News
Loading...

35 CALON MAHASISWA ASLI MIMIKA INI DIKIRIM BELAJAR KE IPB

Ilustrasi Peta Papua (radioaustralia.net.au)
Timika, 22/8 (Jubi) – Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Pertanian mengirim 35 calon mahasiswa asli daerah itu untuk melanjutkan pendidikan di Institut Pertanian Bogor (IPB), dalam rangka membangun sumber daya manusia (SDM) Papua yang lebih maju dan terampil.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mimika, Limi Mokodompit mengatakan langkah itu diambil karena sektor pertanian di Mimika sangat potensial untuk dikembangkan. Seluruh biaya pendidikan bagi yang lulus akan ditanggung oleh Dinas Pertanian.

“Kita lakukan ini karena mengingat wilayah Kabupaten Mimika yang terdiri dari sektor pertanian dan juga budidaya sagu, maka dengan alasan itulah kita bekerja sama dengan pihak Kampus IPB untuk melakukan seleksi terhadap para calon-calon mahasiswa ini,” kata Limi Mokodompit, di Timika, Jumat (22/8).

“Saya memang awalnya ragu pada saat tim dari IPB akan melakukan proses seleksi di Timika terhadap anak-anak asli, tetapi ternyata pada saat proses seleksi diadakan sebanyak 35 siswa dinyatakan lulus. Maka dengan dasar ini kita adakan beasiswa selama 3 tahun di Bogor,” kata Limi.

Dia menambahkan, 35 calon mahasiswa yang akan diberangkatkan adalah putra dan putri daerah asli Mimika. Sementara beasiswa yang disiapkan ini mencakup biaya tempat tinggal dan biaya kuliah selama 3 tahun di Bogor, Jawa Barat.

“Kita harapkan mereka yang berangkat ini dapat menyelesaikan pendidikan sesuai target yang diharapkan oleh pemerintah daerah, karena mereka ini kita telah persiapkan untuk peningkatan SDM di bidang pertanian khususnya dalam pengelolaan sagu maupun hasil alam Mimika lainnya,” ujarnya.

Limi menjelaskan, 35 calon mahasiswa yang diberangkatakan ini terdiri dari 13 putri dan juga sisanya adalah putra. Mereka dijadwalkan berangkat pada Sabtu besok (23/8) mendatang.

Dikatakan, bahwa calon mahasiswa yang dikirim tahun ini merupakan yang pertama, sebab Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika baru akan melakukan MoU setelah semua calon mahasiswa berada di Bogor.

Ia menuturkan, semua mahasiswa yang dikirim merupakan hasil seleksi dari tim IPB yang dilakukan terhadap seluruh siswa SMA/SMK se-Kabupaten Mimika, sehingga hasil murni usaha para peserta.

Sementara itu, salah satu perwakilan orang tua calon mahasiswa, Marianus Maknaipeku dalam sambutannya mengatakan, program dari Pemerintah Daerah tersebut merupakan terobosan baru, untuk meningkatkan sumber daya manusia masyarakat asli Kamoro dan Amungme.

Ia mewakili orang tua lainnya mengucapkan banyak terima kasih kepada Penjabat Bupati Mimika, Ausilius You, karena telah turut memikirkan kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat asli .

Anak-anak kita ini dikirim ke luar Papua adalah tujuannya untuk menempuh pendidikan sehingga kepada orang tua harus selalu memberikan perhatian-perhatian melalui komunikasi dengan baik agar anak-anak ini nantinya dapat menyelesaikan pendidikannya,” kata Marianus. (Jubi/Eveerth)

Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment