News
Loading...

Andy Ayamiseba : WPNCL Tidak Mewakili NFRPB

Andy Ayamiseba (Foto: facebook.com)
Jayapura, 9/8 (Jubi) – Andy Ayamiseba, tokoh West Papua National Coalition for Liberation (WPNCL) yang berkedudukan di Porty Villa, Vanuatu menyatakan organisasi ini tidak mewakili Negara Federal Republik Papua Barat (NFRPB)

“WPNCL adalah suatu organisasi payung yang mewakili dua puluh delapan organisasi patriotik untuk pembebasan Papua Barat yang berkedudukan dalam negeri dengan sekretariat internationalnya di Port Vila, Vanuatu,” kata Andy melalui jejaring sosial facebook pribadinya, Jumat (8/8).

Menurut Andy, WPNCL tidak mewakili NFRPB secara institusi melainkan mewakili keanggotaanya. Agenda politik WPNCL adalah untuk melakukan lobi untuk mendapatkan dukungan regional dan international, menuju ke referendum murni sesuai dengan undang-undang international.

“WPNCL sendiri telah berhasil meyakinkan suatu pemerintahan resmi yang berdaulat penuh dan adalah negara yang merupakan anggota PBB, yaitu Vanuatu dengan suatu ‘road map’ yang didukung penuh oleh negara tersebut,” kata Andy lagi.

Di lain pihak lanjut Andy, NFRPB adalah suatu pemerintahan yang belum berdaulat, maka yang seharusnya menjadi agenda politiknya adalah untuk mencari ‘pengakuan’ dari negara-negara merdeka yang menjadi anggota PBB.

Setelah mendapat pengakuan, menurutnya maka NFRPB akan diterima oleh masyarakat dunia sebagai suatu pemerintahan dari suatu negara.

“Semoga kita mengerti dengan baik tentang perbedaan agenda politik dari suatu organisasi perjuangan dan satu pemerintahan yang belum berdaulat sebelum memberikan komentar-komentar yang tidak pada tempatnya. Selamat berjuang,” pungkas Andy.

Ini merupakan klarifikasi yang dilakukan Andy terhadap klaim-klaim yang dilakukan beberapa pendukung NFRPB dari dalam Indonesia, yang terus mengganggu kinerja WPNCL yang sudah dilakukan selama ini.

Seperti yang pernah di rilis tabloidjubi.com melalui tulisan berjudul SENSASI DARI “PRESIDEN”, PARA PEMBISIK DAN NEGARANYA beberapa waktu lalu, Menjelang pertemuan negara-negara Melanesia atau yang dikenal sebagai MSG (Melanesia Spearhead Group), tiba-tiba saja Forkorus, Presiden NFRPB mengirimkan surat kepada Sekretariat MSG dengan maksud agar NRFPB dijadikan anggota dalam MSG.

Sementara sebelumnya, WPNCL telah mendaftarkan aplikasi keanggotaan MSG di sekretariat MSG.

Anehnya, surat yang dikirimkan di penghujung bulan Mei 2013 ini ditarik kembali oleh Forkorus dengan alasan bahwa surat itu bukan dikirimkan oleh dirinya. Dalam surat ini pula, Forkorus memberikan dukungannya kepada kelompok WPNCL yang telah mengajukan aplikasi keanggotaan di MSG. “Kami mendukung apa yang telah dilakukan WPNCL,” kata Forkorus kala itu. (Jubi/Aprila)

Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment