News
Loading...

YPK LAHIR DARI PEKERJAAN GKI DI TANAH PAPUA

Para siswa/siswi YPK di Sentani saat
mengikuti ibadah HUT YPK ke 51 tahun
 yang berlangsung di halaman Klasis GKI
Sentani Kabupaten Jayapura (Jubi/Roberth Wanggai)
Sentani, 8/3 – Ketua Sinode GKI Di Tanah Papua, Pdt. Alberth Yoku, S.Th menegaskan di usia 51 tahun Yayasan Pendidikan Kristen (YPK) di Tanah Papua, maka lembaga YPK lahir dari pekerjaan gereja, khususnya GKI Di Tanah Papua.

Hal itu dikatakan Yoku, saat menghadiri perayaan 51 tahun YPK berkarya di Tanah Papua dan peletakan batu pertama Gedung Kantor YPK Kabupaten Jayapura, Jumat, (8/3) di Sentani Kabupaten Jayapura-Papua. “Sampai hari ini lembaga pendidikan ini telah memiliki 672 sekolah, yang terdiri dari 500 sekolah dasar, 100 sekolah menengah pertama dan 69 sekolah menengah atas dan 3 sekolah kejuruan,” ujarnya.

Menurut Yoku, Sinode GKI berharap kepada seluruh jemat GKI Di Tanah Papua untuk tetap menyelenggarakan program yang disebut program penjematan sekolah YPK. “Artinya dimana ada jemat terdekat dengan sekolah YPK, segera diberi nama dengan nama jemat itu. Dan itu berarti tanggungjawab menjaga, melindungi, dan memelihara mengikuti proses belajar mengajar. Itu juga menjadi sesuatu yang diawasi oleh pendeta,” kata Yoku di Klasis GKI Sentani tempat berlangsungnya syukuran HUT YPK di Kabupaten Jayapura.

Hal lain yang dilakukan oleh GKI adalah, mengorganisir secara baik pemberian dana untuk pendidikan, dimana kita tetapkan dari 40 persen uang yang tinggal di kas jemat, dikeluarkan 4 persen kepada bendahara klasis di klasis masing-masing. “Itu diteruskan kepada penilik sekolah wilayah (PSW), di wilayah klasis atau kabupaten masing-masing,” ungkapnya sambil menegaskan YPK sebagai pioneer dari lembaga pendidikan dasar dan menengah di tanah Papua, harus mulai membenahi diri karena 51 tahun tentu sudah cukup lama.

“Karena itu yayasan ini sudah harus mengikuti bentuk perkembangan pendidikan yang terjadi di era modernisasi dunia dan oleh pemerintah kita secara kusus, mereka harus juga menggunakan kurikulum yang sudah aktual dan mengikuti sistem pendidikan nasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah, supaya jangan lembaga ini tertinggal di dalam kelasiman dan tidak ikut berpacu dalam perkembangan yang ada,” saran mantan Ketua Klasis Apawer itu.

YPK di Tanah Papua lahir tanggal 8 Maret 1962 dan memasuki usia 51 tahun tanggal 8 Maret 2013. Pada perayaan kali ini seluruh YPK di Papua merayakannya dengan tema sentral, “Yayasan Pendidikan Kristen (YPK) Siap Menciptakan Sumber Daya Manusia Papua Yang Berkualitas.” (Jubi/Roberth Wanggai)
Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment