News
Loading...

Powes Parkop Mendedikasikan Hidupnya Untuk Papua Merdeka

Port Moresby, – Tadi malam (22/12), Gubernur Port Moresby PNG, Powes Parkop mengadakan makan malam di Holiday Inn untuk  menyampaikan penghargaan bagi semua  yang mengupayakan advokasi HAM untuk Papua Barat.

Sumber berita Post Courier yang dilangsir hari ini memberitakan bahwa acara ini juga digelar untuk memperingati Penghargaan John Rumbiak Human Rights Defenders  yang diterima Powes Parkop pada tanggal 27 November 2013 lalu.

Dalam acara yang mana Gubernur Powes menyampaikan dukungan tak tergoyahkan untuk kemerdekaan West Papua itu mendesak semua perwira Papua Niugini untuk “memecahkan keheningan” dan mengikutinya.

Acara ini dihadiri oleh Aktivis West Papua Merdeka, pejabat pemerintah PNG,  kepala bisnis dan anggota Komunitas Papua Barat yang tinggal di Port Moresby.
Gubernur Parkop mengatakan dalam pertemuan itu bahwa sebelum menjadi politisi nasional ia telah mengabdikan hidupnya untuk advokasi HAM di PNG dan wilayah Melanesia, dan bahwa sikap berani dalam mengadvokasi hak Papua Barat untuk menentukan nasib sendiri dan kemerdekaan dari Republik Indonesia adalah sesuatu yang harus dipenuhi.

Dia menyatakan bahwa dalam mencapai penghargaan, itu adalah harapan bahwa PNG dapat mematahkan siklus keheningan dan ketakutan yang telah memperlambat kesadaran kita selama 50 tahun terakhir dan keluar secara terbuka untuk mengadvokasi hak-hak rakyat Papua Barat untuk menentukan nasibnya sendiri.

Mr Parkop menunjukkan kebenciannya pada posisi PNG saat ini terhadap isu ini dan menyatakan bahwa PNG perlu mengambil peran yang lebih menonjol dalam masalah ini jika resolusi ditemukan segera.

“Posisi kami saat ini adalah salah satu yang tidak bermoral dan tidak bermartabat. Ini harus berakhir. Papua Bara, baik laki-laki, wanita dan anak-anak membutuhkan kita lebih dari sebelumnya untuk berdiri dan membela hak-hak mereka untuk menentukan nasib sendiri , ” kata Gubernur.

Penghargaan makan malam ini diorganisir dan dibuat oleh Free West Papua Campaign – untuk Chapter PNG sebagai pengakuan atas komitmen seumur hidup Parkop dan dedikasi untuk mengadvokasi hak Papua Barat untuk menentukan nasib sendiri dan kemerdekaan.

Sumber :  www.knpbnews.com
Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar