News
Loading...

GEMPAR “ DEMO TOLAK OTSUS PLUS

Aksi Gempar depan gapura kampus uncen prumnas III waena, di hadan oleh kepolisian jayapura, (SCK/ Foto/Mabelrts Jhon)


Jayapura , SUARA CENDRAWASIH KOLAITAGA – Ribuan mahasiswa dan rakyat papua yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa, Pemuda, dan Rakyat (Gempar) Papua, berunjuk rasa menolak Rancangan Undang-Undang Otonomi Khusus (Otsus) Plus papua di depan Gapura Univerfitas Cendrawasih (UNCEN) Jayapura. Selasa 11/04/2014,pagi.

Pantauan http://suarakolaitaga.blogspot.com Para mahasiswa pun berorasi di depan gapura  kampus uncen yang dimulai sekitar pukul 07.00 WIT.

Dalam orasi”  Yason Ngelia, Koordinator GempaR mengatakan ,Kami meminta dengan tegas kepada gubernur Papua dan gubernur papua barat untuk segera menghentikan atau tolak Otonomi Khusus (Otsus) Plus karena Otsus yang sebelumnya sudah dianggap gagal oleh rakyat Papua. "Kedaulatan ada pada rakya Papua, maka rakyat tetap menolak UU Pemerintahan Papua atau Otsus Plus," kata Yason.

Ditegaskan, inisiatif Otsus Plus adalah bukti gagalnya Otsus di Papua dengan regulasinya Undang-Undang Nomor 21 tahun 2001. "Semua produk kebijakan Jakarta tidak pernah pro rakyat Papua," ujar koordinator GempaR Papua.

Dalam aksi setsebut salah satu perwakilan GempaR juga mengatakan, Otsus Plus datang hanya untuk memberikan keuntungan bagi para elit politik di tanah Papua saja. Seperti Otsus, dimana hasilnya tidak akan dinikmati orang asli Papua. Maka Otsus Plus harus ditolak.” Tegas.

Koordinator  aksi demo GEMPAR “ Yason Ngelia dalam orasinya mengatakan, Otsus harus dievaluasikan kembali secara menyeluruh. “Bila perlu dilakukan referendum (pemungutan suara) terkait dengan Otsus Plus yang datang begitu saja karena hasilnya tidak pernah dinikmati oleh seluruh rakyat asli Papua,” ujarnya  dalam orasinya.

Pantauan http://suarakolaitaga.blogspot.com saat kasi GempaR depan gapura uncen perumnas III waena, tadi pagi jam 07:00 wit, berlangsung dihadan oleh kepolisian Kapolresta Yayapura Alfret papare , mobil dalmas , truk keamanan TNI /POLDA Papua dengan pasukan yang sanggat banyak kira sekitar 100 pasukan yang di turunkan untuk membubarkan aksi GempaR yang menuntuk penolakan Otsus Plus Papua.

 Otsus Plus Bukan solusi masalah rakyat papua, tetapi menambah luka di hati rakyat papua, solusi adalah Pemerintah RI segerah memberikan Hak Penetuan Nasib sendiri” Ujar masa aksi. (SCK/ Mabelrts Jhon).

foto-foto 









Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment