News
Loading...

Rakyat Kaimana Demo Sikapi Pemanggilan Ketua PRD

Long Marsh ke Polresta
Kaimana, KNPBnews – Rakyat West Papua dibawah dibawa Koordinator KNPB Wilayah Kaimana membanjiri Polres Kaimana untuk menyikapi pemanggilan Polresta terhadap Ketua PRD Kaimana, Muhamad Kurita terkait banyaknya rakyat West Papua yang tidak ikut Pemilu Legislatif.

Seperti diketahui, para calon anggota DPRD yang berjumlah 200 ratusan lebih berupaya mendapatkan suara rakyat untuk menduduki kursi legislative kolonial di Kaimana. Setelah usai Pesta Demokrasi 9 April Lalu, banyak Calon Anggota Dewan yang menjadi resah karena hasil pemilihan Legislatif Kaimana tidak memuaskan.
 
Hasil Pemilu Legislatif 09 April yang tidak memuaskan ini membuat beberapa calon anggota DPR Kaimana memberikan laporan kepada Polres Kaimana bahwa hasil Pemilu legislative Kaimana yang tidak memuaskan ini karena perbuatan Parlemen. Sehingga pada tanggal 12 April lalu Polrest Kaimana mengeluarkan Surat Panggilan Kepada Ketua Pareleman Rakyat Daerah (PRD) Kaimana untuk mendapat pemeriksaan.
 
Menanggapi surat Polresta Kaimana 12 April itu, pada Senin (14/4) pagi, puluhan rakyat Papua Barat di wilayah Kaimana dibawah pimpinan KNPB melakukan pengawalan Ketua Parlemen menuju Polres Kaimana dengan berjalan kaki sambil meneriakan yel-yel Papua Merdeka.
 
Setibanya masa di depan Polres Kaimana, satuan Kepolisian Resort Kaimana menjadi kaget dengan penampilan masa seperti ingin melakukan demonstrasi, karena masa berjalan dengan menggunakan bendera KNPB dan sebuah spanduk bertulisan “REFERENDUM SOLUSI BAGI BANGSA PAPUA BARAT” dan sejumlah pamplet dengan gambar-gambar korban Pelanggaran HAM juga dengan menyuarakan yel-yel Papua Merdeka.
 
Melihat hal itu, seorang anggota Kepolisian menanyakan maksud kedatangan masa dengan membawa atribut KNPB, “apa maksud tujuan kedatangan masa sebanyak ini dengan membawa bendera KNPB dan tulisan Referendum?” kata seorang anggota Kepolisian kepada masa. Dengan serentak masa menjawab dengan suara lantang “kami datang menjawab surat panggilan Polisi untuk ketua Parlemen Pimpinan Perjuangan Papua merdeka di Kaimana “. “yang panggil itu Bapak Muhammad Kurita, bukan masa sebanyak ini” lanjut aparat Kepolisian dalam menanggapi masa.
 
Lebih lanjut dalam kominikasi dengan aparat Kepolisian, masa manyatakan bahwa ketua Parlemen Rakyat Daerah (PRD) Kaimana adalah pimpinan perjuangan Bangsa Papua Barat di Kaimana yang sedang mengerjakan nasib Rakyat bangsa Papua menuju penentuan nasib sendiri.
 
Sehingga panggilan Kepolisian kepada ketua PRD merupakan panggilan kepada kami bangsa Papua di wilayah Kaimana. Mendengar pernyataan masa yang begitu keras sehingga kepolisan Resort Kaimana membiarkan masa menunggu dilakukan interogasi terkait laporan yang diterima Polisi. Seusai interogasi Ketua Parlemen selama bebrapa jam, masa dengan yel-yel Papua Merdeka kembali dengan aman ke kantor Parlemen Rakyat Daerah Kaimana.
 
Sumber :  www.knpbnews.com
Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment