News
Loading...

Di Nabire, Rakyat Papua Dukung Kantor Kompanye Papua Merdeka di Belanda

Masa Aksi KNPB Nabire
Nabire, KNPBnews – Memperingati hari New York Agreement 1962 dan menyambut Pembukaan Kantor Free West Papua  Campaign di London, Rakyat West Papua do Wilayah Meepago yang mencangkup Paniai, Deiyai, Intan Jaya, Dogiay dan Nabire khari ini (15/8) menggelar aksi damai, dikoordinir KNPB Wilayah Nabire.

Menurut pantauan crew media online ini, aksi demo damai dimulai pada jam 05.17 pagi menggunakan mobil komando mengelilingi kota nabire sambil berorasi ke setiap titik demo.

Aksi demo damai di lakukan di 3 titik yaitu; kalibobo depan USWIM, Siriwini depan Rumah Sakit dan di Pasar Karang. Hingga aksi demo damai semua titik di alihkan di Pasar Karang Pukul 09.00 pagi.

Pihak TNI Polri pun dikerahkan. Sebanyak dua truk Polisi dan 2 truk pasukan TNI ikut meneror akai massa, namun aksi tetap berjalan dibawah penanggung jawab Parlemen Rakyat Daerah Meepago.

Aksi yang diikuti hampir 3.000 an massa itu dalam rangka menyampaikan dukungan dan menyukuri atas dibukanya kantor Kompanye Papua Merdeka di Belanda, menentang perjanjian New York 15 Agustus 1962 dan keberadaan Indonesia di West Papua, serta aksi persiapan penyambutan tim MSG yang akan datang ke West papua.

Acara aksi dipandu oleh Vero Kayame, dilalui dengan ibadah singkat yang dipimpin Pdt. Daud Edoway. Orasi dilakukan oleh Ketua Parlemen Wilayah Meego, Habel Nawipa sekaligus membacakan pernyataan politik.

Orasi dilanjutkan oleh Sam Gobay dari Parlemen Rakyat Paniai yang juga menyampaikan dukungan agenda di Belanda dan penolakan Perjanjian New York yang tidak melibatkan orang West Papua.

Ketua KNPB Wilayah Nabire, Sadrak Kudiay dalam kesempatan itu menyatakan bahwa KNPB berjuang secara damai dan mendukung gerakan rakyat Papua untuk menentukan nasibnya sendiri.

Sementara itu, Mecky Yeimo dari KNPB Pusat ikut berorasi, disambung juga oleh Romario Yatipai selaku Ketua Parlemen Wilayah Domberai.

Sesuai agendanya, aksi kali ini diisi dengan tarian budaya khas Wilayah Meepago. Massa kemudian bubar secara damai setelah doa penutup. (Alex/knpbnews)

Foto-Foto


Orasi Mecky Yeimo
Tuntutan
Showing budaya
Orasi ketua KNPB Nabire Sadrak Kudiay




 Sumber : www.knpbnews.com : :
Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment