News
Loading...

PM Vanuatu Angkat Pelanggaran HAM Papua Di Jenewa

Perdana Menteri  (PM), Vanuatu, Mr Moana Carcasses Kalosil
[JAYAPURA]  Perdana Menteri  (PM), Vanuatu, Mr Moana Carcasses Kalosil akan menggugat dan mendorong penyelesaian persoalan Papua diangkat ke dunia Internasional. 
  
Untuk itu, PM Moana  berencana membawa masalah Papua ke Komisi Hak Asasi Manusia (HAM) PBB yang akan bersidang di Jenewa, Swiss  pada tanggal 4 Maret 2014. 
  
Hal itu diungkapkan Koordinator Juru Runding Papua , Octovianus Motte kepada SP dari Amerika Serikat pada Jumat (28/2) dini hari.   Octovianus Motte terpilih sebagi juru runding di luar negeri  dalam  Konferensi Perdamaian Tanah Papua (KPP) 2011, yang  diselenggarakan pada tanggal 5-7 Juli di Jayapura.   
            
“Nanti pada tanggal 4 Maret, PM  Moana akan  berpidato soal kondisi HAM di Papua dan ini adalah perjuang dia mengungkapkan apa yang terjadi di Papua,” ujar Motte yang telah memilih menjadi Warga Amerika Serikat.    


Menurutnya, Mr Moana akan berbicara sekitar pukul 12.00 waktu  Genewa.   Dijelaskan, persolaan yang kembali diungkap adalah kondisi HAM di Papua dan pelurusan sejarah Papua.

   
“Terpenting juga  PM Moana akan mengungkapkan soal  kesalahan yang terjadi pada   Pepera  Tahun 1969, Act of Free Choice pada rakyat Papua Barat,” ujarnya.   

Sidang tahunan itu akan dihadiri  Sekjen PBB, Ban Ki-Moon, President  Dewan HAM PBB,  Baudelaire Ndong Ella, Presiden PBB  John W. Ashe,  dan Komisioner Tinggi PBB Navi Pillay. [154/L-8]

Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment