News
Loading...

ORANG ASLI PAPUA ALERGI DENGAN IDENTITASNYA?

Festival Budaya Lembah
Baliem (Jubi/Levi)
Jayapura, 27/2—Indentitas Orang Papua itu berkulit hitam, berambut keriting , kebiasaan hidup yang khas dan bahasa sarana  komunikasi yang berbeda dari satu wilayah ke wilayah lain itu kekayaan budaya manusia Papua.

Namun, warisan identitas orang Papua kini mulai terkikis akibat kekuatan budaya politik dan ekonomi. Kekuatan politik dan ekonomi telah merubah pola pikir orang Papua. Orang Papua melihat budaya luar lebih manusiawi daripada budayanya sendiri.

“Mau memberi nama dan gunakan nama adat saja lupa, bahkan alergi. Kalau ini saja tidak, apa lagi yang lain? Sangat tidak mungkin kita pastikan orang Papua peduli,” kata Yulianus Hisage, Budayawan Huwula, kepada tabloidjubi.com, Selasa (27/2) di Jayapura.

Kalau identitas dirinya lupa, Menurut Hisage, masa depan orang Papua yang tahu diri dan budaya sangat tidak bisa diharapkan. Banyak orang Papua yang akan hidup tanpa pondasi atau landasan hidup. “ Ini fakta terkini yang menjadi gambaran besok. Kita keluar dari norma yang ditentukan nenek moyang. Ke depan masuk surga dan neraka. Adat dinilai kuno. Entah kuno atau modern, adat itu pondasi membangun diri.”

Semua orang Papua mesti sadar, menurut Yulianus, kalau menyoal Papua tidak lain dari menyoal identitas. Karena itu, indentitas yang mulai terkikis akibat kepentingan penguasa negeri ini pelu kita pertahankan.

“Bicara Papua sama dengan bicara pengembalian jati diri. Siapa saya sesungguhnya kita?” tanya Hisage, yang juga sekretaris Dewan Adat Papua (DAP), wilayah Lapago ini.
Salah satu upaya agar orang Papua peduli pada jati diri yang terkikis, menurut Hisage, adalah dengan melakukan pendidikan adat.  Ini yang dirancang oleh DAP Balim. Di sekolah  adat ini, menurut Hisage, semua orang Papua Balim wajib mengikuti pendidikan adat. “Siapapun datang belajar. Anak-anak sampai pendidik setinggi langit pun wajib karena semua gagal membangun Papua ini,” katanya. (Jubi/Mawel)
Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment