News
Loading...

KAPOLDA PAPUA YETJE MANDE : 'KAMI BAKAR RUMAH WARGA SIPIL DI TEMBAGAPURA

PEmbakaran rumah warga sipil papua oleh militer indonesia

foto kekerasan militer di Tembagapura PApua
Timika West PApua - Saya perintahkan untuk membakar gubuk dan honai milik warga sipil di Utokini TEmbagapura , karena markas dari  Tentara Pembebasan NAsional Papua BArat (TPNPB/OPM)”, ujar Kapolda Papua, Brigadir Jenderal Polisi  Yotje Mende, di sela-sela  konferensi pers di ruangan Rupatama Polda Papua, Rabu (7/1/2013).

Puluhan gubuk dan honai di kampung Utikini sekitar area pertambangan PT Freeport Indonesia  di bakar oleh aparat gabungan TNI/POLRI saat melakukan pengejaran pelaku   pembunuhan terhadapt dua anggota brimob dan satu orang security PT Freeport pada, Kamis (1/1/2015) lalu. 

Saat pembakaran ini, kepolisian Polda papua juga menagkap 116 orang yang berada di dalam honai dan gubuk  . Dari 116 orang, 48 diantaranya adalah perempuan dan tiga anak. 100-an orang ini ditangkap di sekitar Kampung Utikini atau sekitar Kali Kabur, daerah sekitar PT Freeport Indonesia.


Dalam pengejaran ini, 1.576 personil di terjunkan oleh Polda Papua, dengan kekuatan yang besar ini, aparat yakin bisa mengejar mereka sampai dapat. Selain 1576 personil, Polda Papua juga menyiagakan dua helikopter milik TNI dan Mabes. (sck)
Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment