News
Loading...

Australia mengabaikan kewajiban PBB dengan mendeportasi pencari suaka Papua Barat

YOGYA. . Ahli hukum mengatakan dengan mengirimkan kelompok untuk PNG pemerintah telah mengabaikan tugasnya untuk memastikan mereka aman dari penganiayaan (Marni Cordell  theguardian.com, Kamis 24 Oktober 2013 16.03 AEST)

Menteri imigrasi, Scott Morrison, mengatakan tujuh orang Papua Barat telah dideportasi berdasarkan nota kesepahaman 2003 dirancang untuk mencegah PNG digunakan sebagai negara transit bagi para pencari suaka.

Para ahli dalam hukum pengungsi telah memperingatkan bahwa Australia tidak bisa lewat berangkat ke Papua Nugini tanggung jawabnya untuk memproses klaim tujuh pencari suaka Papua Barat.

Tujuh orang Papua Barat kepada petugas imigrasi Australia ketika mereka mendarat dengan perahu di Selat Torres bulan lalu bahwa mereka takut untuk hidup mereka setelah mengambil bagian dalam protes terhadap pelanggaran hak asasi manusia Indonesia di Papua Barat.

Tapi bukannya memproses klaim mereka Australia dideportasi mereka ke PNG, dimana mereka sekarang berada di sebuah kamp pengungsi terpencil dekat perbatasan Indonesia.
 
"Kita tidak bisa mengabaikan [ klaim suaka mereka ], "kata direktur program hukum klinis di Murdoch University, Anna Copeland, The Guardian Australia. " Karena kita penandatangan konvensi pengungsi PBB seluruh kewajiban adalah bahwa kita tidak hanya mengabaikannya.
 
"Kami seharusnya untuk melaksanakan [ konvensi ] itikad baik dengan maksud bahwa itu ditetapkan, jadi ini semacam manuver untuk dapat menolak adalah pelanggaran kewajiban internasional kami , "katanya.
 
Menteri imigrasi, Scott Morrison, mengatakan kepada media bahwa tujuh dideportasi berdasarkan nota kesepahaman tahun 2003 dirancang untuk mencegah PNG digunakan sebagai negara transit bagi para pencari suaka berharap untuk membuatnya ke Australia.

Berdasarkan perjanjian tersebut, Australia hanya mampu mengembalikan pencari suaka ke PNG jika mereka telah menghabiskan lebih dari tujuh hari di negara itu sebelum kedatangan mereka.
 
The West Papua mengatakan mereka berulang kali mengatakan kepada para pejabat imigrasi Australia bahwa mereka hanya menghabiskan dua hari di PNG dalam perjalanan mereka ke Australia. Ketika ditanya tentang hal ini, Morrison mengatakan telah terjadi " konsesi disepakati antara kedua pemerintah" .

Penggunaan memorandum tidak hanya memungkinkan Australia untuk mencuci tangan mereka, menurut analisis hukum perjanjian 2003 oleh Dr Savitri Taylor, direktur penelitian di sekolah hukum di La Trobe University. Australia masih memiliki kewajiban di bawah hukum internasional yang sedang berlangsung untuk memastikan kelompok memiliki kesempatan yang berarti untuk memiliki kasus suaka mereka dipertimbangkan dan bahwa mereka aman dari penganiayaan di interim.

Kelompok itu mengatakan kedua kondisi ini telah dilanggar. Ketika Wali Australia berbicara kepada salah satu dari tujuh, Yacob Mechrian Mandabayan, melalui telepon dari kamp perbatasan remote pada Senin malam, katanya mereka takut untuk hidup mereka karena kamp itu dekat perbatasan keropos Indonesia.
"Kami tidak merasa aman di sini karena tempat ini tidak dijaga oleh polisi atau satpam," katanya.
 
Mandabayan juga mengatakan tidak ada prospek segera suaka mereka klaim sedang diproses. Setelah penolakan awal kelompok untuk mencari suaka di PNG - di mana mereka mengatakan mereka menghadapi penganiayaan - mereka sekarang percaya bahwa mereka telah dibuang di kamp" hanya tinggal sampai kita mati di sini".

Mandabayan mengatakan kelompok mengajukan aplikasi dengan Port Moresby Pengadilan pada Jumat 11 Oktober untuk meminta tinggal di relokasi mereka ke kamp itu akan mendengar Senin depan. Tapi pada hari Sabtu, sebelum ini bisa terjadi, petugas imigrasi PNG tiba di hotel mereka dengan" polisi dengan senapan M16" untuk membawa mereka secara paksa ke bandara.

Dia juga menggambarkan insiden pekan lalu di mana sebuah "Indonesia yang tampak" manusia tiba di rumah di mana mereka tinggal dan mencoba untuk mengambil foto mereka.

"Kami tidak ingin mencari suaka di PNG, kami hanya ingin mencari suaka di Australia,  kata Wali Mandabayan Australia." Di Australia kami merasa aman karena jauh dari pemerintah Indonesia."
  (Bidaipouga)

Sumber : AWPA Sydney News
Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar