News
Loading...

Ketua MSG Tur Melanesia

Perdana Menteri Kepulauan Salomon dan Ketua MSG, Manasye Sogavare - RNZ
Perdana Menteri Kepulauan Salomon dan Ketua MSG, Manasye Sogavare – RNZ

Jayapura, Jubi – Ketua Melanesian Spearhead Group (MSG) yang juga Perdana Menteri Kepulauan Solomon, Manasye Sogavare, telah memulai tur ke negara-negara anggota Melanesia.

Radio New Zealand, Kamis (18/2/2016) melaporkan bahwa Manasye Sogavare telah tiba di Vanuatu, yang menjadi negara pertamanya dalam kunjungan tour kali ini. Negara-negara lain yang masuk dalam rangkaian kunjungan dari tur ini adalah Papua Nugini, Fiji dan Kaledonia Baru.

Di ibukota Port Vila, Sogavare bertemu dengan Charlot Salwai yang baru terpilih sebagai perdana menteri Vanuatu. Ia mengatakan dirinya menyambut baik munculnya Salway dan pemerintah yang baru setelah gejolak baru-baru ini dalam perpolitikan Vanuatu.

“Ini tidak berbeda dari negara-negara Melanesia lainnya. Kami telah memiliki masalah masiang-masing dan kami memiliki keyakinan penuh dalam kepemimpinan perdana menteri yang baru ini, bahwa ia akan memberikan stabilitas yang sangat dibutuhkan di Vanuatu.

“Dan ketika kita stabil, kita dapat memajukan tujuan MSG secara bersama-sama. Vanuatu adalah mitra yang sangat penting dalam hal itu,” kata Sogavare.
Pemasangan papan nama kantor ULMWP di Wamena oleh salah satu deklarator ULMWP, Edison Waromi - Jubi/Victor Mambor
Pemasangan papan nama kantor ULMWP di Wamena oleh salah satu deklarator ULMWP, Edison Waromi – Jubi/Victor Mambor
Sogavare juga telah mendukung gerakan Gerakan United Liberation untuk Papua Barat untuk membuka kantor di seluruh kawasan di Melanesia, termasuk di Provinsi Papua, Indonesia. Gerakan Pembebasan itu, ULMWP, pada tahun lalu diberikan status pengamat di MSG pada KTT pemimpin yang diselenggarakan di Honiara dan Sogavare menjadi ketua.

Pada Senin (15/2/2016), ULMWP membuka kantornya di Kabupaten Wamena, Propinsi Papua, Indonesia, yang kemudian dibantah oleh kepala negara, Joko Widodo, melalui juru bicaranya, Johan Budi. Laporan Jubi yang meliput ekslusif pada pembukaan kantor ULMWP itu melaporkan, papan nama kantor tersebut dicabut polisi setempat setelah sehari berdiri. (Yuliana Lantipo)

http://tabloidjubi.com/2016/02/18/ketua-msg-tur-melanesia/
Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar