News
Loading...

Pemerintah Akan Simposium internasional Untuk Papua Barat

Oleh : Winston Tarere
 
Vanuatu akan menjadi tuan rumah simposium internasional bagi rakyat Papua Barat di Vanuatu . Hal ini dikonfirmasi oleh Wakil Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Edward Nipake Natapei ke Daily Post sementara di Fiji baru-baru ini pada Forum Menteri Contact Group ( MCG ) kunjungan ke Fiji .

"Pemerintah siap untuk menjadi tuan rumah semua kelompok yang berbeda di dalam dan di luar Papua Barat yang mengklaim mewakili rakyat Papua Barat dan perjuangan mereka. "" Pada saat ini kami tidak memiliki dana belum. Tapi ketika kita mendapatkan dana , kami akan mengundang mereka semua untuk datang , " kata wakil pemimpin pemerintah .

Pemerintah Vanuatu in-line dengan mandat parlemen akan bertindak sebagai lingkungan yang netral di mana semua kelompok yang berbeda bisa datang dan duduk bersama di bawah satu atap dan mencoba untuk melihat melampaui perbedaan-perbedaan mereka dan bersatu di belakang isu-isu kepentingan bersama yang dapat memberikan jalan ke depan bagi orang-orang dan menyebabkan mereka regional dan internasional .

Ini adalah harapan dari pemerintah bahwa setiap resolusi yang keluar dari pertemuan tersebut dapat disajikan di bawah payung badan tunggal yang benar-benar mewakili rakyat Papua ." Ini telah menjadi salah satu isu di balik rasa hormat permohonan keanggotaan salah satu kelompok ke Melanesian Spearhead Group ( MSG ) , " kata Natapei .

Natapei mengisyaratkan bahwa motif di balik hosting simposium tersebut adalah untuk memberikankesempatan alternatif untuk mengatasi kegagalan Fakta Luar Negeri Menteri MSG Misi Pencarian untuk Papua Barat , yang gagal untuk bertemu orang-orang , anggota masyarakat sipil dan mendengar pandangan mereka .

Pemerintah Vanuatu memboikot misi pencarian fakta MSG karena itu menurut pendapatnya , tidak dirancang untuk memenuhi mandat yang diberikan oleh para pemimpin puncak di Kaledonia Baru , yang adalah untuk mendapatkan pandangan dari masyarakat Papua pada penerapan salah satu kelompok untuk menjadi anggota MSG .

" Alasan utama di balik Vanuatu menarik keluar dari misi itu karena ketika kita menerima program pada menit terakhir , kami melihat bahwa itu tidak akan mencapai mandat perjalanan, " kata Natapei .

Menteri Natapei mengatakan pertemuan MSG untuk meninjau perjalanan ke Papua Barat di Vanuatu ditunda karena Fiji tidak ingin diselenggarakan oleh Vanuatu . Namun Ketua MSG dari Kanaky telah mengumumkan pertemuan itu akan diadakan tidak di markas MSG di Vila tapi di pulau Santo .

Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment