan terima kasih karena sasaran sudah mau menerima kedatangan Tim untuk melakukan silahtuhrahmi guna berkomunikasi lebih erat lagi guna bersama – sama menjaga dan menciptakan situasi yang aman dan tentram di wilayah Wamena.
  2. Sasaran menyambut baik kunjungan Tim dan sasaran bersedia membantu menjaga keamanan masyarakat di daerah Aikama.
  3. Sasran juga akan membantu aparat dalam menangkap para pelaku BOM karena ulah beberapa orang sehingga kami (KNPB) menjadi target pihak keamanan.
V. FAKTOR..
 -9-
 V.        FAKTOR
        A. FAKTOR PENGHAMBAT
  1. Sasaran  yang ditju  sering tidak berada di tempat dan kondisi geografis yang bergunung-gunung dan bermedan berat .
  1. Dalam berkomunikasi  sasaran   ragu- ragu  (masih curiga) dengan  agen.
  1. Sebagian agen belum pernah mengikuti   pelatihan  penggalangan  sehingga dalam pelaksanaan tugas   belum maksimal.
         B. FAKTOR PENDUKUNG
  1. Adanya dukungan dana  yang dapat membantu kelancaran pelaksanaan operasi.
  1. Sarana  dan prasarana menunjang  untuk   kegiatan  operasi penggalangan .
VI.        KESIMPULAN
  1. Berdasarkan fakta  tersebut diatas dapat  disimpulkan bahwa  :
a. Sasaran yang tergalang  pada umumnya merupakan  tokoh KNPB, DAP dan TPN-OPM
 b. Sasaran  mempunyai pengaruh yang besar di kalangan masyarakat sehingga kedepan perlu pembinaan yang lebih baik  agar dapat membantu tugas Polri di masa  yang akan datang.
  Sasaran yang   digalang  merupakan  orang – orang  yang  mempunyai pengaruh di masyarakat  khususnya simpatisan Papua “M” .
VII.      REKOMENDASI
1. Kegiatan penggalangan dalam rangka Operasi aman Matoa II  2012  sudah berjalan sesuai dengan petunjuk  karena telah didukung dengan anggaran  namun kedepan diharapkan  adanya kegiatan  rutin   dalam rangka    pelatihan penggalangan  / kejuruan  sehingga  agen    / anggota yang ditunjuk dalam   melakukan kegiatan penggalangan  memiliki kemampuan yang cukup  dibidang penggalangan.
 2. Wilayah…
-10-
2.  Wilayah Hukum  Polres Jayawijaya memiliki wilayah yang sangat luas   yaitu  terdiri dari 5 (lima) Kabupaten dengan karakteristik masyarakat yang berbeda – beda dan Geografis  yang sangat sulit ditempuh dengan alat transportasi darat serta ada beberapa daerah yang tidak memiliki sarana komunikasi  . sehingga sangat dibutuhkan sarana pendukung untuk melakukan kegiatan Intelijen karena saat ini  alsus Intelijen yang dimiliki satuan Intelkam Polres Jayawijaya  sangat minim sehingga diharapkan adanya perhatian  atau dukungan sarana dan prasarana Intelijen seperti kamera video, alat sadap dan peralatan  tekhnologi lainnya  untuk menunjang pelaksanaan tugas  penggalangan demi terwujudnya sitkamtibmas yang aman dan kondusif sesuai dengan harapan pimpinan POLRI.


Wamena,          Desember    2012
KEPALA SATUAN INTELKAM
VERY BAKARU
AKP NRP. 66020012
———————————————————————————————————————————-
 KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA
COPY KE   :
DARI           :       COPIES
DAERAH PAPUA
RESOR JAYAWIJAYA
Jalan Safri Darwin No. 01 Wamena
Nomor : R /Anev-  10  / XII / 2012/ Sat  IK
ANALISA DAN EVALUASI BULANAN
BULAN DESEMBER 2012
(TANGGAL 24 DESEMBER 2012 S/D TGL.31 DESEMBER 2012)
Tentang
COPY KE ………………DARI………………COPIES

Wamena, 31   Desember  2012
—————————————————————————————————————
KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA
COPY KE   :
DARI           :       COPIES
DAERAH PAPUA
RESOR JAYAWIJAYA
Jalan Safri Darwin No. 01 Wamena
 Nomor : R /Anev- 06  / XI / 2012/ Sat  IK
LAPORAN ANALISA DAN EVALUASI
MINGGU KE VI (ENAM )
Tgl.01 Desember  2012 s/d tgl. 07 Desember 2012
Tentang
KEGIATAN  PENGGALANGAN DALAM RANGKA OPS AMAN MATOA II 2012
WILKUM POLRES JAYAWIJAYA
I.          DASAR  :
            Sprinlak Ops  Aman Matoa II 2012 Polres Jayawijaya Nomor : R / Sprinlakops / 07 / X / 2012 / Res – Jawi  tgl. 27 Oktober 2012 TENTANG cipta kondisi jelang Pemilu Gubernur dan wagub provinsi Papua di wilkum  Polres Jayawijaya. .
 I.         PENDAHULUAN
Operasi Kepolisian kewilayahan di Polda Papua dengan sandi “Ops Aman Matoa II 2012” yaitu mengedepankan Fungsi Intelijen melalui Teknik Penggalangan Intelijen dengan sasaran kelompok / individu yang berseberangan paham dengan NKRI maupun yang melakukan tindakan – tindakan ekstrim di masyarakat.
II.         MAKSUD DAN TUJUAN
            Pembuatan Anev  Mingguan  ( MINGGU KE  VI  ) ini dibuat untuk memberikan gambaran kepada pimpinan sehubungan dengan kegiatan penggalangan yang dilakukan oleh  Unit Intelkam   dalam rangka   cipta sikon yang aman  dan kondusif jelang tanggal 1 dan 14 Desember 2012    di wilkum Polres Jayawijaya sehingga pimpinan dapat mengambil langkah  kebijakan lebih lanjut.
III. PELAKSANAAN..
 -2-
 III         PELAKSANAAN
            1. Pembagian tugas
                 Kegiatan penggalangan  dalam rangka Operasi Aman Matoa III 2012  dilaksanakan  mulai dari tanggal 01 Nopember 2012 s/d tanggal 31 Desember 2012 dengan sasaran   18 orang simpatisan / pok militan KNPB dan DAP dengan melibatkan 2  (dua ) unit  satuan tugas   terdiri dari :
             a. Unit 1
                1). Kompol WAHID FABANYO (Ka tim / Polda)
                2). Bripka YOHAN WENDA        (anggota)
                3). Bripka RE. HUBEY                 (anggota)
                4). Bripka DAVID .I.OKOKA       (anggota)
                5). Brigpol FITRA .R.WIJAYA   (anggota)
                6). Briptu LESMANI                       (anggota / Polda)
           dengan sasaran :      Thom Itlay, Deky Itlay, Adolf Hisage  dan Sudirman pagawak
            b. Unit 2
1).  AIPTU BAKAR JALAL               (Ka tim)
2).  BRIPKA SUNARDI                   (anggota)
3).  BRIGPOL LUSMAN LUHA         ( anggota)
4).  BRIPTU  DAVID MANALU        ( anggota/Polda)
5).  BRIPTU JOHANIS HALITOPO   (anggota / Polda)
6).  BRIPDA ASA MABEL                (anggota)
                                 Dengan sasaran  :
1)       OBED KOMBA  (EX TAPOL 2000)
2)       ARSON YIKWA ( KETUA WPIA )
3)       RAHEL TOGODLY (SIMPATISAN KNPB)
4)       YUSTINUS DABY ( SIMPATISAN KNPB)
5)       PANUS HISAGE (SIMPATISAN KNPB)
 V. HASIL…
 3-
 IV.       HASIL YANG DICAPAI
            A. Hasil  penggalangan  Tim 1 (satu) terhadap sasaran  sebagai berikut :
1. Pada hari Sabtu tanggal 01 Desember 2012 pukul 16.00 Wit, telah dilakukan penggalangan terhadap sasaran Bpk. Thom Itlay (Wakil Panglima TPN/OPM Kodap II Wamena) dengan keterangan :
 Bahwa kegiatan ibadah syukuran yang direncanakan oleh Dewan Adat Papua (DAP) Wamena dibatalkan dan peringatan 1 Desember tidak ada kegiatan – kegiatan.
  1. Pembatalan ibadah syukuran karena sasaran berdiskusi dengan DAP Wamena bahwa untuk tahun ini 2012 tidak ada kegiatan – kegiatan peringatan 01 Desember.
   2.  Pada hari Senin tanggal 03 Desember 2012 pukul 10.00 Wit, telah dilakukan Cassing terhadap sasaran an. Deky Itlay (Simpatisan KNPB Wamena), dengan keterangan :
 Deky Itlay, lakis, 27 tahun, merupakan salah satu simpatisan Papua Merdeka / KNPB, kegiatan sehari-hari adalah menjual kaset lagu-lagu daerah / PNG  di jalan Irian  Wamena,
  1. Sasaran bertempat tinggal di Jln. Ahmad Yani Wamena.
  2. Sasaran juga sering mengikuti kegiatan – kegiatan KNPB Wamena dan sebagi penggalan dana.
3. Pada hari Senin tanggal 03 Desember 2012 pukul 10.00 Wit, bertempat di RM. Bayang Indah Jl. Irian Wamena telah dilakukan penggalangan / pertemuan dengan sasaran an. Deky Itlay (Simpatisan KNPB Wamena), dengan keterangan :
  1. Tim mengucapkan terima kasih karena sasaran mau menyempatkan waktu untuk bertemu dengan tim yang bertujuan untuk bersama-sama menjaga sitkamtibmas di Wamena agar pelaksanaan natal dan tahun baru berjalan aman dan damai.
  1. Sasaran menjelaskan sangat menyambut baik maksud dan tujuan tim dan akan membantu tim semampunya menjaga sitkamtibmas jelang natal dan tahun baru.
4. Pada hari Selasa tanggal 04 Desember 2012 pukul 10.00 Wit, telah dilakukan Cassing terhadap sasaran an. Adolf Hisage (Panglima TPN/OPM Kodap II Wamena), dengan keterangan :
  1. Adolf  Hisage, lakis, 50 Tahun,  alamat di Pugima, pekerjaan PNS Dinas Kesehatan Kabupaten Jayawijaya.
  1. Sasaran merupakan  Panglima TPN / OPM Komando Daerah Pertahanan (KODAP) II Baliem Wamena.
5. Pada hari Rabu tanggal 05 Desember 2012 pukul 11.00 Wit, bertempat di Jln. Ahmad Yani Wamena (kediaman sasaran) telah dilakukan penggalangan / pertemuan dengan sasaran an. Deky Itlay (Simpatisan KNPB Wamena), dengan keterangan :
 a. Sasaran mengucapkan terima kasih dan menyambut baik karena tim sudah berkenan mengunjungi / mendatangi rumahnya.
 b.Sasaran juga sangat berterima kasih karena telah memberikan bantuan berupa sembako kepada sasaran dan keluarga.
6. Pada..
-4-
6. Pada hari Kamis tanggal 06 Desember 2012 pukul 12.00 Wit, telah dilakukan penggalangan terhadap sasaran Bpk. Thom Itlay (Wakil Panglima TPN/OPM Kodap II Wamena) dengan keterangan :
 Sasaran menjelaskan bahwa Kota Wamena tetap aman dan sasaran memberi jaminan, namun di luar Kota Wamena sasaran tidak tahu dan itu diluar tanggung jawab sasaran.
  1. Sasaran menambahkan bahwa bersedia akan mengantar tim penggalangan untuk bertemu dengan Bpk. Adolf Hisage (Panglima TPN/OPM Kodap II Wamena) tergantung dari kapan waktunya tim penggalangan siap untuk bertemu.
7. Pada hari Jumat tanggal 07 Desember 2012 pukul 12.00 Wit, telah dilakukan penggalangan terhadap sasaran Sudirman Pagawak (Simpatisan DAP Wamena) dengan keterangan :
 Tim mengucapkan terima kasih karena sasaran mau menyempatkan waktu untuk bertemu dengan tim yang bertujuan untuk bersama-sama menjaga sitkamtibmas di Wamena agar pelaksanaan natal dan tahun baru berjalan aman dan damai.
  1. Sasaran menyambut baik pertemuan ini dan menjelaskan bahwa saat ini masih aktif sebagai PNS di Dinas Perhubungan Wamena dan juga aktif di DAP karena ingin perjuangkan hak – hak dasar orang Papua di Wamena
B. Hasil penggalangan Tim 2 terhadap sasaran sebagai berikut :
1.  Pada hari Sabtu tgl.  1 Desember  2012 SEKITAR PUKUL 11.00 Wit bertempat di Lokasi III Wamena , Tim 2  datang kerumah sdr. ARSON YIKWA (Ketua) WPIA dan  menyatakan  maksud dan tujuan kedatangan  kepada ybs dan sdr. ARSON YIKWA menjelaskan bahwa :
     a). Situasi   tanggal 1 Desember  2012 dijamin aman dan tertib .
    b).Sasaran menyambut positif kunjungan Tim dan akan  akan membantu  tim   menjaga sitkamtibmas jelang Natal dan tahun baru.

   2. Pada hari Minggu tgl. 2 Desember 2012 sekitar pukul 13.00 Wit  Tim 2  datang berkunjung kerumah  sasaran dan  bertemu langsung dengan OBED KOMBA   , kemudian Tim 2 menyampaikan maksud  kedatangannya  serta mengucapkan terima kasih kepada sasaran karena telah mau bekerjasama  untuk memelihara Kamtibmas  di wilkum Polres Jayawijaya.

         Sasaran menyambut positif kunjungan Tim 2  dan   berjanji akan tetap membantu  aparat  sehubungan dengan situasi kedepan  jelang Natal dan Tahun baru 2012 .

  3. Pada hari Minggu tgl. 3 Desember 2012 sekitar pukul 14.00 Wit bertempat Rumah makan  lesehan , Tim 2  melakukan pertemuan dengan Panus Hisage yang merupakan  keponakan dari Adolf Hisage (panglima TPN-PB) dan Tim 2 menyampaikan maksud dan tujuan  bertmu dengan sasaran .

Sasaran menyambut positif dan  mengatakan bahwa  ybs akan bekerjsama dengan  parat dlm rangka menjaga sitkamtibmas .

 4. Pada hari Selasa tanggal 04 Desember 2012 sekitar pukul 11.00  Wit bertempat Rumah makan  Bayang Indah  , Tim 2  telah  melakukan pertemuan dengan AMOS OAGAY (simpatisan KNPB) kemudian Tim 2 menghimbau kepada sasaran agar dapat  membantu Tim  menjaga sitkamtibmas  di wilkum Polres Jayawijaya.

      Sasaran menyambut positif dan  mengatakan bahwa  ybs  bersedia membantu  Tim dan akan  memberikan himbauan kepada masyarakat agar tidak membjuat kegikatan padatanggal 14 Desember 2012.
5. Pada…
-5-

5. Pada hari Rabu  tanggal 5 Desember 2012 sekitar pukul 14.30 Wit bertempat di Jalan gatot Subroto Wamena   tepatnya dirumah sasaran    , Tim 2  telah  melakukan pertemuan dengan YUSTINUS DABY  (simpatisan KNPB) kemudian Tim 2 menghimbau kepada sasaran agar dapat  membantu Tim  dalam mengungkap kasus Bom dimana Simeon Daby (Ketua KNPB jayawijaya)  DPO Polres Jayawijaya  belum ditemukan.

 Sasaran berjanji akan   menyerahkan  anaknya  Simeon Daby kepada Tim2 dan berharap  agar tidak terjadi pemukulan atau tindakan yang berlebihan terhadap anaknya  dan Tim berjanji akan  membantu  semampunya  untuk memenuhi permintaan  sasaran.

     6.   Pada  hari   Kamis tanggal 6  Desember 2012 sekitar pukul 12.30 Wit  bertempat di Jalan Pattimura Kama Wamena    tepatnya dirumah RAHEL TOGODLY  (Simpatisan KNPB)    , Tim 2  telah  melakukan pertemuan dengan sasaran dan menghimbau kepada sasaran sebagai tokoh perempuan  dapat memberitahukan kepada masyarakat agar jelang tanggal 14 Desember 2012 tidak terpovokasi dengan kegiatan- kegiatan   yang menyesatkan.

             Sasaran berjanji akan   menghimbau kepada masyarakat   sesuai dengan harapan Tim 2, kemudian Tim memberikan bantuan dana  kepada sasaran    sebesar Rp. 2.000.000 .

7.  Pada hari Jumat tanggal 07   Desember 2012 sekitar pukul 13.00  Wit  bertempat di RM. Bayang Indah , Tim 2 telah melakukan pertemuan dengan   AMANDUS DABY (Simpatisan KNPB)_ kemudian  unit menghimbau kepada sasaran agar dapat   memberikan pemahaman kepada masyarakat yang berada di Wamena   unutk tidak ikut – ikutan dalam kegiatan  Unjuk rasa  atau Makar yang dpat merugikan  diri sendiri. Setelah diberi penjelasan sasaran  mengucapkan terima kasih kepada Unit atas  undangannya dan sasaran   akan berusaha  semampunya utk memberitahukan kepada masyarakat  sesuai dengan yang diharapkan sehingag situasi  tetap aman dan kondusif.
V.        FAKTOR
        A. FAKTOR PENGHAMBAT
  1. Sasaran  sering tidak berada ditempat  karena `.
  1. Dalam berkomunikasi  sasaran   ragu- ragu  (masih curiga) dengan  agen.
  1. Sebagian agen belum pernah mengikuti   pelatihan  penggalangan  sehingga dalam pelaksanaan tugas   belum maksimal.
         B. FAKTOR PENDUKUNG
  1. Adanya dukungan dana  yang dapat membantu kelancaran pelaksanaan operasi.
  1. Sarana  dan prasarana menunjang  untuk   kegiatan  operasi penggalangan .
 VI.       KESIMPULAN
Berdasarkan Fakta- fakta tersebut diatas :
1. Sasaran  yang dituju pada umumnya menyambut positif kunjungan Tim 1 dan 2  dan   sasaran akan membantu tugas Polri dalam rangka cipta sikon menjadi kondusif jelang tanggal 1 dan 14 Desember 2012 .

 2. Sasaran merupakan tokoh – tokoh yang berpengaruh  sehingga   dlingkungan masyarakat  sehingga perlu dibina  secara terus menerus untuk mendapat hasil sesuai dengan harapan pimpinan Polri. .
 VII. REKOMENDASI..
-6-
VII.      REKOMENDASI
1. Kegiatan penggalangan dalam rangka Operasi aman Matoa II  2012  sudah berjalan sesuai dengan petunjuk  karena telah didukung dengan anggaran  namun kedepan diharapkan  adanya kegiatan  rutin   dalam rangka    pelatihan penggalangan  / kejuruan  sehingga  agen    / anggota yang ditunjuk dalam   melakukan kegiatan penggalangan  memiliki kemampuan yang cukup  dibidang penggalangan.

2.  Wilayah Hukum  Polres Jayawijaya memiliki wilayah yang sangat luas   yaitu  terdiri dari 5 (lima) Kabupaten dengan karakteristik masyarakat yang berbeda – beda dan Geografis  yang sangat sulit ditempuh dengan alat transportasi darat serta ada beberapa daerah yang tidak memiliki sarana komunikasi  . sehingga sangat dibutuhkan sarana pendukung untuk melakukan kegiatan Intelijen karena saat ini  alsus Intelijen yang dimiliki satuan Intelkam Polres Jayawijaya  sangat minim sehingga diharapkan adanya perhatian  atau dukungan sarana dan prasarana Intelijen seperti kamera video, alat sadap dan peralatan  tekhnologi lainnya  untuk menunjang pelaksanaan tugas  penggalangan demi terwujudnya sitkamtibmas yang aman dan kondusif sesuai dengan harapan pimpinan POLRI.


Wamena, 7 Desember    2012
KEPALA SATUAN INTELKAM
VERY BAKARU
AKP NRP. 66020012









KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA
COPY KE   :
DARI           :       COPIES
DAERAH PAPUA
RESOR JAYAWIJAYA
Jalan Safri Darwin No. 01 Wamena
PERWABKU PENGGALANGAN OPS AMAN MATOA II-2012
TIM 1
             

WAMENA,    DESEMBER 2012
KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA
COPY KE   :
DARI           :       COPIES
DAERAH PAPUA
RESOR JAYAWIJAYA
Jalan Safri Darwin No. 01 Wamena
   Nomor : R /Lapgas-           / XII / 2012/ Sat  IK
      LAPORAN  HASIL PENUGASAN
    Tentang
 PENGGALANGAN TERHADAP  SUDIRMAN  PAGAWAK       (SIMPATISAN  KNPB )
COPY KE ………………DARI………………COPIES
 Wamena,         Desember   2012



Sumber : http://www.komnas-tpnpb.net/waspada-cara-klasik-kerja-polisi-indonesia-untuk-menangkap-activis-papua-merdeka.html

Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment