News
Loading...

Papua Barat , keterlibatan Australia dan perjuangan untuk kebebasan

Dukungan Australia untuk penindasan di Papua Barat didorong oleh kebijakan luar negeri , kata Tom Orsag
Permintaan untuk kemerdekaan di Papua Barat menjadi berita utama secara singkat pada bulan Oktober sebagai aktivis Papua Barat secara singkat menduduki konsulat Australia di Bali . Sementara itu, pemerintah Australia mendeportasi tujuh warga Papua Barat yang tiba di sini meminta suaka . Ini diikuti kedatangan " Kebebasan armada " di Papua Barat pada bulan September , menentang ancaman dari militer Indonesia untuk menyelesaikan perjalanan kilometer nya 5000 dari Australia .
Indonesia merebut Papua Barat dengan kekerasan pada tahun 1960 . Perjuangan yang sedang berlangsung rakyatnya untuk kemerdekaan patut kita dukung .
Tiga warga Papua Barat yang diduduki memiliki surat mendesak pemerintah Australia untuk meminta pembebasan 55 tahanan politik Papua Barat dari penjara Indonesia, termasuk Filep Karma , dipenjara selama 15 tahun karena mengibarkan bendera Papua Barat pada tahun 2004 . Indonesia telah membuat pengibaran bendera Bintang Kejora dari Papua Barat kemerdekaan tindak pidana .
Tony Abbott menolak protes di konsulat Australia sebagai " grand standing " dan menegaskan kembali dukungannya untuk " integritas teritorial " dari Indonesia dan kontrol atas Papua Barat .
Keterlibatan Abbott atas Papua Barat merupakan kelanjutan kotor dari kebijakan lama dipegang dari kedua Tenaga Kerja dan pemerintah Liberal . Diperkirakan militer Indonesia telah menewaskan 500.000 orang di Papua Barat sejak 1960-an . Dalam satu pembantaian di Biak pada tahun 1998 , 200 orang pertama ditembak mati dan kemudian tubuh mereka dibuang di laut . Seperti baru-baru 2011 gambar penyiksaan terhadap aktivis kemerdekaan muncul di media internasional .
Abbott menyatakan bahwa situasi di sana semakin " lebih baik, bukan lebih buruk " . Namun protes kemerdekaan terus ditekan secara brutal oleh militer , dengan penangkapan , pemukulan dan pembunuhan biasa . Dalam demonstrasi May membuat 50 tahun pendudukan Indonesia diserang oleh pihak berwenang , dengan tiga orang ditembak mati . Demonstrasi pada bulan Oktober yang lagi dipecah dengan paksa .
warisan kolonial
Posisi Papua Barat dalam Indonesia adalah produk dari Eropa kolonial mengukir up daerah . Papua Barat terdiri dari bagian barat pulau New Guinea , yang sebelumnya dikuasai oleh Belanda sebagai bagian dari Hindia Belanda . Tapi tidak seperti daerah lain di Indonesia penduduknya adalah etnis Melanesia , seperti bagian timur pulau , sebelumnya koloni Australia dan sekarang independen Papua Nugini .
Indonesia meraih kemerdekaannya pada bulan Desember 1949 , setelah perang nasional berhasil kemerdekaan melawan Belanda .
Belanda tetap menguasai Papua Barat sampai 1961 ketika Indonesia , mengklaim semua wilayah bekas koloni Belanda , meluncurkan sebuah invasi .
Mediasi PBB menyebabkan kesepakatan bahwa Indonesia akan melaksanakan referendum untuk menentukan status Papua Barat , akhirnya diadakan pada tahun 1969 . Hal ini memungkinkan Papua Barat untuk diintegrasikan ke Indonesia dan sinis disebut sebagai " Act of Choice" .
Pemungutan suara secara luas dianggap sebagai palsu . Hanya 1.025 pendukung dipilih sendiri dari pemerintahan Indonesia ikut ambil bagian . Pemungutan suara adalah dengan mengangkat tangan di hadapan militer Indonesia .
Indonesia menginginkan Papua Barat untuk sejumlah alasan : untuk memperluas wilayahnya memungkinkan lebih transmigrasi dari Jawa ramai , untuk memperketat cengkeramannya jalur laut berjalan melalui nusantara dan sumber daya alamnya .
Setelah mengambil alih , pemerintah Indonesia telah melakukan apa yang telah disebut " slow motion genosida " . Papua terdiri 96 persen dari populasi pada tahun 1971 . Tapi setelah migrasi yang disponsori pemerintah ratusan ribu orang Indonesia dari Jawa , University of Sydney akademik Jim Elsmlie memperkirakan bahwa Papua membuat hanya 50 persen dari populasi saat ini . Hal ini akan menurun lebih lanjut dari waktu ke waktu jika kebijakan terus .
keterlibatan Australia
Sampai tahun 1962, disukai Papua Barat pemerintah Australia yang tersisa di bawah kekuasaan Belanda , konsisten dengan kontrol kolonial sendiri Papua Nugini . Setelah tekanan dari pemerintah AS dan Inggris , bagaimanapun, Australia bergeser , tetap tegas terhadap kemerdekaan tapi sekarang mendukung penggabungan Papua Barat ke Indonesia . Menteri Luar Negeri Garfield Barwick menulis bahwa Papua Barat yang merdeka akan menjadi " berdiri provokasi " untuk Indonesia , dan hubungan yang kuat dengan Indonesia lebih penting daripada memungkinkan penentuan nasib sendiri.
Pada malam yang lucu " Act of Free Choice " dua aktivis Papua melintas di kemudian Australia yang dikendalikan Papua Nugini , membawa kesaksian dari para pemimpin Papua Barat menyerukan kemerdekaan . Pihak berwenang Australia mencegah mereka dari bepergian ke PBB , menahan mereka di Pulau Manus , lokasi pusat penahanan pengungsi ini .
Kebijakan pemerintah Australia telah didorong oleh tekad untuk menempatkan kepentingan ekonomi dan strategis di atas segalanya . Ini berarti sebuah ketidaktertarikan kaku dalam hak asasi manusia dan kehidupan orang Papua Barat .
Perdagangan dua arah antara Australia dan Indonesia tumbuh dari $ 8500000000 2005 menjadi $ 14600000000 pada tahun 2012 .
Investasi Langsung Australia di sana mencapai $ 5400000000 pada tahun 2011 . Ini termasuk saham 15 persen Rio Tinto di tambang Grasberg Freeport di Papua Barat.
Kepentingan geo - politik dan strategis Indonesia untuk kelas penguasa Australia bahkan lebih besar .
Indonesia melintasi jalur laut antara Samudra Hindia dan Pasifik . Pengiriman dunia , perdagangan dan angkatan laut , melewati Malaka dan Selat Sunda .
Pada akhir 1990-an , Peter Hartcher menulis di Financial Review bahwa , " Empat puluh persen dari seluruh pengiriman dunia melewati kepulauan [ dari Indonesia ] ... Sebuah keenam dari seluruh perdagangan Australia melewati selat tersebut di Indonesia. "
Baik Amerika Serikat , sebagai negara adidaya militer satu-satunya di dunia , dan Australia , sebagai kekuatan militer regional, melihat minat dalam menjaga pulau-pulau di kepulauan Indonesia di bawah kontrol ketat dari pendirian politik dan militer di Jakarta . Hal ini memastikan maksimum " stabilitas " baik untuk kepentingan ekonomi dan geopolitik di wilayah tersebut .
Setiap ancaman terhadap kesatuan - negara seperti gerakan separatis di Papua Barat atau Aceh - dianggap sebagai ancaman terhadap ini " stabilitas " Indonesia . Mereka khawatir suatu Papua Barat yang merdeka akan menjadi mikro - negara terbuka untuk " pengaruh luar " dari kekuatan dunia lainnya . Ini adalah sesuatu yang penguasa Australia bertekad untuk menghindari begitu dekat dengan rumah .
Oleh karena mereka telah melakukan segala sesuatu yang mereka bisa untuk mendukung kontrol Indonesia atas kepulauan tersebut , dan menentang gerakan kemerdekaan .
Keterlibatan ini telah diperluas untuk mengarahkan dukungan militer untuk represi yang dilakukan oleh militer Indonesia .
Ada laporan di tahun lalu bahwa Detasemen 88 , unit tentara Indonesia yang telah menerima pelatihan ekstensif dari Kepolisian Federal Australia , yang terlibat dalam penyiksaan dan pembunuhan di luar hukum di Papua Barat.Australia telah lama terlibat dalam penindasan di Indonesia dari Papua Barat
Helikopter militer yang disediakan Australia yang digunakan pada tahun 1970 untuk melaksanakan penembakan sembarangan dan bom napalm , menurut sebuah laporan yang dirilis bulan lalu oleh Asian Human Rights Commission .
Pada bulan November 2006, Pemerintah Howard menandatangani perjanjian keamanan baru dengan Jakarta . Sebagai Melbourne Age melaporkan pada saat itu , " Pada inti dari perjanjian adalah komitmen dari Australia pernah lagi untuk campur tangan dalam urusan internal Indonesia atau merusak integritas teritorialnya . " Ini termasuk dukungan untuk bergerak menuju kemerdekaan Papua Barat .
Perjanjian itu juga membuat lebih sulit bagi orang Papua Barat yang mencari suaka politik untuk menetap di Australia .
Pemberian suaka kepada 43 orang Papua Barat yang tiba di Australia pada Februari 2006 membuat marah pemerintah Indonesia . Dengan termasuk referensi untuk pencari suaka di perjanjian baru , pemerintah Howard berharap untuk membuat kasus 43 yang terakhir dari jenisnya .
Perjanjian 2006 diformalkan link baru antara SAS Australia dan Indonesia, Pasukan Khusus Kopassus - . The SAS sebelumnya telah membantu melatih Kopassus , hanya untuk melihat mereka digunakan untuk meneror Timor Timur di menjelang kemerdekaan mereka pada tahun 1999 .
Tony Abbott mengatakan ia akan " melakukan segala sesuatu yang kita mungkin bisa untuk mencegah dan mencegah " Papua Barat membantu gerakan kemerdekaan dari dalam Australia . Kami harus memastikan dia gagal .
Tombak mematikan 'pembangunan' : tambang Grasberg Freeport
Dua tahun sebelum keputusan resmi tentang masa depan Papua Barat , diktator Indonesia Jenderal Suharto menandatangani kontrak dengan perusahaan pertambangan AS Freeport untuk membangun tambang di Ertsberg , di atas tanah deposit tembaga terbesar yang pernah ditemukan . Kemudian Freeport mendirikan tambang lain di Grasberg , saat ini tambang emas terbesar di dunia dan tambang tembaga ketiga terbesar , dengan cadangan senilai sekitar $ 50 miliar. Tambang ini tetap menjadi pembayar pajak terbesar bagi pemerintah Indonesia .
Seperti semua tambang tembaga menghasilkan sejumlah besar limbah . Hal ini hanya dibuang , sangat berdampak hutan hujan di dekatnya. Sungai setempat sekarang tidak cocok untuk kehidupan akuatik .
Pada tahun 2006 , paket membayar ketua Freeport James Moffatt adalah senilai $ US47 juta dan CEO Richard Adkerson membuat $ US36.1 juta .
Moffatt percaya perusahaan membawa peradaban bagi rakyat Papua Barat. Pada tahun 1995 , ia mengatakan kepada majalah The Nation , " Kami menyodorkan tombak pembangunan ekonomi ke jantung Irian Jaya ... Ini bukan pekerjaan untuk kita , itu adalah agama . "
Tambang ini terletak di bagian atas 4700 meter yang pegunungan tinggi , perusahaan yang telah ditebang oleh 1200 meter . Akibatnya tanah longsor yang umum .
Pada tahun 2003 , Freeport terpaksa mengakui bahwa ia dibayar militer Indonesia untuk melecehkan pemilik tanah lokal Papua .
The New York Times melaporkan bahwa catatan perusahaan menunjukkan jumlah total yang dibayarkan antara tahun 1998 dan 2004 hampir $ US20 juta . Selama pemogokan tiga bulan dari September 2011, polisi Indonesia mengaku mereka dibayar " uang saku " oleh Freeport . Mereka telah menembak dan menewaskan lima penambang .
Satu " penting " anggota dewan Freeport adalah Henry Kissinger , mantan Menlu AS dan penjahat perang . Sebagai Presiden Nixon penasehat keamanan nasional , pada bulan Juli 1969 , ia menulis , " Anda harus memberitahu [ Soeharto ] bahwa kita memahami masalah yang mereka hadapi di Irian Barat. "
Sebagai Menteri Luar Negeri ia setuju untuk invasi Indonesia ke Timor Timur pada bulan Desember 1975 . Dia adalah pelobi utama perusahaan untuk berurusan dengan Indonesia hingga tahun 1995 .

Terjemahan  http://translate.google.co.id

Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar