News
Loading...

157.427 Orang Dukung Petisi Bangsa Papua Menuju MSG

Jubir KNPB Pusat, Bazoka Logo (kanan) didampingin rekannya ketika memberikan keterangan pers, (16/6) - Jubi/Abeth You
Jayapura, Jubi – Menjelang pertemuan Malanesia Spearhead Group (MSG) di Solomon Island, dukungan dan antuasias dari rakyat Papua Barat kepada ULMWP sebagai wadah persatuan bangsa Papua sangatlah jelas. Kesadaran rakyat terhadap wadah ULMWP sangat kuat dan positif. Banyak peristiwa yang terjadi untuk mendukung kampanye terbuka ULMWP. Peristiwa-peristiwa tersebut  menunjukan dukungan rakyat Papua terhadap proses perjuangan Papua Merdeka.

Juru Bicara Komite Nasional Papua Barat (Jubir KNPB) Pusat, Bazoka Logo mengatakan, kesadaran rakyat Papua Barat untuk mendukung ULMWP telah nyata melalui dukungan spontan selama sosialisasi ULMWP berlangsung, kurang lebih sejak awal bulan April sampai dengan awal Juni 2015.
Header advertisement
“Antusias masyarakat pribumi tercatat jelas dan nyata. Dalam kurun waktu dua bulan, sikap dukungan rakyat Papua kepada ULMWP melalui petisi, demo damai, doa dan puasa serta dukungan moril benar-benar ada nyata dengan iklas,” kata Bazoka Logo kepada wartawan di Waena, Jayapura, Selasa, (16/6).

Dijelaskan Bazoka, petisi dukungan ULMWP telah melebihi suara pada saat Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) tahun 1969. Di mana Indoensia sering mengatakan segelintir orang Papua yang minta Merdeka, KNPB menyatakan suara segelintir itu tidak benar dan yang benar adalah bangsa Papua ingin lepas dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan ingin menentukan nasib sendiri melalui mekanisme internasional.

“Petisi dukungan yang diberikan oleh rakyat Papua itu berasal dari berbagai kalangan, yakni dari akademisi, tokoh Agama, tokoh Adat, tokoh Pemuda, tokoh Perempuan, organisasi kemahasiswaan, organisasi perlawanan, kepala-kepala kampung, PNS, buruh bangunan, karyawan perusahaan, tenaga kerja bongkar muatan (TKBM), pedagang kaki lima serta seluruh rakyat West Papua kepada ULMWP semua berjumlah 157.427 (seratus lima puluh tujuh ribu empat ratus dua puluh tujuh) suara,” jelas Logo.

Menurutnya, dukungan kepada ULMWP tersebut berasal dari orang asli Papua dan simpatisan yang ada di tanah Papua, dari Sorong sampai Merauke.
“Jadi, petisi dukungan terhadap perjuangan Papua Merdeka telah nyata dan menjadi mayoritas, melebihi suara Penetuan Pendapat Rakyat Papua (Pepera) tahun 1969 hanya 1025  suara waktu itu,” terangnya.

Sekretaris Umum KNPB Pusat, Ones Suhuniap mengatakan, pihaknya menyerukan kepada seluruh rakyat Papua agar tetap optimis mendukung ULMWP menuju pertemuan MSG.

“Rakyat Papua akan dimediasi oleh kami, oleh KNPB untuk mendukung proses pertemuan MSG di Kepulauan Solomnon. Kegiatan dukungan akan kita laksanakan pada tanggal 21,22 dan 23 Juni 2015. Bentuk kegiatan adalah dukungan kepada ULMWP dalam doa dan puasa, baik di kantor Parlemen Rakyat Daerah (PRD) dan sekretariat KNPB serta lapangan terbuka di seluruh tanah air West Papua,” jelas Ones Suhuniap. (Abeth You)

http://tabloidjubi.com/2015/06/17/157-427-orang-dukung-petisi-bangsa-papua-menuju-msg/
Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment