News
Loading...

Papua Barat pembantaian : University of Sydney pengadilan warga menyerukan Indonesia untuk menyelidiki pembantaian Biak

Video: Searching for the truth about the Biak massacre (7.30)
Indonesia menghadapi panggilan untuk menyelidiki pembunuhan , pemerkosaan , dan penyiksaan terhadap lebih dari 150 warga sipil di pulau Papua Barat dari Biak 15 tahun yang lalu .
Sebuah pengadilan Sydney University warga negara dipimpin oleh mantan jaksa agung NSW John Dowd , sekarang presiden Komisi Ahli Hukum Internasional , hari ini menemukan bahwa " sejumlah besar " orang Papua Barat telah disiksa dan dimutilasi .
Pengadilan mendesak Indonesia untuk membawa mereka yang bertanggung jawab atas " kejahatan terhadap kemanusiaan " ke pengadilan.
Diperkirakan lebih dari 150 orang tewas dan mayat mereka dibuang di laut setelah protes Papua Barat yang mengangkat dilarang Papua Barat Bintang Kejora di Biak pada bulan Juni , 1998.
Indonesia tidak pernah mengakui pembantaian itu, mengklaim hanya satu orang tewas , dan menyalahkan mayat terdampar pada tsunami .
Tindakan ini sangat didukung oleh lalu- kepala militer Indonesia , Jenderal Wiranto ." Saya melihat banyak dibunuh oleh militer mengatakan pengungsi muda
Yudha Korwa , yang berusia 17 pada saat pembantaian , berada di protes dengan seorang teman .
Ia sejak itu telah diberikan suaka politik setelah melarikan diri ke Australia pada perahu kayu enam tahun yang lalu .
"Saya melihat begitu banyak orang terbunuh oleh militer . Saya melihat anak kecil tewas , orang-orang tua , wanita hamil dan anak kecil , " katanya .
" Salah satu tentara memukul saya dengan pistol dan wajah saya penuh dengan darah dan aku benar-benar sakral jadi aku berpura-pura mati . [ Aku mendengar ] orang-orang berteriak ' Bantu aku , bantu aku ' . "
Tengkoraknya retak dan ditikam , Mr Korwa adalah salah satu dari sedikit untuk melarikan diri . Dia tertatih-tatih pergi dan bersembunyi selama dua hari di sebuah gorong-gorong jalan .
UNSW antropolog Dr Eben Kirksey adalah sarjana muda Amerika kemudian melewati Biak .
" Seperti semua orang bernyanyi pasukan mulai menembak ke kerumunan dan pada mereka awal saat orang dipangkas , mulai jatuh - lain mulai berjalan, " katanya .
" Orang-orang yang selamat digiring ke pelabuhan dan ketika mereka ditempatkan di kapal-kapal mereka bisa melihat orang mati dan sekarat dari serangan awal sedang dimuat ke truk . "Wanita diperkosa , dimutilasi setelah melihat teman dipenggal
Awal tahun ini di University of Sydney , pengadilan warga negara mengambil bukti apa yang terjadi di Biak 15 tahun yang lalu .
Bersaksi untuk pertama kalinya , Tineke Rumakabu mengaku melihat temannya dipenggal . Dia sendiri disiksa mengerikan .
Mantan NSW mahkota jaksa Nicholas Cowdery adalah Counsel Membantu di pengadilan .
" Dia dibakar , dia dimutilasi - dipotong kelaminnya - diperkosa , diperlakukan dengan cara yang paling brutal dan merendahkan busana oleh polisi Indonesia , " katanya tentang Ms Rumakabu .
Mr Cowdery kata seorang jaksa penuntut khusus harus melakukan investigasi di Indonesia .
" Ada kesempatan bagi Indonesia untuk memberikan kompensasi kepada orang-orang . "Pengadilan menyerukan tindakan dan mengatakan Australia harus menuntut jawaban
Beberapa bulan kemudian Indonesia meluncurkan tindakan keras militer di Timor Timur - yang akhirnya gagal , meskipun kekejaman terbukti serupa terhadap warga sipil tak bersenjata .
Tapi sementara perhatian dunia tertuju pada Timor Timur , serangan Biak tidak pernah diselidiki .
Pengadilan kini telah meminta Indonesia untuk melakukan hal itu .
" Mutilasi spesifik dari perempuan adalah kebijakan teror tertentu . Sulit untuk percaya manusia bisa berperilaku seperti para prajurit , " kata Dowd .
" Kami ingin orang-orang yang bertanggung jawab harus dibawa ke pengadilan .
" Kami ingin penyelidikan , kami ingin penuntutan pidana , dan kami ingin orang-orang untuk membayar denda untuk apa yang mereka lakukan kepada orang-orang yang indah .
" Ada investigasi yang dapat dilakukan oleh badan peradilan yang independen di Indonesia .
Indonesia telah menolak untuk mengomentari pengadilan warga negara , yang juga telah meminta Australia mengambil tindakan.
" Pemerintah Australia memiliki kewajiban untuk orang-orang yang meninggal dan keluarga mereka untuk mengekspos apa yang terjadi untuk menghentikan hal itu terjadi lagi , " kata Dowd .

Sumber :  www.abc.net.au
Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar