News
Loading...

Bobii : Tentara Nasional Indonesia , Agen Anti -Peace utama di Papua

Setiap agama mengajarkan nilai-nilai kebaikan dan kebaikan dan memiliki ajaran yang dimaksudkan untuk menciptakan kebahagiaan dan kedamaian di bumi ini dan dalam kekekalan . Kita mendengar begitu banyak orang berbicara tentang pentingnya perdamaian , tetapi kenyataannya adalah bahwa hal itu tidak sesederhana itu untuk mewujudkan perdamaian dalam kehidupan kita sehari-hari . Di provinsi Papua Indonesia rasanya damai begitu jauh dari menjadi kenyataan bagi masyarakat adat yang tinggal di sana .

Akhir-akhir Panglima Militer Cenderawasih XVII di Papua Barat telah coining frase " Damai itu indah " namun pada saat yang sama Tentara Nasional Indonesia terus menjadi nomor satu pelakunya melakukan tindakan kekerasan dan kekejaman kemanusiaan terhadap orang asli Papua . Di balik topeng kata-kata manis Angkatan Bersenjata jelas bertindak sangat banyak terhadap penciptaan perdamaian di Papua .

 
Perdamaian dapat direalisasikan di tempat ketika setiap orang , setiap kelompok , setiap faksi , menghormati hak-hak orang lain , dan ini meluas ke bangsa dan suku . Dimana masing-masing mempunyai hak-hak mereka dan pada saat yang sama memenuhi kewajiban mereka terhadap orang lain . 

Namun tampaknya di Papua bahwa realisasi perdamaian adalah sesuatu yang sangat sulit dicapai , dengan akar penyebab yang menjadi kurangnya pengakuan hak-hak politik yang sangat dasar rakyat Papua oleh ketiga Indonesia , Amerika Serikat dan Amerika bangsa ( PBB ) .( PBB ) yang terlibat dalam keinginan Papua untuk Perdamaian , yang sangat terlibat dalam kekejaman nya ( Foto: domain publik )( PBB ) yang terlibat dalam keinginan Papua untuk Perdamaian , yang sangat terlibat dalam kekejaman nya ( Foto: domain publik )Dengan Amerika Serikat dan dukungan aktif PBB sepanjang seluruh proses aneksasi Papua ke Indonesia pada 1960-an , mereka memang berperan dalam tindakan kekerasan dan kekejaman terhadap orang asli Papua . Mereka mencapai tujuan mereka membuat Papua menjadi ' dapur dunia ' , membukanya dengan banyak perusahaan internasional yang telah stripping Papua sumber daya alam yang kaya sejak itu. Itu tidak berakhir pada aneksasi Papua , karena mereka terus ini berlangsung lebih dari 50 tahun untuk mendukung terus Indonesia di Papua yang pada gilirannya membuat pintu terbuka untuk eksploitasi tanah . Ada berbagai bentuk bantuan dan program bersama khususnya dalam keamanan dan pertahanan , yang tentu saja sangat penting untuk terus dominasi Indonesia atas Papua .

Tentara Nasional Indonesia memiliki dengan niat membuat Papua menjadi pusat konflik , tapi untuk apa? Dengan demikian mereka menciptakan situasi di mana masyarakat adat dapat lumpuh , dapat dimusnahkan dan dunia hanya terus tenang, dengan Indonesia mengatakan mereka berhadapan dengan konflik . Hasilnya? Papua tetap permanen bagian dari Indonesia dan sumber daya alamnya dapat dimanfaatkan dengan mudah oleh pihak internasional .

Jangan tertipu bahwa kemitraan yang terjadi antara Indonesia dan negara-negara lain di dunia dalam bidang keamanan dan pertahanan yang bertujuan membangun perdamaian dan melindungi orang-orang dari daerah seperti yang diklaim . Tidak ada yang bisa lebih jauh dari kebenaran ! Kenyataannya adalah mereka memiliki cukup tujuan yang berlawanan ! Tentara Nasional Indonesia adalah agen utama sengaja menciptakan kekerasan , perbudakan dan pencurian sumber daya alam , diskriminasi , marjinalisasi , ketidakadilan , teror , intimidasi dan kekejaman kemanusiaan terhadap masyarakat adat dari tanah Papua . Militer dan operasi sipil baik terbuka dan rahasia dimaksudkan untuk perlahan tapi pasti memusnahkan etnis Papua .

Berbagai bentuk kekerasan baik terlihat dan tersembunyi dan kekejaman kemanusiaan yang dilakukan oleh negara Indonesia terhadap penduduk asli Papua dimaksudkan untuk meredam aspirasi politik Papua untuk kemerdekaan dan pada saat yang sama memusnahkan orang-orang . Dalam menghadapi berlanjutnya kekerasan ini terhadap orang-orang mereka masyarakat adat Papua terus mengekspresikan penolakan mereka atas banyak pelanggaran hak asasi manusia dengan cara damai dan bermartabat , terutama dengan cara demonstrasi damai . Namun bahkan ruang sempit untuk suara menyerukan demokrasi telah diblokir oleh Angkatan Bersenjata dalam beberapa kali, terutama oleh tingkat Provinsi Kepolisian Negara Republik Indonesia . Polda dikenal karena praktek mereka mengambil keuntungan dari kesempatan ketika ada demonstrasi damai untuk menciptakan konflik dan untuk meneror , penyiksaan , membunuh, menangkap dan memenjarakan orang Papua yang berjuang secara damai untuk perubahan . Angkatan Bersenjata Indonesia yang terus-menerus memanipulasi kegiatan Perjuangan untuk menciptakan insiden kekerasan . Namun demikian orang Papua terus berjuang secara damai sesuai dengan keputusan mereka di 2000 2nd National Kongres Papua .

Dan di tengah-tengah semua ini , sekarang adalah Natal . Dimana semua pihak di Papua mendengar pesan dari ' kedatangan Raja Damai' . Sebuah pesan yang mengingatkan manusia bahwa Yesus Kristus datang untuk membawa damai di atas bumi ini . Sebuah pesan yang mulai memiliki arti sebenarnya hanya ketika seluruh masyarakat manusia membuat ruang untuk memungkinkan perdamaian di dalam hati mereka . Untuk itu mari kita semua mempersiapkan hati kita dengan kesederhanaan , kesetiaan , kejujuran dan cinta satu sama lain . Kita masing-masing dari kita diingatkan oleh pesan Natal .

Hal ini mahal berharap bahwa pesan Natal juga akan menyentuh hati dan memberikan kesadaran kepada orang-orang yang melakukan berbagai bentuk kekerasan terhadap penduduk asli Papua . Bahwa mungkin ada komitmen untuk mengakhiri segala bentuk penindasan terhadap penduduk asli Papua dan untuk masuk ke dalam dialog antara Jakarta dan Papua dengan fasilitator yang netral . 
 Untuk mencapai itu kami harus siap dan bersedia untuk merendahkan hati kita , untuk setia , jujur ​​dan bertindak dalam kasih . Hanya dengan cara itu kita bisa membawa perdamaian ke tanah Papua . Kita semua dipanggil untuk mengakhiri konflik laten di Papua dan untuk menciptakan perdamaian , tidak peduli siapa kita dan dimanapun kita berada.

Damai dan sukacita saat Natal untuk semua dan sepanjang 2014 !catatan kaki :

    
1 . Belanda sebelumnya telah mencoba untuk mempersiapkan Papua untuk menjadi bangsa mandiri sementara masih di bawah kendali mereka , dengan orang- persiapan mencapai puncaknya pada tanggal 1 Desember 1961. Namun kurang dari sebulan kemudian pada 19 Desember 1961 Indonesia oleh invasi politik dan militer ditandai oleh apa yang dikenal sebagai Trikora ( perintah tiga cabang yang menuntut pembongkaran dari " boneka " Negara Papua diciptakan oleh Belanda , pengibaran Merah Indonesia dan bendera putih atas Papua , dan persiapan untuk mobilisasi umum di Papua ) berhasil mencaplok Papua ke dalam Republik Indonesia.

Selpius Bobii adalah Ketua Umum Front PEPERA & adalah Tawanan Politik Papua Merdeka di Abepura Tahanan Negara Penjajah Indonesia , Jayapura , Papua , untuk Natal yang lain 


Sumber :  westpapuamedia.info
Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar