News
Loading...

Kemerdekaan bagi Papua Goal Futile

Peta West Papua bersama Bendera Negara West Papua
Kepulauan terbesar di dunia - tempat yang besar lebih dari 17.500 pulau - adalah di antara tempat di dunia yang paling fractious. Ini adalah banyak pulau yang membentuk Indonesia, saat ini pembangkit tenaga listrik resesi-bukti Asia Tenggara, di mana tumbuh kelas menengah yang memacu pertumbuhan ekonomi yang pesat, tidak seperti di Barat, tidak sebagian besar didasarkan pada utang.

Selama lebih dari tiga dekade, negara itu diperintah oleh diktator Suharto, yang digulingkan di tengah bergolak bencana ekonomi pada tahun 1998 yang saya saksikan langsung ketika massa bayed dan tank berpatroli di jalanan Jakarta. Di antara tindakan pertama penggantinya, lalu-wakil presidennya BJ Habibie, sekarang penduduk Jerman, yang dilakukan adalah untuk mengizinkan Timor Timur, dimana Indonesia di tahun 1975, sebuah referendum kemerdekaan di mana ia memberikan suara bulat untuk membebaskan diri. Hal ini sekarang resmi dikenal sebagai Republik Demokratik Timor-Leste, dan juga terkenal karena menjadi salah satu negara terkecil di dunia dan termiskin.

Berturut-turut pemerintah Indonesia bergulat dengan pemberontakan berdarah di bagian utara dari negara, Aceh, di provinsi Sumatera Utara, tempat yang secara tradisional Muslim di mana Gerakan Aceh Merdeka telah selama beberapa dekade telah berusaha untuk membuat negara mereka sendiri. Tsunami Asia 2004 yang rata provinsi dan menewaskan sedikitnya 130.000 orang di sana memberi mereka keinginan mereka, setidaknya sebagian. Aceh sekarang menjadi wilayah otonomi khusus Indonesia, diperintah oleh hukum Islam dan headline mendapatkan untuk praktek-praktek seperti memberlakukan undang-undang untuk pezinah batu sampai mati.

Di tempat lain di negara raksasa dari 204 juta orang, Republik Maluku Selatan telah berusaha untuk membangun dirinya sebagai entitas yang terpisah sejak tahun 1950, namun telah memperoleh traksi sedikit. Namun, lanjut ke Timur, di pulau bahwa Indonesia saham dengan Papua New Guinea, pemberontakan yang lebih kuat telah menyeduh sejak itu dianeksasi pada tahun 1969 setelah pemungutan suara Bangsa-diamati Serikat dikenal sebagai Pepera - dasarnya menunjukkan tangan di antara sekelompok ulung dan sebelum militer - yang sejak itu telah secara luas dianggap sebagai tipuan.

Jakarta mempertahankan kehadiran militer yang kuat di provinsi ini suku-suku primitif, banyak dari kaum laki-laki yang mengenakan apa-apa selain labu, atau selubung penis, dan sebagian besar off-batas bagi orang asing, terutama mencongkel wartawan, seperti yang telah lama terjadi di Aceh berperang . Militer berdiri dituduh melakukan pelanggaran di Papua, beberapa di antaranya telah mengakui, seperti dalam kasus insiden tahun 2010 di mana tentara menyiksa warga Papua, video yang diupload ke internet, sehingga mustahil bagi militer untuk membantah . Para anggota separatis Papua Gratis Gerakan secara rutin dipenjara karena pengkhianatan, seperti siapa saja yang berani untuk menaikkan bendera Bintang Kejora.

Pemerintah Indonesia melindungi Papua karena alasan lain: itu adalah di mana tambang emas terbesar di dunia berada, tambang Grasberg dioperasikan oleh perusahaan Amerika Freeport-McRoRan, generator miliar dolar tahunan pendapatan bagi kas negara. Meskipun kekayaan besar yang dihasilkan oleh tambang, dan juga pertambangan tembaga di Grasberg, Papua desa berpendapat bahwa mereka sebagian besar miskin dan memiliki infrastruktur yang kurang di daerah terpencil dan hutan yang tertutup sebagai aliran dana ke Jakarta, bahwa sumber daya alam mereka diperkosa untuk memberi makan pemerintah pusat.

Baru-baru ini tokoh baru dalam perjuangan kemerdekaan Papua telah muncul, dalam bentuk Benny Wenda, yang dipenjara dan kemudian berhasil melarikan diri ke Inggris, di mana dia tinggal di pengasingan. Dalam sebulan terakhir, Wenda telah pada tur Pasifik, meningkatkan kesadaran tentang penderitaan umat-Nya dan menyerukan pemungutan suara kemerdekaan.

Haruskah orang di seluruh dunia yang mendukung Timor Timur menyebabkan sekarang bergabung dengan perjuangan Papua? Penyebabnya telah mendapatkan perhatian, terutama dari aktivis Noam Chomsky Amerika dan Uskup Agung Desmond Tutu dari Afrika Selatan, pemenang Nobel Perdamaian.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, mantan panglima militer, akan datang ke akhir masa jabatannya, dengan pemilihan presiden yang dijadwalkan pertengahan tahun depan, ia tidak memenuhi syarat untuk menjalankan lagi karena dia berada di masa jabatannya yang kedua dan terakhir. Tapi itu adalah taruhan yang aman bahwa siapa pun keuntungan kekuasaan tidak akan melepaskan kendali atas bagian yang sangat menguntungkan dari negara yang Papua, tentu tidak semudah itu membiarkan Timor Timur menyelinap pergi.

Papua memiliki populasi kecil hanya 2,1 juta, Timor Leste hanya memiliki 1,1 juta. Aceh, sebaliknya, adalah rumah bagi hampir 4,5 juta - angka yang berkelanjutan untuk mendukung kebutuhan dan kerja sebuah negara kecil. Apakah mereka di Papua yang mencari kenegaraan benar-benar berpikir mereka bisa pergi sendiri? Seperti Aceh, tampaknya bahwa dialog dengan Jakarta di mana istilah otonomi khusus yang bekerja keluar adalah solusi yang lebih bisa diterapkan, bagi semua pihak.

Oleh: Amoye Bidabi

Sumber :  http://radiosuaradogiyaifm.blogspot.com/2013/03/kemerdekaan-bagi-papua-goal-futile.html
Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment