News
Loading...

INI FOTO-FOTO POLISI INDONESIA TANGKAP 4 AKTIVIS GEMPAR DAN 2 ANGGOTA KNPB

Ini Foto-Foto Polisi Tangkap Empat Aktivis GempaR dan Dua Anggota KNPB

PAPUAN, Jayapura --- Sekitar pukul 10.20 WIT, Aparat Kepolisian Resort Kota (Polresta) Jayapura, siang tadi, membubarkan aksi demo damai yang dilakukan Gerakan Mahasiswa, Pemuda dan Rakyat Papua (GemparR), di Kampus Universitas Cenderawasih (Uncen), Papua.

Aparat kepolisian dibawah pimpinan Kapolres Jayapura, AKBP. Alfred Papare, S.Ik juga menangkap empat mahasiswa atas nama, Benny Hisage, Philipus Robaha, Yulianus Gobay, dan Klaos Pepuho di halaman kampus Uncen bawah.

Kemudian, tepat dibawah gapura Kampus Uncen, aparat kembali menangkap dua perempuan atas nama Reggi Wenda dan Ribka Komba, yang diketahui sebagai anggota Komite Nasional Papua Barat (KNPB). Keenam aktivis tersebut dibawah ke Polresta Jayapura untuk diminta keterangan lebih lanjut.

Kapolresta Jayapura, AKBP Alfred Papare menjelaskan, penangkapan dilakukan karena GempaR merupakan organisasi illegal, dan tidak berada dibawah kampus Uncen.

“Pihak lembaga juga tidak mengeluarkan rekomendasi untuk aksi saat ini. GempaR juga organisasi illegal, karena itu kami membubarkan dan menangkap beberapa dari mereka,” tegas Papare, saat memberikan keterangan kepada wartawan di halaman Kampus Uncen.

Papare juga menjelaskan, GempaR tidak memiliki ijin untuk melakukan aksi demo, karena itu aparat merasa berhak untuk membubarkan aksi tersebut.

‘Mereka tidak punya ijin, apalagi saat ini menjelang 17 Agustus, karena itu aparat langsung membubarkan aksi mereka,” tegasnya.

Sementara itu, aktivis GempaR, Yason Ngelia menjelaskan, ijin untuk melangsungkan aksi telah disampaikan kepada pihak Polda Papua sejak tanggal 1 Agustus 2014.

“Namun dengan alasan yan tidak jelas, aparat tidak memberikan ijin untuk kami melangsungkan aksi. Jadi kalau bilang tidak ada ijin, itu omong kosong, kami sudah sampaikan, tapi aparat yang tidak mau keluarkan ijin,” tegas Yason.


OKTOVIANUS POGAU

Sumber :  www.suarapapua.com


Ini Foto-Foto Polisi Tangkap Empat Aktivis GempaR dan Dua Anggota KNPB 















 

Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment