News
Loading...

INI PERNYATAAN SIKAP PNWP

Ketua PNWP BUCHTAR TABUNI (DOK.JUBI)
Jayapura, 15/8 (Jubi)Untuk mempromosikan hak-hak Rakyat West Papua maka hari ini, Kamis 15/8 Parliement Nasional of West Papua (PNWP) di Wilayah West Papua dan di tempat lain melakukan aksi bersama turun jalan untuk mempromosikan jati diri rakyat West Papua dengan melakukan Parede Budaya West Papua.

Adapun tujuan dari Parade Budaya West Papua yang dilakukan yang diperoleh tabloidjubi.com melalui release yang ditandatangani Ketua PNWP, Buchtar Tabuni adalah:

1. Menyatakan kepada dunia bahwa satu yang rakyat West Papua tuntut adalah Pengakuan Hak Menentukan Nasib Sendiri secara adil dan demokratis.

2. Menunjukkan identitas rakyat West Papua sebagai satu masyarakat dari kebudayaan Melanesia. Ini berarti bahwa rakyat West Papua bukan bagian dari rakyat dan budaya Indonesia (Melayu).

3. Menyampaikan terima kasih kepada Pemimpin Melanesia Spearhead Groups (MSG) yang telah menyatakan mendukung hak penentuan nasib sendiri rakyat West Papua pada sidang tahunan MSG, 19-21 Juni 2013 di Noumea, Kanaky.

4. Menyampaikan selamat datang untuk delegasi Menteri Luar Negeri MSG yang berencana melakukan misi kunjungan ke West Papua.

5. Menyampaikan kepada MSG dapat menolong West Papua dan menerima West Papua sebagai anggota penuh MSG.

6. Mendeklarasikan dan mendukung pembukaan Kantor Free West Papua Campaign di Netherland yang diresmikan hari ini, Kamis (15/8)

7. Mendeklarasikan dan mengumumkan Oridek Ap sebagai Koordinator Kantor Free West Papua Campaign di Netherland.

8. Menyatakan bahwa perjanjian yang ditandatangani Pemerintah Kerajaan Netherland dan Pemerintah Republik Indonesia pada 15 Agustus 1962 di New York yang dikenal dengan nama New York Agreement tidak menjamin pelaksanaan hak penentuan nasib sendiri rakyat West Papua secara adil dan demokrastis.

9. Menyatakan kepada pemerintah Kerajaan Netherland, Indonesia, Amerika dan PBB untuk menghormati, melindungi, memajukan dan memenuhi pelaksanaan hak penentuan nasib sendiri rakyat West Papua secara adil dan demokrastis.

10. Menyatakan bahwa rakyat West Papua sangat membutuhkan akses jurnalis internasional dan pekerja HAM PBB ke West Papua

11. Menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Kerajaan Inggris Raya dan Pemerintah Kerajaan Netherland atas sikap politiknya mendukung perjuangan hak penentuan nasib sendiri rakyat West Papua dengan mengijinkan dibukanya Free West Papua Campaign Office.

Momentum hari ini digunakan Rakyat West Papua untuk melakukan aksi Parede Budaya untuk mengingatkan dunia bahwa Perjanjian New York yang didukung Amerika tidak melibatkan rakyat West Papua sebagai subyek tetapi hanya sebagai obyek yang akhirnya mengorbankan rakyat West Papua sendiri yang harus hidup dari tangan satu penjajah ke tangan penjajah lain.

Berdasarkan Piagam PBB, Deklarasi Universal HAM (DUHAM) dan Resolusi Majelis Umum PBB No. 1514 Tahun 1960 memberikan jaminan kepada wilayah-wilayah dan masyarakat yang dijajah untuk memperoleh kemerdekaan. Wilayah West Papua adalah bekas wilayah jajahan Netherland. Sesuai dengan semangat Piagam PBB, DUHAM dan Resolusi Majelis Umum PBB No. 1514 Tahun 1960 maka Netherland mempunyai kewajiban dan tanggung jawab untuk memberikan kemerdekaan kepada wilayah dan rakyat West Papua. (Jubi/Aprila Wayar)

Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment