News
Loading...

FERBUARI 2015, ULMWP AKAN AJUKAN APLIKASI KE MSG

Para pemimpin West Papua saat menandatangani Deklarasi Saralana. Foto: Ist

Para pemimpin West Papua saat menandatangani Deklarasi Saralana. Foto: Ist

Para pemimpin West Papua saat menandatangani Deklarasi Saralana. Foto: Ist
Jayapura, MAJALAH SELANGKAH -- Juru Bicara  Internasional Unitied Liberation Movement for West Papua (ULMWP) atau Persatuan Pergerakan Pembebasan untuk Papua Barat, Benny Wenda mengatakan, pihaknya akan mengajukan permohonan untuk bergabung dengan Melanesian Spearhead Group (MSG) pada bulan Februari 2015 mendatang. 

Benny Wenda mengatakan, setelah tawaran terbaru diajukan, kampanye besar-besaran akan diluncurkan untuk mencoba mendapatkan pengakuan Papua Barat.

"Kami sangat senang dan saya benar-benar percaya diri. Orang-orang kami kembali ke rumah dan sudah mendukung. Itu sebabnya, saya berharap bahwa ini juga benar-benar positif bagi perjuangan kami dan saya berharap saudara-saudara kita di Melanesia dan di Pasifik akan berdoa untuk ini,"  tutur Benny Wenda dikutip radionz.co.nz, 19 Januari 2015. 

Diketahui, ini adalah rekomendasi Simposium di Saralana, Port Villa, Vanuatu, 30 November 6 Desember 2014 lalu. 

Simposium di Saralana digelar sesuai keputusan yang dibuat oleh MSG di Papua New Guinea (PNG) pada Juni 2014 lalu. MSG meminta pemimpin organisasi perjuangan kemerdekaan Papua Barat harus lebih dahulu bersatu. 

Kini, tiga faksi besar perjuangan Papua Barat, Negara Republik Federal West Papua (NRFPB), West Papua Natioanal Coalition For West Papua (WPNCL), West Papua Natioanal Parliament (WPNP/New Guinea Raad) telah bersatu di Saralana dan melahirkan ULMWP. (Baca: Ini Naskah Deklarasi Persatuan West Papua di Vanuatu).

Setelah bersatu, mereka telah menyatakan untuk mengajukan kembali aplikasi ke MSG melalui badan baru ini, ULMWP. (Yermias Degei/MS)


Sumber : www.majalahselangkah.com
Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment