News
Loading...

Kapolda Papua Usulkan Pembubaran, KNPB Minta Polisi Tak Asal Bicara

Logo KNPB – IST
Logo KNPB – IST

Jayapura, Jubi – Kepala Kepolisian Daerah Papua, Inspektur Jenderal (Pol) Yotje Mende menyatakan mengusulkan pembubaran Komite Nasional Papua Barat (KNPB). Katanya, ia sudah menyampaikan hal itu ke pihak Komisi III DPR RI beberapa waktu lalu.

“Tindakan KNPB sudah sangat brutal. Saya usulkan mereka dibubarkan. Mereka adalah organisasi terlarang, bukan organisasi resmi. Saya anggap KNPB adalah organisasi dibawah tanah yang menggerakkan Papua Merdeka. Saya minta dukungan pusat agar pihak terkait menyatakan KNPB dibubarkan, walaupun mereka secara resmi tak disahkan,” kata Kapolda Yotje, Senin (23/3/2015).
Katanya, KNPB memiliki gerakan bawah tanah untuk menarik simpati masyarakat. Padahal, dibalik itu, tujuan utama mereka adalah untuk merdeka.
Header advertisement
“Dua kali saya tindak mereka. Pertama di Nabire pada Februari lalu, dan kami dapat barang bukti cukup banyak. Ada dokumen minta dukungan luar negeri. Termasuk kepada Benny Wonda, yang di luar negeri. Saya sudah laporkan kepada Komisi III DPR RI agar pergerakan dia di luar negeri dicegah. Dia biangnya dukungan luar negeri,” ucapnya.

Sementara Juru Bicara Nasional KNPB, Bazoka Logo mengatakan, polisi jangan asal bicara. Harus punya alasan membubarkan KNPB. Polda harus menjelaskan alasannya. Katanya, Selama ini yang selalu jadi aktor kriminal adalah polisi, bukan KNPB.

“Polda tak ada alasan seenaknya menyatakan bubarkan KNPB. Tujuan dan keberadaan KNPB di Papua Barat sangat jelas. Polda takut, karena yang menjadi aktor kriminal di tanah Papua adalah polisi. Mereka takut sehingga mengalihkan issu. Tak terbukti kalau KNPB adalah organisasi yang mengancam negara, atau organisasi kriminal,” kata Bazoka Logo via teleponnya kepada Jubi. (Arjuna Pademme/Arnold Belau)

Smber : http://tabloidjubi.com/
Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment