News
Loading...

Dua Masalah Organisasi Pendidikan di Papua

Ausilius Youw. Foto:Tabloidjubi.com
Timika,-- Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan unsur yang sangat penting dalam keberhasilan pencapaian visi, menjalankan misi, dan pencapaian tujuan organisasi pendidikan. SDM  sebagai pelaksana kunci dari konsep, sistem, dan tujuan pendidikan yang ingin dicapai.
 
Demikian dikatakan Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Timika, Ausilius You kepada majalahselangkah.com, Kamis, (21/1). 

Kata dia, organisasi pendidikan diperhadapkan pada dua masalah utama dalam menjalankan fungsi-fungsi manajemen SDM untuk mencapai visi dan misi pendidikan di Papua. 

Pertama, menurut dia, organisasi pendidikan harus mampu mencapai tujuan pendidikan sesuai visi dan misi secara efektif. Dalam kaitan ini, sistem penyelenggaraan pendidikan dengan pola asrama Sentra Pendidikan harus dijalankan dengan efektif melalui mekanisme sistem yang efektif pula. Fungsi-fungsi manajemen sumber daya manusia diarahkan fokus pada pencapaian sasaran yang ditetapkan. 

Kedua, kata dia, bagaimana tujuan pendidikan melalui sentra pendidikan ini dapat dijalankan dengan efektif. Berdasarakan visi, misi, dan tujuan pendidikan yang jelas maka dapat dirancang suatu kurikulum yang sesuai. Dalam hal ini kurikulum merupakan kendaraan untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.

Selayaknya, Pemerintah Papua pada umumnya perlu pahami bahwa tujuan pendidikan yang telah ditetapkan secara otomatis dapat tercapai jika  didukung dengan ketersediaan SDM yang kompeten dan dijalankan dengan profesionalisme dan komitmen yang tinggi, harapnya. 

Karena, jelas dia, dengan profesionalisme dan komitmen yang tinggi akan terwujud SDM. Selanjudnya,  apabila pemerintah terapkan melalui konsep Sentra Pendidikan secara efektif dan efisien pasti SDM yang memadai akan tercipta. 

Ia menjelaskan, dalam pembinaan sentra pendidikan akan  lebih nampak SDM yang dibutuhkan di kabupaten kota apabila pemerintah menempatkan pendidikan pada tepat sasaran. Dalam penyelenggaraan Sentra Pendidikan siswa semakin terpupuk masalah karakter, daya pikir, sikap, dan tingka laku  akan terbimbing dengan baik.  

Seluruh proses manajemen dalam suatu organisasi Sentra Pendidikan akademik maupun kegiatan nonakademik. Ketersediaan SDM  yang kompeten akan menjamin berjalannya roda pemerintahan dengan baik pula,kata dia. (Yulius Pekei/MS).

Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment