News
Loading...

Danny Kogoya Diduga Mati Karena Diracuni Indonesia

Danny Kogoya
Vanimo,  – Penyebab kematian pejuang Papua Merdeka, Danny Kogoya didalami para medis. Danny Kogoya dimungkinkan mati karena racun berupa zat kimia yang menyebabkan pembengkakan limpa. Dokter di Vanimo, PNG telah mengambil sampel darah dan potongan tubuh untuk investigasi di Port Moresby guna memastikan jenis racun .

Danny Kogoya menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Umum Vanimo. Menurut catatan medis, Danny meninggal karena sakit limpa (splenomegaly). Namun pihak dokter ahli atas desakan otoritas PNG menyatakan ada zat kimia yang menyebabkan pembengkakan limpa, sebab kalau hanya sakit limpa pasti Danny Kogoya sembuh dengan obat yang diberikan.

“Dokter katakan kemungkinan besar zat kimia itu adalah racun, dan mereka ada ambil darah dan potongan tubuh untuk bawa ke Port Moresby dan memastikan jenis racun itu, kata Lambert Siep koleganya kemarin (17/12).

Lambert Siep menduga Danny diracuni saat amputasi kakinya yang ditembak polisi Indonesia. “Waktu itu Kaka Danny diamputasi di RS. Bhayangkara dibawa pengawasan Polisi, dan keluarga pun dilarang masuk, jadi mungkin saja ada racun berjangka waktu lama yang ditaruh dalam tubuh Danny”, Kata Lambert.

Ia juga menyatakan ada infeksi pada bekas kaki yang diamputasi Dokter Indonesia secara tidak wajar. Victor Yeimo selaku ketua KNPB menyampaikan bahwa tanda-tanda Danny diracuni diketahui teman-teman tahanan di LP Abepura, bahkan Danny sendiri pernah katakan ada sesuatu yang tidak beres  dalam tubuhnya.

“Kami harap pihak dokter di PNG bisa mengungkap jenis racun, dan saat ini saya sampaikan pihak jurnalis internasional untuk mengabarkan penyebab kematian tersebut. Sebab kalau memang itu racun berjangka waktu tertentu yang ditaruh, berarti kejadian ini luar biasa, karena dimungkinkan kebanyakan orang Papua, khususmya pejuang Papua yang mati karena diracuni dengan jangka waktu tertentu sebagai upaya menghilangkan jejak pelaku kejahatan”, tutur Victor.

Mayat Danny Kogoya direncanakan tiba hari ini di kediaman rumahnya di Abe Gunung, Tanah Hitam untuk dimakamkan.

Sumber : www.knpbnews.com
Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar