News
Loading...

16 Warga Jadi Korban Kekerasan Awal Tahun di Papua

Jayapura – Siklus kekerasan di Papua awal tahun 2013 terus meningkat. Selama dua bulan saja berturut turut, telah ditemukan 16 warga menjadi korban perilaku sadis orang tak dikenal.
“Ada juga pelaku dari sipil dan dari TNI/Polri. Motif umumnya politik,” kata Matius Murib, Pembela HAM dan Direktur Baptis Voice Papua, Kamis.

Ia mengatakan, kasus terakhir menimpa tujuh warga yang disiksa oknum polisi di Depapre, Kabupaten Jayapura 15 Februari 2013.
Mereka dianiaya dalam sebuah interogasi. Tujuh korban tersebut diantaranya Daniel Gobay (30), Arsel Kobak (23 tahun), Eneko Pahabol (23), Yosafat Satto (41 tahun), Salim Yaru (35 tahun) dan Matan Klembiap (40 tahun).

Dari keterangan saksi, peristiwa itu bermula dari penangkapan terhadap warga yang dilakukan aparat kepolisian menggunakan mobil berwarna silver, tanpa seragam dan membawa senjata.
Aparat juga menghentikan dua mobil lainnya yang sedang melintas di Depapre. Satu mobil di jalanan menuju Polsek Depapre dan satunya di depan Polsek Depapre.

Pada tanggal 16 Februari 2013, lima yang ditahan kemudian dipulangkan. Sementara terhadap Matan Klembiap dan Dago/Daniel Gobay, polisi melakukan penahanan selama 20 hari. Terhitung mulai tanggal 16 Februari 2013 s/d 7 Maret 2013. Keduanya dikenakan Pasal 2 ayat (1) UU Darurat RI. No. 12 Tahun 1951.

“Dari fakta darurat kekerasan di Papua, kami pastikan Negara melalui Polda Papua gagal melindungi hak hidup warga negaranya. Semua pihak yang berbudaya dan beragama wajib mengutuk keras kekerasan, penyiksaan dan pembunuhan paksa yang terus berlanjut di Tanah Papua,” kata Matius. (JO/Jayapura)

Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment