News
Loading...

Rakyat Papua Peringati HUT ke-5 IPWP

Para Pemimpin KNPB Pusat Saat Membacakan Pernyataan Sikap (Foto; Arnold Belau/SP)
Jayapura— Dalam rangka memperingati HUT IPWP ke-5 rakyat Papua Barat di Jayapura gelar aksi demo damai pada rabu (16/10/2013) di Jayapura, Papua.  Aksi ini dimotori oleh Komite Nasional Papua Barat (KNPB) dan Parlemen Nasional West Papua (PNWP).  

Ini tuntutan rakyat Papua Barat pada peringatan HUT ke-5 IPWP; pertama,  “Mendesak kepada PBB segera meninjau kembali status politik bangsa Papua Barat yang sepihak melalui perjanjian New York Agreement 15 Agustus 1962 yang mendasari Act of Free Choice. Atau Pepera 1969 yang penuh cacat hukum dan moral”.

Kedua, “Mendesak kepada pemerintah indonesia memberikan kebebasan untuk rakyat Papua menentukan nasib sendiri melalui refrendum sebagai solusi untuk membuktikan apakah pakyat Papua ingin hidup dengan Indonesia atau mereka sendiri lepas dari Indonesia”.

Ketiga, “Meminta kepada pemerintah Indonesia segera hentikan semua kebijakan politik dan pembangunan di Papua Barat sebelum rakyat Papua Barat menentukan nasib sendiri melalui refrendum”.

Keempat, “Kami segenap rakyat bangsa Papua Barat mendukung penuh terhadap pidato perdana menteri Vanuatu Mr. Moana Kalosil Carcasses saat sidang tahunan PBB dan mengirim tim khusus di Papua Barat”.

Kelima, “Kami bangsa Papua Barat, memdesak kepada negra-negara anggota MSG segera menindaklanjuti hasil keputusan KTT MSG pada tanggal 20 juli lalu tentang hak penentuan nasib sendiri (Self Determination).

Keenam, “Kami Komite Nasional Papua Barat (KNPB) menghimbau kepada seluruh rakyat Papua Barat dan seluruh organisasi perjuangan yang ada dalam negeri maupun”.

Ketujuh, “Kami segenap rakyat papua barat menyampaikan selamat uang tahun IPWP ke-5”.

Pantauan suarapapua.com, Aksi rakyat Papua Barat dalam rangka memperingati HUT ke-5 IPWP berlangsung dalam pengawalan ketat oleh aparat kepolisian dari Polresta Jayapura dengan dibantu oleh Brimob Polda Papua dan dibeckap oleh TNI.

Saat aksi berlangsung terlihat dua buah bus Polisi disiagakan. Selain itu belasan truck polisi dan truck TNI pun ikut disiagakan disekitar tempat aksi yang di lakukan oleh ratuasan rakyat Papua Barat. Juga terlihat dua baracuda juga ikut disiagakan.

Sementara itu Kapolresta Jayapura Kota, AKBP Alfred Papare, SIK saat dihubungi via telepon selularnya mengatakan, jumlah personel yang turut mengambil bagian untuk mengamankan aksi rakyat Papua Barat hari ini adalah sebanyak 500 personil dengan dibeckap oleh TNI dan Brimob.

ARNOLD BELAU/http://suarapapua.com

Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar