News
Loading...

HAK ASASI MANUSIA PAPUA DI TANAH PAPUA

Goo Koteka

penguasa kolonial indonesia melalui aparat negara
hadir di tanah papua mereka adalah aktor utama untuk membunuh dan menidas rakyat papua di tanah papua
rakyat papua telah menjadi korban pelangaran HAM sejak 1960an hingga sampai saat ini.

berbagai aksi kebrutalan militer indonesia terus berlanjut,militer indonesia acap kali melakukan tindakan kekerasaan yang tidak manusiawi di lakukan terhadap kami rakyat west papua.

yang mana berbagai aksi pembunuhan,penyiksaan,dan penangkapan sewenang-wenang.akan tetapi,praktik imunitas masih saja berlaku sampai saat ini.

kurangnya akses yang memadai terhadap perawatan kesehatan dan pendidikan,marjinalisasi kependudukan dan ekonomi, serta diskriminasi yang mendera kehidupan rakyat papua.

HaL tersebut di perburuk dengan kehadiran penguasa melalui aparat negara dalam jumlah besar, minimnya akses yang di berikan terhadap pengawas internasional seperti jurnalis,serta tindakan korupsi,dan program transmigrasi.

Tahanan politik dan hukuman yang di berikan terhadap aktivis politik menunjukkan bentuk tekanan yang ada, yang mana hal tersebut juga melanggar hak berekspresi dan serikat.

Kekayaan alam papua yang menarik minat usaha dan (ILEGAL) unit usaha dari aparat keamanan, yang mengakibatkan eksploitasi dari tambang sampai kayu,proyek pertanian yang berbahaya, serta perusakan lingkungan.

Dinamika seperti inlah yang mengancam kebudayaan rakyat papua,dan memojokan perjuangan kami dalam hak menentukan nasib diri sendiri.

penulis Goo Koteka,Aktivis AMP

http://gookoteka.blogspot.co.id/2016/01/hak-asasi-manusia-papua-di-tanah-papua.html
Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar