News
Loading...

Gema Papua Merdeka Terus Bergema, Indonesia Tegang

Setelah membuka kantor di Oxford, Inggris, Free West Papua Campaign kembali membuka
dlagi di Belanda (Foto: FWPC)
PAPUAN, Jayapura — Teriakan soal Papua Merdeka, terus saja bergema. Hal ini membuat pihak Polisi dan TNI, tidak tinggal diam. Akibatnya, demo damai yang dilakukan rakyat melalui KNPB terhalang.

Hal ini diungkapkan aktivis HAM dan Kordinator KAMPAK Papua, Dorus Wakum melalui siaran persnya yang diterima Suara Papua,  hari ini , Jumat (16/8/2013). 

Dalam siaran pers itu, Dorus menjelaskan, Polisi dan TNI terus beraksi untuk menghalangi semangat juang anak-anak muda Papua melalui organisasi KNPB dan elemen-elemen perjuangan lainnya seperti AMP, Dewan Adat, Gereja, serta komunitas lainnya.

“Ini bukti bahwa Pemerintah Indonesia tegang atas upaya orang Papua untuk melepaskan dirinya melalui tuntutan ‘Penentuan Nasib Sendiri’. Untuk itu, pihak keamanan terus melakukan tindakan pelayanan dengan kekerasan dan penangkapan secara brutal. Alasan mereka, aksi yang dilakukan KNPB dan elemen-elemen lainnya, adalah tindakan makar,” ungkap Dorus.

Aktivis HAM dan Kordinator KAMPAK Papua ini menjelaskan, untuk menekan para anak muda Papua supaya jangan ada lagi aksi.

“Mereka melakukan pengamanan itu, dorang (mereka) dapat uang operasional yang juga uang rakyat Papua. Jadi aksi demo damai KNPB sudah dianggap sebagai sebuah ancaman bagi Pemerintah Indonesia,” kata Dorus.

Lebih lanjut dijelaskan, masalah hak politik itu milik semua orang di bumi ini, dan berhak untuk diperjuangkan.

“Jadi pemerintah tak perlu panik tetapi lebih baik mencari solusi dengan dialog sebagaimana yang sudah ditetapkan oleh MRP Papua dan Papua Barat dan dimediasi oleh sebuah negara yang netral. Saya pikir Ide atau gagasan yang dituangkan melalui MRP itu merupakan solusi bermartabat jika Indonesia menjunjung tinggi Hak Asazi Manusia,” kata Dorus.

Kemarin, digelar sejumlah aksi di berbagai kota di tanah Papua, maupun di Jawa dan Bali untuk mendukung didirikannya Kantor Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Kota Hague, Belanda oleh Free West Papua Campaign yang dikomandoi oleh tuan Benny Wenda.

OKTOVIANUS POGAU

Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment