News
Loading...

Mahasiswa Papua: Klaim Bung Karno Papua Bagian Dari Indonesia Ilegal


Mahasiswa Papua demonstarasi di Jogja


Mahasiswa Papua demonstarasi di Jogja
JATENG, SACOM - Puluhan tahun lalu Bung Karno menggelar Operasi militer di bumi Papua Barat. Kini mahasiswa Papua anggap langkah Proklamator RI itu ilegal. 

Itu disuarakan mereka, tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Papua (AMP), dalam demo damai yang digelar di Jogjakarta (19/12). 

“Mengutuk Tindakan Klaim Wilayah West Papua oleh Ir. Soekarno (Indonesia) Pada 19 Desember 1961 secara illegal,” demikian teriak orator dihadapan ratusan pendemo. 

Massa Mahasiswa Papua melakukan long march mulai Pukul 10:00 Waktu Yogyakata, berangkat dari Jalan Malioboro lalu bergerak ke jalan Kesumanegara-Wates. 

Aparat keamanan menganggap serius demonstrasi ini. Buktinya ratusan polisi berjaga-jaga mengawal aksi demo tersebut. 

Tampak pendemo membagi-bagikan selebaran yang berisi ilegalnya Indonesia di bumi Papua. Warga antusias dengan demonstrasi tersebut, apalagi para demonstran mengenakan baju adat dan  mengibarkan Bendera Bintang Kejora.

Semakin menarik perhatian, karena para pelajar yang berasal dari tanah Papua itu menggelar pesta adat, berteriak kepada leluhur alam yang dibawa oleh Indonesia dan ditanam di Yogyakarta. Baca berita terkait:Mengapa Papua Ingin Merdeka?   

(Jekson Ikomou)

Sumber : www.suaraagraria.com/
Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment