News
Loading...

MRP Siap Membuat Draft Regulasi Noken

MRP Bersama Titus Pekey Saat Menggelar Jumpa Pers - Jubi/Aprila
MRP Bersama Titus Pekey Saat Menggelar Jumpa Pers – Jubi/Aprila

Jayapura, Jubi – Jakobus Dumupa, anggota Pokja Adat Majelis Rakyat Papua (MRP) mengatakan dirinya bersama Pokja Adat siap membuat draft regulasi Noken.

“Tugas kita dan pemerintah lebih khusus, membuat kebijakan yang berkaitan dengan Noken,” kata Jakobus Dumupa kepada wartawan di Kotaraja, Jayapura, Papua, Kamis (4/12).

Menurutnya, bagaimana Noken bisa terus diproduksi dan memberikan manfaat bagi banyak pihak itu harus menjadi perhatian semua pihak. Noken telah Diakui sebagai warisan budaya di dunia oleh UNESCO. Dan bagi Dumupa, Orang Papua harus bangga bahwa benda ini dihargai di dunia padahal disisi lain, Orang Papua saja tidak diakui.

“Sebagai sebuah simbol Orang Papua, ke depan, semua pihak harus memikirkan hal ini secara baik. Harus diambil kebijakan tertentu untuk memproteksi Noken itu sendiri dan Noken harus bisa jadi barang berharga bagi Orang Papua dan Orang Indonesia,” tutur Dumupa.

Dengan diangkatnya Noken menjadi warisan budaya dunia, lanjut Dumupa, apa yang harus dibuat ke depan harus didiskusikan bersama oleh semua komponen. Pemerintah diharapkan bisa menyususun perda atau perdasus untuk menentukan hari Noken dapat diperingati secara resmi di seluruh Papua.
“Kami dari Pokja Adat MRP siap menggodok draft regulasi terkait Noken,” tegas Dumupa.

Di tempat yang sama, Titus Pekey, penggagas Noken sebagai warisan dunia yang diakui UNESCO mengucapkan terima kasih kepada media yang selama ini telah membantu pihaknya membuat noken semakin terkenal.

“Sesuatu belum dikenal menjadi dikenal karena media. Terima kasih untuk kerja teman-teman media,” kata Titus Pekey.

Lanjutnya, Noken adalah atribut yang dimiliki anak adat, anak budaya di Tanah Papua.  Anak adat tidak bisa dipisahkan dari atribut dirinya yaitu adat.
“Selamat merayakan Hari Ulang Tahun Noken yang ke-2 untuk semua masyarakat adat di Tanah Papua. Terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah menyampaikan atau menginstruksikan untuk menggunakan noken pada hari ini,” kata Pekey. (Aprila Wayar)

Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment