News
Loading...

Memilih Hati-Hati, Samoa Dukung Isu Papua Barat Diangkat di PIF

Perdana Menteri Tuilaepa Sailele Malielegaoi - samoaobserver.ws
Jayapura, Jubi – Samoa dilaporkan oleh media negara tersebut, menyetujui permintaan Papua Barat untuk menyertakan delegasi ke Konferensi Forum Pemimpin Pasifik pada bulan September mendatang untuk mengangkat isu kemerdekaan Papua Barat.

Perdana Menteri Tuilaepa Sailele Malielegaoi yang dikonfirmasi di radio nasional Samoa, Kamis (18/6/2015) membenarkan adanya pertemuan dengan perwakilan dari gerakan pro-kemerdekaan Papua di Apia minggu ini.
“Ini adalah pertama kalinya perwakilan dari gerakan ini (United Liberation Movement of West Papua/ULMWP) datang ke sini. Mereka telah bertemu dengan para pemimpin lain dari wilayah juga,” kata Tuilaepa kepada radio nasional Samoa.

Pertemuan ke-46 para pemimpin negara Pasifik dijadwalkan berlangsung 07-11 September di Papua Nugini.

Tuilaepa sangat berhati-hati terhadap isu Papua Barat yang sangat sensitif dan memilih membiarkan Papua Nugini dan Indonesia untuk mencari solusinya.
Header advertisement
“Papua Barat adalah ras yang sama dengan Papua Nugini. Tetapi saat ini mereka adalah wilayah resmi Indonesia, yang membuatnya menjadi sulit,’ Tuilaepa menjelaskan.

“Tapi ada aturan yang bisa dilakukan untuk mereka yang menginginkan kemerdekaan. Dan Papua Nugini harus memimpin dalam menyelesaikan masalah ini bersama Indonesia. (Victor Mambor)

http://tabloidjubi.com/2015/06/19/memilih-hati-hati-samoa-dukung-isu-papua-barat-diangkat-di-pif/
Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment