News
Loading...

PERNYATAAN SIKAP , ALIANSI MAHASISWA PAPUA [AMP] “Negara Bertanggungjawab atas Kejahatan Terhadap Kemanusiaan di Papua”

Aksi Mahasiswa Papua Bandung AMP( WK/SCK)
Pernyataan Sikap

ALIANSI MAHASISWA PAPUA [AMP]

“Negara Bertanggungjawab atas Kejahatan Terhadap Kemanusiaan di Papua”

Berbagai kejahatan terhadap kemanusiaan terus terjadi di Papua. Sejak Papua dianeksasi oleh Indonesia Mei 1963, berbagai operasi militer, pembersihan wilayah, penangkapan, pemenjaraan bahkan pembunuhan dilakukan militer (TNI/Polri) demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dalam tahun 2013 ini, sudah terjadi beberapa kasus kejahatan terhadap kemanusiaan yang dilakukan militer (TNI/Polri) terhadap rakyat Papua. Dikabupaten Deiyai pada 1 Juni 2013 terjadi pembunuhan terhadap Yemi Pakage (16 tahun) oleh oknum Brimob, kemudian penganiayaan, penyiksaan terhadap Pontianus Madai (31 tahun) oleh Brimob pada 26 Juli 2013 yang dilakukan oleh 3 Oknum berpakaian Brimob dan 2 orang yang berpakaian preman.

Aksi kekerasan oleh Brimob pun kembali terjadi pada 23 september 2013 pukul 01.55 wit di Distrik Wagete, Kabupaten Deiya. Kejadiaanya bermula ketika seorang pengojek yang membawa penumpang seorang nenek dihadang seorang oknum brimob dan motor didorong sehingga pengojek dan penumpang terjatuh. Masyarakat yang melihat kejadian itu tidak terima dan melakukan aksi protes dalam bentuk tarian adat (Waita) disekitar pasar. Aparat kepolisian dan brimob yang melihat aksi itu menilai masyarakat akan melakukan perlawanan, maka dengan bersenjata lengkap polisi dan brimob dikerahkan menuju pasar dengan posisi senjata menghadap masyarakat. Setelah tiba didepan kerumunan massa, polisi langsung mengeluarkan tembakan secara membabi buta. 

Mendengar adanya rentetan tembakan, pihak guru SMAN 2 Wagete yang berdekatan dengan pasar memulangkan siswa-siswanya. Saat hendak pulang, siswa atas nama Alpius Mote (18 tahun) tertembak timah panas dikiri badan dibawah tulang rusuk mengakibatkan korban meninggal dunia. Korban lainnnya adalah Fransiscus Dogopia (27 tahun) anggota Satpol PP, mengalami luka tembak di punggung belakang, Aleks Mote (29 tahun) petani, mengalami luka tembak di kaki.

Korban lainnya adalah seorang mahasiswa dan 3 orang warga Wagete. Mereka pada umumnya mengalami luka ringan antara lain Aprida Dogopia (27 tahun), Alex Pekei (23 tahun), Frans Mote (28 tahun) dan Yan Pekei (39 tahun).
Kenyataan akan kejahatan terhadap kemanusiaan yang masih terus terjadi di Papua yang dilakukan oleh Militer (TNI/Polri) terhadap rakyat Papua, maka Aliansi Mahasiswa Papua [AMP] menuntut dan mendesak rezim SBY-Boediono untuk segera :
  1. Tarik Militer (TNI/Polri) Organik dan Non-Organik dari Seluruh Tanah Papua!
  2. Mencopot Kapolda Papua dan Kapolres Paniai!
  3. Menarik Brimob dari Kabupaten Deiyai, Paniai dan seluruh Kabupaten di Papua.
  4. Pecat dan Hukum Pelaku Penembakan Pelajar di Distrik Wagete, Deiya Papua!
Sekian pernyataan sikap ini kami buat, atas perhatian dan dukungan semua pihak, kami ucapkan terima kasih.

Jogyakarta, Bandung, Bogor, Surabay, Solo, Jakarta.Senin  22 Oktober 2013 

Sumber : ALIANSI MAHASISWA PAPUA (AMP)

Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar