News
Loading...

AMP Komite Kota Bogor Demo Dukung Pembukaan Kantor OPM di Belanda


Massa AMP Komite Kota Bogoro melakukan aksi

demonstrasi mendukung didirikannya kantor OPM

di Belanda (Foto: Geitoga Gobai/SP)

PAPUAN, Bogor — Puluhan pemuda dan mahasiswa Papua yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) Komite Kota Bogor, Kamis (15/8/2013) siang tadi, melaksanakan aksi unjuk rasa  mendukung pembukaan kantor Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Kota Hague, Belanda.

Massa aksi yang dipimpin Victor Waker melakukan long march dengan membentangkan beberapa poster dan spanduk melewati kebun raya Bogor menuju tugu Kujang, tepat di depan Kampus IPB Bogor. 

Dalam orasinya, Waker mengatakan, aksi yang dilakukan AMP Kota Bogor merupakan bagian dari dukungan atas dibukanya kantor OPM di Belanda, sekaligus menentang perjanjian New York Agreement 1962 yang telah mengorbankan hak-hak politik rakyat Papua Barat.

“Penandatanganan Perjanjian New York antara Belanda dan Indonesia terkait sengketa wilayah West New Giunea kini (Papua Barat) pada tanggal 15 Agustus 1962 di lakukan tanpa keterlibatan satupun wakil dari rakyat Papua, padahal perjanjian itu berkaitan dengan keberlangsungan hidup rakyat Papua Barat,” ujar Sam dalam orasi politiknya.

Menurut Waker, aksi juga dilakukan untuk memperingati HUT ke-35 Grup Music Mambesak, pimpinan Arnold Ap, yang pernah dibunuh oleh militer Indonesia karena lagu-lagu perlawanan dan symbol  perjuangan yang selalu dilantukan penyanyi asal Biak tersebut.

Dikatakan, aksi juga dilakukan untuk menyambut kedatangan para Menteri Luar Negeri negara-negara Melanesia yang akan berkunjung ke Indonesia dan Papua Barat dalam bulan ini.

“Kami meminta agar kunjungan pemimpin MSG tersebut dapat membicarakan seadil–adilnya persoalan mendasar rakyat Papua Barat,” ujarnya berharap.

Aksi bentuk parade budaya nasional bangsa Papua Barat ini berlangsung dari pukul 09.00 Wib hingga pukul 11.00 Wib. Massa aksi kemudian membubarkan diri dengan tenang dibawah pengawalan ketat aparat kepolisian.

GEITOGO GOBAI

Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment