News
Loading...

TPNPB-OPM Ancam Tembak Bupati Puncak Jaya

Pasukan Gen. Goliath Tabuni di Tingginambut. Foto: Ist.
Jayapura, -- Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat - Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) mengancam akan menembak bupati Puncak Jaya, Henok Ibo atas pernyataannya yang mengatakan 100 orang anggota Jendral Goliath Tabuni menyerahkan diri untuk bergabung dengan masyarakat lain dan menjadi warga Negara Indonesi.

Dikutip website resmi TPNPB-OPM, komnas-tpnpb.net dalam pernyataannya mengatakan apapun alasannya TPN-OPM tidak pernah menyerah. Jika pun dikabarkan 100 orang menyerahkan diri, Gen. Goliath Tabuni meminta harus disertai bukti nama secara jelas.

Menurut Gen. Goliath Tabuni, cara yang dipakai bupati Puncak Jaya, Henok Ibo merupakan cara kuno, karena hal serupa sempat digunakan Lukas Enembe ketika masih menjabat bupati di Puncak Jaya. 

"Ini cara kuno jika katakan demikian, karena Lukas Enembe sebelum menjabat sebagai Gubernur, pernah juga mengatakan seperti Henok Ibo katakan, tetapi kenyataannya mana? sangat disayangkan kalau ada yang mimpi anggota aktif Tentara Pemebebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) menyerah," tegas Goliath. 

Lanjut Goliath, "Henok Ibo rekrut Masyarakat jadi anggota Satpol PP jangan bilang anggota Goliath Tabuni. Karena tidak semua masayarakat di Puncak Jaya itu anggota TPNPB-OPM, ada masyarakat dan ada juga anggota TPNPB-OPM, sama seperti masyarakat Indonesia di Jawa, Sumatera Bali dll juga tidak semua TNI/POLRI ada masyarakat dan militer."

Dijelaskan, Informasi akan 100 anggota TPNPB-OPM menyerah tersebut sudah cek kebenarannya, namun, belum ada satu pun anggota yang menyerah sehingga atas pernyataan itu, TPNPB-OPM kembali mengancam akan membunuh orang nomor satu di Puncak Jaya ini.

"Informasi itu tidak benar saya sudah  chek semua tetapi tidak ada yang menyerah, anggota semua lengkap ada di Markas dan Pos masing-masing. Henok itu dia minta uang kepada pemerintah pusat dengan cara begitu, tipu-tipu anggota Goliath Menyerah itu, kalau kami kedapatan orang itu akan kami tembak, itu harus semua orang tau. Kami tidak akan menyerah kami tetap berjuang sampai Papua Merdeka itu prinsip kami," tegas salah satu anggota Gen. Goliath Tabuni.

380 Miliar Diberikan kepada Anggota TPNPB yang Menyerah
Dikabarkan dana 380 miliar yang digelontarkan pemerintah provinsi papua tersebut selain direkrut sebagai Satpol PP dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) mereka juga diwujudkan dalam berbagai program antara lain membangun perumahan yang layak dan memberikan pelatihan dalam berbagai keahlian. Dana itu tidak dikhususkan untuk ratusan eks OPM yang ada di Puncak Jaya, tapi untuk daerah konflik lainnya.

"Kalau ada daerah lain yang berhasil merangkul kelompok yang berseberangan, Pemprov juga akan mengulurkan dana ke daerah itu," kata gubernur Papua Lukas Enembe seperti ditulis vivanews.com.

Gubernur berharap, semua pihak tanpa terkecuali, menerima mereka kembali sebagai warga Indonesia dan melibatkannya dalam proses pembangunan. Sejumlah eks OPM yang turun gunung meminta untuk sekolah dan menjadi PNS. Sebagian dari mereka bahkan sudah ada yang jadi personel Satuan Polisi Pamong Praja di lingkungan Pemerintah Kabupaten. (M2/Ist/MS)

Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar