News
Loading...

PELANTIKAN PANGLIMA TINGGI TPN-PB


ORGANNISASI PAPUA MERDEKA
TENTARA PEMBEBASAN NASIONAL PAPUA BARAT
( West Papua National Liberation Army )
KOMANDO MARKAS PUSAT
TPN-OPM SECARA RESMI MENGUMUMKAN HASIL KTT DI BIAK PADA MEI 2012 DAN RAKERNAS SERTA ACARA PELANTIKAN PANGLIMA TINGGI, WAKIL PANGLIMA DAN KEPALA STAF UMUM DI TINGGINAMBUT, PAPUA BARAT
BACKGROUND LAHIRNYA KTT TPN-OPM NASIONAL PAPUA BARAT
Berdasarkan hasil ovservasi dari para analis TPN-OPM telah mengklasifika akar masalah terhambatnya perjuangan bangsa Papua Barat untuk merdeka, maka secara cermat dapat menemukan bahwa persatuan Nasional belum bagus, baik itu perjuangan Civil dan saya Militer yaitu, Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (the West Papua National Liberation Army), maka TPN-OPM telah dapat melakukan tahapan kerja dengan konsolidasi maksimal dari tahun 2008-2011

Hasilnya, TPN-OPM telah berhasil melakukan Pra KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) pada tanggal 15 Maret 2012 di Maribu, Sentani, Papua Barat. Dalam Pra KTT TPN-OPM ini melegitimasikan pembentukan Panitia KTT dan mengagendakan jadwal pelaksanaan KTT pada tanggal 1-5 Mei 2012. Bertempat di Markas Perwomi, Biak Papua.
Dengan dasar Pra KTT ini, maka KTT TPN-OPM telah berhasil dilaksanakan di Markas TPN Perwomi, Biak dari tanggal 1-5 Mei 2012. Hasilnya, telah dipilih Panglima Tinggi TPN, Wakil Panglima dan Kepala Staf Umum.
Masing-masing atas nama:
  1. Panglima Tinggi TPN-OPM Gen. Goliat Tabuni
  2.  Wakil Panglima TPN-OPM, Letjen Gabriel Melkizedek Awom
  3.  Kepala Staf Umum TPN-OPM, Mayjen Teryanus Satto
Selanjutnya, TPN-OPM telah berhasil melakukan Rapat Kerja Nasional (RAKERNS) dari tanggal 27 Agustus-1 September 2012 di Markas TPN Wanum, Jayapura, Papua. Hasilnya, mengagendakan jadwal pelantikan Panglima, Wakil Panglima dan Kepala Staf Umum TPN-OPM yang jatuh pada tanggal 30 November 2012, namun karena situasi yang tidak memungkinkan maka pelantikan di tunda.

Kemudia acara pelantikan telah berhasil dilksanakan pada tanggal 11 Desember 2012 di Markas TPN Tingginambut, Puncak Jaya, Papua.
Sebelum Pelantikan ini, TPN-OPM juga secara Nasional telah meluncurkan website TPN yaitu http://www.wpnla.net/ pada tanggal 1 Desember 2012.
Dengan demikian, maka TPN-OPM menunjukan bahwa TPN bukan Pengacau Keamanan, Pengacau Liar, atau Orang Tak Dikenal yang Indonesia stigmakan selama ini.

Namun TPN-OPM adalah Organisasi yang gigih memperjuangkan Hak Politik Bangsa Papua BaraT, berdasarkan Deklarasi PBB Universal atas Hak-Hak Asasi Manusia, yang telah di terima dan disahkan dalam Sidang Majelis Umum PBB pada tanggal 10 Desember 1948; Serta Kovenan Internasional atas Hak-Hak Civil dan Politik (the International Covenant on Civil and Political Rights) sesuai bunyi Pasal 1 ayat 1, ayat 2 dan ayat 3 tentang Hak Menentukan Nasib Sendiri (Self Determination) yang telah di terima dan disahkan pada tanggal 16 Desember 1966; Juga Resolusi PBB Nomor 1514 (XV) tentang Decolonisasi tahun 1960 dan dapat diperkuat lagi dengan Deklarasi PBB tentang Masyarakat Adat Pribumi (the UN Declaration of Indigenous Peoples), yang telah di terima dan disahkan pada tanggal 13 September 2007, dalam Article 3 dan 4 dapat dijelaskan bahwa setiap orang Pribumi atau Masyarakat Adat mempunyai Hak untuk Menentukan Nasib Sendiri (every indigenous peoples have the right to self determination).

 
Berdasarkan background di atas, maka TPN-OPM dalam KTT di Biak tanggal 1-5 Mei 2012 memutuskan tidak melakukan tindak kekerasan yang melanggar penegakan supremasi hukum dan pelaksanaan instrument prinsip hak-hak asasi manusia yang di jamin hukum HAM internasiaonal, sebagaimana dapat kami uraikan pada pengantar background di atas.

Namun TPN-OPM tetap melakukan tindakan sesuai Hukum Humaniter Internasional, berdasarkan statute Roma 1999 yang mana telah di updated dan broadcast pada website http://www.wpnla.net/asas-asas-hukum-humaniter-internasional-hukum-perang-internasional.
Oleh karena itu, TPN-OPM dengan resmi memberitahukan kepada Pemerintah Republik Indonesia atas tindakan keji aparat keamanan Indonesia, yang mana telah dan sedang melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan di Papua segera dihentikan.
 
Mengapa? Karena hal ini terbukti dari pengejaran, penggeledahan rumah, penangkapan, penyiksaan, penembakan di sertai pembunuhun diluar prosedur hukum (extra justicial killing) dan perampasan harta para aktivis pejuang kemerdekaan bangsa Papua Barat.

Sebab dengan dalih apapun Indonesia tidak bisa membatasi hak yang mendasar yaitu kemerdekaan bagi Bangsa Papua Barat (fundamental rights for west Papua peoples).
Karena TPN-OPM menghendaki penyelesaian masalah Papua harus melalui jalan yang bermartabat, berdasarkan mekanisme PBB dalam penyelesaian konflik politik di suatu wilayah yang bermasalah.

Dengan demikian maka TPN-OPM hanya memiliki seorang Panglima Tinggi yaitu Gen. Goliat Tabuni dan seorang Wakil Panglima yaitu Letjen Gabriel Melkizedek Awom serta Seorang Kepala Staf Umum yaitu Mayjen Teryanus Satto.
Pidato Panglima Tinggi setelah dilantik sebagai berikut:
Pidato Panglima Tinggi TPN-OPM
  1.  Gen. Goliat Tabuni bersama kedua Rekan yang telah dilantik siap pimpin TPN-OPM sampai Papua Merdeka;
  2.  Gen. Goliat Tabuni bersama kedua rekan yang telah dilantik siap memimpin REVOLUSI untuk memperoleh Hak Politik Menentukan Nasib Sendiri sesuai prosedur Perang Internasional, berdasarkan Hukum Humaniter Internasional;
  3. Gen. Goliat Tabuni bersama kedua Rekan yang telah dilantik siap melaksanakan RESOLUSI KTT TPN-OPM di Biak pada tanggal 1-5 Mei 2012. 
Demikian, naska atau berita acara Pelantikan Panglima Tinggi TPN-OPM dan Wakil Panglima Serta Kepala Staf Umum ini dikelurakan dari Markas Pusat berdasarkan Hukum Militer TPN-OPM, untuk diketahui oleh semua elemen masyarakat secara Internasional, Nasional dan Lokal. Atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.
Dikeluarkan di : Markas Pusat
Pada Tanggal : 21 Desember 2012
Kepala Staf Umum TPN-OPM
ttd
Mayjen. Teryanus Satto
NRP. 7312.00.00.003


http://www.wpnla.net/pelantikan-panglima-tpn-pb.html
http://www.wpnla.net/pelantikan-panglima-tpn-pb.html 

Sumber :  http://www.star-papua.com/2013/01/pelantikan-panglima-tinggi-tpn-pb.html

Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment