News
Loading...

MENYIMAKA WILAYAH BUDAYA DAN ADAT DI TANAH WEST PAPUA

Ilustrasi 7 Wilayah Adat Di Tanah West Papua (Foto, www.kobogaunews.com)
Jayapura, Jubi-Secara administrasi Papua dan Papua Barat serta Papua New Guinea berbeda tetapi berada  dalam satu wilayah budaya memiliki kesamaan dan ciri khas tersendiri. Bahkan pembagian batas-batas sesuai wilayah adat telah berlangsung turun temurun. Ada pula pembagian wilayah menurut tanah-tanah adat atau batas wilayah adat.

Pembagian berdasarkan budaya dari beberapa penelitian antropolog Barat seperti GJ Held(1079), tentang Cultuur Provincies(provinsi kebudayaan), AA Gerbrands(1979) tentang Art Style Areas(Wilayah Gaya Seni) serta informasi tertulis berdasarkan pengalaman empiris dan institusi kultural.

Dalam buku Aspek dan Prospek Seni Budaya Papua(1983) terbitan Biro Kesejahteraan Provinsi Irian Jaya, editor Don AL Flassy cenderung mengelompokkan budaya Papua atas sembilan budaya antara lain,
Pertama, Wilayah Budaya Saireri. Yang masuk dalam wilayah budaya Saireri adalah (a) Budaya Biak Numfor,Supiori.(b) Budaya Yapen Waropen,(c) Budaya Kurudu-Kayupuri dan (d) Budaya Wandamen –Wamesa.

Kedua, wilayah budaya Kepala Burung-BomberaiDaerah yang masuk dalam wilayah budaya Kepala Burung Bomberai adalah,(a) Budaya arfak-Manikion,(b) Budaya Raja Ampat,(c) Budaya Toror, (d) Budaya Ogit Inansawatar, budaya Onim-Fatagar, dan Budaya Etna Arguni.

Ketiga, Wilayah Budaya Pantai Selatan. Daerah yang masuk wilayah Pantai Selatan meliputi (a) Budaya Asmat-Mimika,(b) Budaya Muyu-Mandobo, dan (c) Malin – Kimam.

Keempat, Wilayah Budaya Orokolo. Daerah yang termasuk dalam wilayah Budaya Orokolo adalah(a) Budaya Tores-Kaiwa, (b) Budaya Oaiya-Wawombe, (c) Budaya Inawara-Puran, dan (d) Budaya Motu.

Kelima, wilayah budaya Huwon. Daerah yang termasuk wilayah budaya Huwon adalah, (a) Budaya Markham –Morobe, (b) Budaya Orokaiva, dan (C) Budaya Massin Trobriand.

Keenam, wilayah budaya Kepulauan Melanesia. Daerah yang termasuk dalam wilayah Kepulauan Melanesia adalah, (a) Budaya Kepulauan Bismarck, (b)Budaya Solomon-New Hebrides/Vanuatu,(c) Budaya Fiji, dan (d) Budaya New Caledonia.

Ketujuh, wilayah budaya Sepik. Daerah yang termasuk wilayah budaya Sepik adalah (a) Budaya Sepik,(b) Budaya Keram, dan (c) Budaya Ramu.
Kedelapan, budaya Dafonsoro. Daerah yang termasuk wilayah ini adalah (a) Senetage-Vanimo, (b) Buday Sentani-Tanah Merah, (c) Budaya Arso –Nimboran, dan (d) Budaya Sarmi Mamberamo.

Kesembilan, budaya Pegunungan Tengah(Central Higland). Daerah wilayah ini adalah(a) Budaya Paniai-Baliem,(b) Budaya Goroka –Chimbu, dan (c0 Budaya Anga.

Lima budaya Papua terdapat di Papua Barat dan Papua adalah lima wilayah budaya antara lain, budaya Saireri, budaya kepala burung Bomberai, wilayah Pantai Selatan, wilayah budaya Dafonsoro dan budaya Pegunungan Tengah.

Orang Papua juga dibagi menurut batas-batas suku yang ada dan terdapat tujuh wilayah adat antara lain, Wilayah adat I (Mamta) terdapat sebanyak 86 suku, berada di bagian utara Jayapura sampai dengan Mamberamo. Wilayah adat II, Sairei meliputi 31 suku di Teluk Cenderawasih, Biak, Yapen Waopen sampai di Yeretuar. Wilayah adat III, Bomberai membawahi sekitar 52 suku berada di Kepala Burung berbatasan di Selatan Fakfak dan Bintuni termasuk Manokwari dan Sorong.

Wilayah adat IV, Domberai, terdapat sebanyak 18 suku termasuk wilayah Fakfak, Teluk Arguni(kaimana) dan berbatasan di sebelah utara Teluk Bintuni wiilayah adat Bomberai. Wilayah adat V, Anim Ha membawahi sekitar 29 suku berada Selatan Papua.

Wialayah Adat VI, Lapago sebanyak 19 suku berbatasan dengan selatan Anim Ha dan Barat wilayah Me Pago. Wilayah adat VII, Me Pago terdapat sekitar 13 suku. (Dominggus Mampioper)

Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment