News
Loading...

Solidaritas Peduli Papua di Bandung Doa Bersama Dukung ULMWP

Solidaritas Peduli Papua di Bandung dukung ULMWP di forum MSG. Foto: Mettu/MS

Bandung, MAJALAHSELANGKAH --
Sejumlah aktivis dan Komunitas di Kota Bandung yang tergabung dalam Solidaritas Peduli Papua, Kamis (18/6/2015) melakukan doa bersama mendukung perjuangan The United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) yang merepresentasi rakyat Papua bergabung dalam forum Melanesian Spearhead Group (MSG).

Doa bersama yang diadakan di Jln. Cilaki Bandung, Jawa Barat, mengangkat thema Papua back to family dihadiri Asri dari kantor Hukum Advokat dan Associates kota Bandung, Bara dari Pembebasan (Pusat Perjuangan Untuk Pembebasan Nasional), Resa dan Ehenk dari Perpustakaan Jalanan (Perja), Luwo dari Fakultas Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) kota Bandung, dan beberapa aktivis mewakili kelompok-kelompok bersama mahasiswa dan rakyat Papua (baca: Di Bandung, Solidaritas Peduli Papua Telah Terbentuk).

Koordinator Solidaritas Peduli Papua, Markus Medlama mengatakan, selain doa bersama, diadakan pula pembacaan puisi, mengisi lagu-lagu Papua, dan penandatangan petisi mendukung ULMWP  di Honiara, Solomon Island,18-21 Juni 2015.

"Bangsa Papua sedang berjuang untuk bebas dari penindasan, maka kami tetap mendukung ULMWP," ujarnya.

Ia yakin, negara-negara Melanesia dapat mempertimbangkan perjuangan panjang Bangsa Papua di forum MSG. "Harapan kami, pemipin-pemimpin MSG  menghargai kami sebagai serumpun," kata Markus Medlama di acara yang berlangsung selama empat jam itu.

Penanggungjawab posko Papua Zona Darurat, Nas Karoba, mengatakan, tekad rakyat Papua sudah jelas sesuai pengalaman selama puluhan tahun bersama negara Indonesia.

"Sejak Papua dianeksasi ke dalam Indonesia, kekayaan alam dikuras, rakyat diperlakukan biadab oleh militer bahkan selalu terjadi penganiayaan dan penembakan, pembungkaman ruang demokrasi, orang Papua terus korban kepentingan ekonomi dan politik atas nama  negara Indonesia dan Amerika. Kini, saatnya bebas dari semua ini," kata Karoba. (Mateus Badii/MS)

http://majalahselangkah.com/content/solidaritas-peduli-papua-di-bandung-doa-bersama-dukung-ulmwp
Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment