News
Loading...

PARIWISATAPAPUA BARAT LEBIH MAJU KARENA PEMPROV BERJUANG KE PUSAT

Anggota Komisi X DPR RI Asal Papua, Diaz Gwijangge. (Jubi/Arjuna)
Jayapura, 1/3 (Jubi) – Jika pariwisata Papua tak berkembang karena Dinas Pariwisata Papua dinilai kurang kreatif, hal sebaliknya justru terjadi di Papua Barat. Pemerintah Provinsi Papua Barat dan beberapa pemerintah kabupaten setempat berjuang hingga ke pusat guna mendapat anggaran untuk memajukan pariwisata di wilayah mereka.

“Mereka berjuang hingga ke pusat untuk bisa mendapatkan bantuan dana guna pengembangan pariwisata di daerah mereka. Beberapa kali mereka menemui saya, dan saya ikut membantu mereka memperjuangkannya. Ini karena ada respon baik dan usahan maskimal dari pemprov dan pemda setempat,” kata Anggota Komisi X DPR RI bidang pariwisata asal Papua, Diaz Gwijangge, kepada tabloidjubi.com, Sabtu (1/3).

Menurutnya, kini Papua Barat mendapat anggaran dari pusat untuk mengembangkan pariwisata di wilayah itu. Hanya saja, Diaz Gwijangge tak tahu persis berapa nominalnya.

Ia berharap Gubernur dan Wakil Gubernur Papua sekarang ini jeli menempatkan orang di Dinas Pariwisata agar bisa memajukan pariwisata Papua . Selain itu, jika alasannya masyarakat yang ada di sekitar lokasi pariwisata tak merelakan hak ulayat mereka untuk dikelola, pihak terkait harus mencari solusi.

“Saya rasa pemerintah bisa merangkul mereka. Apakah hak ulayat dibayar ataukah mereka dilibatkan mengelolah lokasi itu dan mereka mendapat persentase dari pemasukan pariwisata di wilayah mereka.Orang Papua itu kalau kita bicara baik-baik mereka juga tak akan mempersulit kita,” ujarnya.

Sebelumnya, Walikota Jayapura, Benhur Tommy Mano mengatakan, jika penataan pariwisata di Papua, khususnya Kota Jayapura bersinergi dengan pemilik hak ulayat, tentunya akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kendalanya, karena belum adanya komunikasi yang baik antara pemerintah dengan masyarakat pemilik hak ulayat,” kata Tommy Mano beberapa waktu lalu. (Jubi/Arjuna) 

Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment