News
Loading...

PMKRI: PIDATO PM VANUATU KEMENANGAN BANGSA PAPUA

Jumpa Pers PMKRI (Jubi/Aprila)
Jayapura, 10/3 (Jubi) – Ketua Pusat Majalah Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), Thomas Syufi, berpendapat pidato Perdana Menteri (PM) Vanuatu, Moana Carcasse Kalosil di hadapan para pemimpin dunia pada 4 Maret lalu, merupakan kemenangan diplomasi bagi bangsa Papua.

Terkait hal itu, pihaknya meminta Indonesia segera membuka ruang perundingan dengan orang Papua, guna meluruskan sejarah Papua, mulai sejak 1960-an khususnya tentang status pelanggaram HAM berat.

“Hal ini akan selaras dengan pernyataan Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudoyono (SBY) dalam pidato kenegaraan pada, 16 Agustus 2013 lalu, telah berjanji untuk membuka ruang dialog bagi masyarakat Papua. Kalau tidak, berarti SBY telah melakukan pembohongan publik,” jelas Thomas kepada wartawan di Prima Garden Caffee, Abepura, Kota Jayapura, Papua, Senin (10/3) siang.

Thomas, yang juga Presiden Federasi Mahasiswa Papua itu meminta kepada semua negara kulit hitam dan negara-negara Uni Eropa maupun Arab, untuk memberikan dukungan kemanusiaan bagi rakyat Papua. 

Kami orang Papua tidak mau diperlakukan seperti anjing di negeri kami sendiri, kami mau bebas. Kami tak butuh uang triliunan atau kesejahteraan. Yang kami minta, pengakuan orang Jakarta untuk orang Papua”,” Tandasnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, PMKRI mengimbau seluruh mahasiswa, baik solidaritas yang berada di nasional maupun internasional untuk terus mendukung perjuangan ini. 

Pihaknya juga meminta mahasiswa di Pasifik untuk terus mendukung mahasiswa Papua untuk terus berjuang membela kebenaran di atas tanah Papua dalam meluruskan status politik dan berbagai kasus pelanggaran HAM berat yang terjadi.

Sementara juru bicara PMKRI, Urbanus Iksomon mengaku sangat kecewa terhadap respon pemimpin-pemimpin Papua, seperti Nicolas Messet dan Suriel Mofu. 

Kami sangat menyesal dengan pemimpin-pemimpin Papua. Mereka selalu saja mengatasnamakan rakyat untuk mencari keuntungan pribadi,” tandasnya. (Jubi/Aprila)

Sumber :  www.abloidjubi.com
Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment