News
Loading...

MILITER INDONESIA GUNAKAN PESAWAT TERBARU TNI LATIHAN DI PAPUA

Pesawat terbaru jenis T-50 Golden Eagle. Foto: Antara
Jayapura, MAJALAH SELANGKAH -- Tentara Nasional Indonesia-Angkatan Laut (TNI-AU) melakukan latihan Perkasa D-14 Operasi Angkatan Udara II (Koops AU-II) Makassar yang dipusatkan di Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional IV (Kosekhanudnas IV) di Biak, Papua, menggunakan tiga pesawat terbaru jenis T-50 Golden Eagle.

"Jadi, latihan udara itu digelar selama lima hari. Mulai dari 25-29 Agustus 2014 dengan menjadikan base ops Lanud Jayapura sebagai pangkalan pendukung," kata Danlanud Jayapura Kolonel PNB Oka Prawira di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Senin seperti dikutip Kantor Berita Antara.

Kata dia, tiga pesawat tempur terbaru itu akan dibantu dua pesawat pendukung lainnya milik TNI AU yang ikut serta dalam latihan yakni satu pesawat Boeing 737-200 Survailance dan satu pesawat angkut C-130 Hercules.

"Selain latihan, ketiga pesawat tempur dan dua pesawat pendukung itu akan melaksanakan patroli perbatasan udara terluar di wilayah NKRI, sekaligus sebagai ajang untuk menujukan eksistensi TNI AU di langit Papua," kata Oka kepada kantor berita itu.

Sementara itu, Komandan Skuadron 5 Lanud Iswahyudi-Madiun, Letkol PNB Wastum yang juga pilot pesawat T-50 Golden Eagle sekaligus Flight Leader ke tiga pesawat tersebut, mengatakan,  skenario latihan Perkas D-14 itu, akan disimulasikan sebagai pesawat perang milik musuh yang memasuki
wilayah udara NKRI yang akan di cegat oleh pesawat Sukhoi milik TNI AU yang sudah siaga di Lanud Manuhua Biak.

Dalam simulasi tersebut, kata Wastum, dua pesawat pembantu jenis Boeing dan Hercules itu akan bertugas sebagai pesawat intai milik musuh.

"Nah, saat beraksi di udara, pesawat Sukhoi akan melepaskan sejumlah tembakan ke arah ke lima pesawat yang diskenariokan sebagai musuh. Sehingga ke lima pesawat itu terpaksa turun ke Lanud Manuhua Biak," katanya.

Mayor PNB Darma Gultom komandan flight latihan skadron udara 15 Lanud Iswahyudi-Madiun, salah satu pilot T-50 Golden Eagle selaku rekan Wastum, mengatakan, sebelum mendarat di Lanud Jayapura, pihaknya terlebih dahulu melakukan beberapa manuver di atas Kota Jayapura dengan tujuan untuk mengenalkan pesawat terbaru milik TNI AU kepada masyarakat.

"Kedatangan pesawat T-50 Golden Eagle hanya untuk misi latihan dan menunjukkan kepada masyarakat bahwa TNI AU juga memiliki pesawat terbaru dan sekaligus sebagai ajang untuk meningkatkan minat kedirgantaraan bagi putra putri Papua," katanya.

Kedatangan ketiga pesawat tempur milik TNI AU itu sempat membuat warga Kota Jayapura heboh, karena pesawat jenis T-50 Golden Eagle sempat bermanuver tiga kali diatas ibu kota Provinsi Papua.

"Keren sekali. Saya baru lihat pesawat tempur terbang diatas Kota Jayapura,"  kata Firgita Aprilia, salah seorang warga Jayapura. (HI/003/Antara/MS)

Sumber :  www.majalahselangkah.com
Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment