News
Loading...

MASALAH PAPUA JANGAN DIKOMENTARI SEMBARANG ORANG

Plt Sekda Papua Elia Loupatty (Jubi/Levi)
Jayapura (6/3)—Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, Elia Loupatty menilai, permasalahan yang terjadi di Papua tak boleh dikomentari sembarang orang. Hal itu untuk menghindari munculnya permasalahan baru.

Hal itu disampaikan Elia Loupatty pada saat melakukan pertemuan tertutup dengan rombongan Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas), di Kantor Gubernur Papua-Jayapura, Rabu (6/3).

Dia menjelaskan, kedatangan Lemhanas ke Pemerintah Provinsi Papua adalah untuk memotret dari dekat kondisi Papua belakangan ini. Selain bertemu Pemda, rombongan Lemhanas juga sudah bertemu dengan beberapa pihak.

“Lemhanas merupakan lembaga pengkaji tingkat nasional, dan pada pertemuan tadi saya menjelaskan beberapa hal mengenai posisi Papua pada hari ini dan mereka juga merasa mendapat informasi yang cukup baik. Karena saya menyatakan, masalah di papua jangan dikomentari sembarang orang, jadi teman-teman yang kurang paham kedalamanan kondisi wilayah Papua saya berharap harus hati-hati, bukan melarang tetapi harus hati-hati sehingga penjelasan atau komentar merupakan bagian dari pada penyelesaiaan masalah, jangan komentar-komentar untuk menambah masalah,” jelasnya.

Saat ditanya masukan apa yang diberikan pemerintah kepada Lemhanas, kata Elia Loupatty, dirinya menyampaikan kepada mereka, harus memahami konteks kebudayaan Papua. “Kalau memahami kondisi sosial budaya Papua, maka hal-hal yang harus kita tangani tidak keliru. Kalau itu kurang dipahami hati-hati dengan segala hal yang dilakukan, sebab jangan sampai maksud baik, tapi bukan itu yang diperlukan,” tegasnya.

Menyinggung soal apakah selama ini ada pemberitaan negatif tentang Papua, ujar Sekda, tidak sejelek itu yang disampaikan atau informasi yang mereka peroleh. “Oleh karena itu, saya bilang bapak harus bertanya kepada orang yang tepat supaya penjelasannya valid dan dapat dipertanggungjawabkan. Sebenarnya bukan soal dapat dipertanggungjawabkan, tetapi kenyataannya seperti itu,” ujarnya. (Jubi/Alex)
Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment