News
Loading...

Solidaritas Papua di Sulut Sayangkan Tindakan PR III Uncen Bongkar Posko "Papua for MSG"

Mahasiswa Papua di depan posko dukungan. Foto: Theresia/MS

Yogyakarta, MAJALAH SELANGKAH -- Solidaritas Mahasiswa Papua di Sulawesi Utara menyayangkan tindakan Fredrik Sokoy, Pembantu Rektor III Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, membongkar posko "Papua for MSG" di halaman Uncen, Abepura.

Salah satu mahasiswa Papua, P. Lokon menilai permintaan pihak kampus kepada Kepolisian Polres Abepura untuk melakukan pembongkaran Posko West Papua for Melanesian Spearhead Group (MSG) adalah tindakan yang tidak profesional.

"Kami menilai Pembantu Rektor (PR) III, Fredrik Sokoy tidak profesional dalam menangani kegiatan mahasiswa di kampus Uncen, Semestinya sebagai PR III mendukung tindakan positif yang dilakukan oleh mahasiswa mendirikan Posko Dukungan Papua For MSG di kampus Uncen," kata Lokon dalam keterangan tertulis yang diterima majalahselangkah.com, Senin (8/6/2015) pagi.

Kata dia, semestinya pihak kampus mendukung penuh tindakan positif yang dilakukan oleh mahasiswa. "Posko ini didirikan oleh gabungan Mahasiswa Uncen, GempaR, FIM dan Presiden Mahasiswa Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ), sehingga pihak kampus mesti mendukung kegiatan positif seperti ini," kritiknya.

Senada disampaikan Hiskia Meage, ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Konsulat Indonesia Tengah. Ia menilai pembongkaran posko sebagai dukungan kepada The United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) adalah tindakan tidak profesional yang dilakukan pihak kampus terhadap kegiatan positif dari mahasiswa.

"Aparat Kepolisian Resort Kota Jayapura yang dipimpin langsung oleh Marthen Asmuruf yang datang ke lokasi dan secara paksa melakukan pembongkaran posko Papua for MSG itu harus melalui jalur, bukan bongkar semena-mena, tetapi harus ada koordinasi kepada pihak panitia yang mendirikan posko itu," kata Hiskia.

Ia menilai hingga kini Kepolisian Daerah di Papua masih mengisolasi kebebasan demokrasi di Papua, sehingga penting untuk menjalankan pendataan dan penandatanganan petisi. (MC2/029/MS)



http://majalahselangkah.com/content/-solidaritas-papua-di-sulut-sayangkan-tindakan-pr-iii-uncen-bongkar-posko-papua-for-msg
Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment