News
Loading...

GURU URUS PEMEKARAN, MURID TERLANTAR DAN TIDAK BELAJAR

BEM FH Uncen dan KPMY Saat Memberi
Keterangan Pers Senin siang (Jubi/Timo)
Jayapura, 25/3 Di daerah pedalaman Papua, pelayanan pendidikan sangat memprihatinkan. Guru tidak betah di tempat tugas. Ironinya mereka tinggal setahun di kota sementara anak didik terlantar dan tidak bisa membaca.

Disebutkan, akhir tahun kemarin, menurut sejumlah mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Cenderawasih (FH Uncen), pendidikan masih sangat parah di Distrik Angguruk dan Distrik Heriapini, Kabupaten Yahukimo.

“Pengajar di kampung itu tidak ada di tempat karena sedang berada di kota selama hampir satu tahun.  Mirisnya, tenaga pengajarnya hanya  tamatan SMP dan SMA, serta  guru sukarelawan lainnya,” kata Ketua BEM FH Uncen, Amsal Sama kepada wartawan di Abepura, Kota Jayapura, Senin (25/3) siang.

Selain itu, lanjut dia, sejumlah guru juga sibuk mengurusi pemekaran dan mengurusi birokrat di pemerintahan sehingga sekolah kosong. Sejumlah siswa di daerah itu masih duduk di lantai saat mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) akibat minimnya sarana penunjang pendidikan.

Karena itu, pihaknya meminta Pemda Kabupaten Yahukimo untuk serius menangani masalah pendidikan yang dinilai sangat parah ini.

Dalam amanat undang-undang Otonomi Khusus (Otsus) nomor 21 tahun 2001, pasal 56 tentang Pendidikan, disebutkan, pemerintah Provinsi bertanggungjawab terhadap Penyelenggaraan Pendidikan pada semua jenjang jalur, dan jenis pendidikan di provinsi Papua. Setiap penduduk di provinsi Papua berhak mendapatkan pendidikan yang bermutu.

Di sisi lain, pihak Amsal mengapresiasi kebijakan Bupati Yahukimo, Ones Pahabol  yang menyekolahkan anak-anak Yahukimo di Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia, hingga pendidikan pilot dan dokter.

Namun, mereka meminta bupati untuk memperhatikan situasi pendidikan hingga ke pelosok kampung.

Anes Salak, anggota Komunitas Pelajar dan Mahasiswa Yahukimo (KPMY) Jayapura menilai, selama hampir sebelas tahun kabupaten ini berdiri, masih banyak sektor yang harus dibenahi.

“Yahukimo sudah sebelas tahun. Dari semua sisi tidak sesuai dengan harapan masyarakat,” kata Anes Salak. (Jubi/Timoteus Marten)

Sumber :  http://tabloidjubi.com/2013/03/25/guru-urus-pemekaran-murid-terlantar-dan-tidak-belajar/
Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment