News
Loading...

PNWP Angkat Oridek Ap Jadi Diplomat Papua Merdeka di Belanda

Jayapura, KNPBnews – Parlemen Nasional West Papua (PNWP) secara resmi telah mengangkat Orikek Ap dari Free West Papua Campaign sebagai Diplomat resmi Papua Merdeka di negeri Belanda. Putusan tersebut dibacakan oleh Ketua PNWP, Buchtar Tabuni di depan rakyat West Papua yang menggelar Parade Budaya di Expo Waena kemarin (14/8).

Dipilihnya Oridek Ap merupakan bagian dari pembaharuan dan upaya maju dalam perjuangan bangsa Papua di Belanda, sebab PNWP yang merupakan badan representatif  (New Guinea Raad) bangsa Papua,  bahkan rakyat Papua sudah memantau kegigihan Oridek Ap dan kawan-kawannya di Belanda dalam memperjuangkan kemerdekaan Papua selama ini, sehingga ini merupakan keputusan sekaligus mandat rakyat melalui Parlemen West Papua.

Oridek Ap adalah anak kandung dari seniman Arnold Ap yang dibunuh Kopasanda Indonesia. Oridek memprakarsai Kantor Kompanye baru yang diresmikan tanggal 15 Aguatus 2013, dihadiri Koordinator Diplomat Papua Merdeka di Internasional, Benny Wenda.

Menurut Buchtar Tabuni berkas keputusan rakyat ini akan dikirim kepada Oridek Ap di Belanda. “Sejarah pencaplokan bangsa Papua kedalaman Indonesia disembunyikan dan didiamkan selama setengah abad lebih di Belanda. Sehingga kami mandatkan Oridek Ap untuk mengetuk hati dan membuka telinga Pemerintah Belanda untuk mendengar dan mempertanggungjawabkan perjanjian New York hingga Pepera 1969 yang cacat hukum internasional”, tutur Buchtar.

Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment