News
Loading...

Duwitau : Kantor LEMASMOS Akan Segera Diresmikan

Sejumlah masyarakat Kabupaten Intan Jaya
dengan pakaian adat mereka (Foto: Arnold Belau/SP)
PAPUAN, Timika— Peresmian kantor baru Lembaga Musyarawah Adat Suku Moni Selatan (LEMASMOS) yang berlokasi di Komplek SP-2, Timika, Papua, rencananya akan dilangsungkan, Jumat (8/3/2013) mendatang, dan akan dihadiri oleh perwakilan pemerintah, PT Freeport Indonesia, serta masyarakat sekitar.

“Lembaga ini sudah berdiri lama, tetapi sejak ketua lembaga ini meninggal dunia di tahun 2005, lembaga ini tidak berjalan lagi, kami sepakat untuk kembali menjalankan aktivitas lembaga ini,” ujar Jery Duwitau, salah satu pengurus Lemasmos.
Dikatakan, lembaga ini didirikan oleh masyarakat Moni Selatan, dan pada umumnya hidup dan menetap di perbatasan 3 kabupaten yaitu, Paniai, Intan Jaya dan Mimika.

“Hak-hak masyarakat sering diabaikan, maka kami akan berbicara kepada perusahaan dan pemerintah untuk segera memprogramkan pembangunan daerah perbatasan agar masayarakat Moni Selatan bisa merasakan pembangunan,” tambah Duwitau.

Selain itu, lanjut Duwitau, tujuan utama dari lembaga tersebut adalah untuk melindungi, manjaga, merawat dan melestarikan konvensi wilayah adat orang Moni, baik orang Moni dari Kabupaten Paniai, Intan Jaya maupun yang berdomisili di wilayah selatan, yakni Distrik Dumadama dan sekitarnya.

“Dalam kesempatan tersebut akan ada pembahasan tentang nasib beberapa kampung di perbatasan ketiga Kabupaten tersebut,” tutup Duwitau.

ARNOLD  BELAU
Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment