News
Loading...
Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) saat melakukan aksi di Jogja, 24/6/2015. Jubi/Arnold Belau

Yogyakarta, Jubi – Mahasiswa Papua yang tergabung Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) di Yogyakarta, Semarang-Salatiga, dan Solo demo damai dengan melakukan long march dari asrama Papua Kamasan I menuju ke Titik Nol, Jalan Kusumanegara, Malioboro, Yogyakarta.
 
Jefri Wenda, Ketua AMP Pusat, mengatakan AMP dan seluruh mahasiswa Papua di Jawa dan Bali mendukung penuh sikap negara-negara Melanesia untuk menerima Papua Barat sebagai anggota Melanesian Sperhead Group (MSG) dalam KTT MSG yang sedang berlangsung di Honiara, Kepulauan Salomon.

“Kami mendukung Papua Barat sebagai anggota penuh dalam forum MSG,” kata Wenda, kepada Jubi, di asrama Papua Kamasan I, Yogyakarta, usai melakukan aksi, Rabu (24/6/2015).

AMP juga mendukung United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) atau wadah pergerakan persatuan pembebasan Papua Barat yang telah mengajukan aplikasi untuk menjadi anggota MSG.

Lanjut Wenda, kebenaran West Papua sebagai anggota resmi di MSG adalah satu daratan, satu marga satwa, satu ekosistem, satu sejarah rumpun, satu samudera, satu budaya, dan satu Melanesia. West Papua adalah satu bangsa bagian Barat Melanesia.

Sementara itu, Deserius Goo, koordinator aksi yang digelar hari ini, kepada Jubi menegaskan agar Indonesia menghentikan politik uang yang sedang dimainkan untuk mengintervensi negara-negara anggota MSG agar Papua Barat tidak diterima sebagai anggota MSG.

“Bagaimana pun, Papua adalah bagian dari rumpun Melanesia. Solidaritas rakyat Melanesia di negara-negara anggota MSG sudah meningkat. Itu menunjukkan Papua merupakan satu bagian dari rumpun Melanesia yang tidak bisa dipisahkan. Indonesia harus hentikan cara-cara politik busuk untuk merayu para pemimpin negara-negara anggota MSG,” kata Goo.
AMP juga mendesak Indonesia untuk membuka ruang demokrasi dan memberikan hak penentuan nasib sendiri sebagai solusi demokratis bagi rakyat Papua Barat.
Aksi yang dilakukan AMP dilakukan serentak di Bandung, Jakarta, Bogor, Yogyakarta, dan Malang.
Dari pantauan Jubi, sejak pagi aparat kepolisian setempat menyiagakan kekuatan di sekitar asrama Papua Kamasan I. Aksi AMP terlihat berjalan dalam pengawasan ketat aparat. (Arnold Belau)


Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment